Pengaruh desentraslisasi fiskal, pertumbuhan ekonomi dan investasi terhadap penyerapan tenaga kerja dan tingkat kemiskinan diprovinsi kalimantan timur

Mohammad Noor Fetriaji, aji sofyan effendi

Abstract


Penelitian ini dibuat untuk mengetahui sejauh mana pengaruh Desentralisasi Fiskal, Pertumbuhan Ekonomi dan Investasi terhadap Penyerapan Tenaga Kerja dan Tingkat Kemiskinan di Provinsi Kalimantan Timur. Data yang digunakan adalah data panel 3 kota dan 7 kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur tahun 2015-2019. Metode yang digunakan yaitu teknik analisis jalur atau Path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel desentralisasi fiskal berpengaruh signifikan terhadap dua variabel penyerapan tenaga kerja dan tingkat kemiskinan. Selanjutnya, hasil penelitian pada variabel pertumbuhan ekonomi menunjukkan hasil yang berbeda dengan hipotesis yang diajukan, hal itu diakibatkan adanya ketidakmerataan pertumbuhan ekonomi pada sektor tertentu, dengan sektor yang berpengaruh pada penyerapan tenaga kerja dan tingkat kemiskinan. Hasil penelitian pada variabel Investasi menunjukkan investasi yang terjadi di Provinsi Kalimantan Timur memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap Penyerapan Tenaga Kerja, tetapi tidak terhadap tingkat kemiskinan.


Keywords


desentralisasi fiskal; pertumbuhan ekonomi; investasi; penyerapan tenaga kerja; tingkat kemiskinan

References


Syamsul, 2020. Desentralisasi Fiskal dan Tingkat Kemiskinan Di Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Volume 17 (1). Retrived from http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/AKUNTABEL/article/view/7335. Palu

Badan Pusat Statistik , 2020. Kalimantan Timur dalam Angka 2019. Samarinda: BPS Provinsi Kalimantan Timur.

--------,2019. Kalimantan Timur dalam Angka 2018. Samarinda: BPS Provinsi Kalimantan Timur.

--------, 2018. Kalimantan Timur dalam Angka 2017. Samarinda: BPS Provinsi Kalimantan Timur.

--------,2017. Kalimantan Timur dalam Angka 2016. Samarinda: BPS Provinsi Kalimantan Timur.

--------, 2016. Kalimantan Timur dalam Angka 2015. Samarinda: BPS Provinsi Kalimantan Timur.

--------, 2020. Keadaan Angkatan Kerja Provinsi Kalimantan Timur 2019. Samarinda : BPS Provinsi Kalimantan Timur

--------, 2019. Keadaan Angkatan Kerja Provinsi Kalimantan Timur 2018. Samarinda : BPS Provinsi Kalimantan Timur

--------, 2018. Keadaan Angkatan Kerja Provinsi Kalimantan Timur 2017 Samarinda : BPS Provinsi Kalimantan Timur

--------, 2017. Keadaan Angkatan Kerja Provinsi Kalimantan Timur 2016. Samarinda : BPS Provinsi Kalimantan Timur

--------, 2016. Keadaan Angkatan Kerja Provinsi Kalimantan Timur 2015. Samarinda : BPS Provinsi Kalimantan Timur

Wahyuni, S. 2008. Analisis Kemampuan Keuangan Daerah Pemerintah Kabupaten Dalam Mendukung Pelaksanaan Daerah. Skripsi. Yogyakarta

Zulyanto, A. 2010. Pengaruh Desentralisasi Fiskal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Bengkulu. Tesis. Program Study Magister Ilmu Ekonomi Dan Study Pembangunan: Semarang.

Mardiasmo, 2002. Otonomi Dan Manajemen Keuangan Daerah.Yogyakarta.

Permata, S. 2011. Analisis Dampak Desentralisasi Fiskal Dan Pengaruhnya Terhadap Produk Domestik Regional Bruto, Tenaga Kerja, Dan Kemiskinan Di Provinsi Jawa Barat. Skripsi. Bogor.

Sidik, 2002. Perimbangan Keuangan Pusat Dan Daerah Sebagai Pelaksanaan Desentralisasi Fiskal. Makalah Seminar Kebijakan Otonomi Daerah. Yogyakarta. Sukirno, S. 2004. Pengantar Ekonomi Makro Ekonomi.Yogyakarta. Raja Grafindo Persada.

Suselo, Sri Liani. 2008. Kemiskinan di Indonesia: Pengaruh Pertumbuhan dan Perubahan Struktur Ekonomi. Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan.

Waluyo, J. 2007. Dampak Desentralisasi Fiskal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Dan Ketimpangan Pendapatan Antardaerah Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan

Sultan, 2010. Pengaruh Alokasi Belanja Modal Pada APBD Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Dan Penyerapan Tenaga Kerja Serta Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten/Kota Di Provinsi Sulawesi Selatan. Disertasi. Surabaya: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga.

Republik Indonesia. Undang-Undang No. 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.

---------. Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

--------. Undang-Undang No. 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pusat dan Pemerintah Daerah.

Hendarmin. 2012. Pengaruh Belanja Modal Pemerintah Daerah dan Investasi Swasta terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Kesempatan Kerja dan Kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal EKSOS. Vol.8 No.3:144-155.

WURARAH, R. N. (2011). Pengaruh Belanja Modal terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Penyerapan Tenaga Kerja serta Kesejahteraan Masyarakat di Provinsi Papua Barat (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

KPPOD. (2004). Daya Tarik Investasi Kabupaten/Kota di Indonesia, Jakarta: KPPOD.

Purwoko, Singgih Riphat, Bambang Prihartono, 2004. Analisis strategi pemerintah daerah dalam rangka menarik investor. Kasus Kabupaten Tenggamus: Provinsi Lampung, Hasil Penelitian

Labao, Linda. 2012. Poverty and place across the United States: Do country governments matter to the distribution of economic disparities?. International Regional Science review, Vol. 35 No. 2,pp 158-187.

Silas, M. P., Wawire, P. N. H. W., & Okelo, P. A. O. (2018). EFFECTS OF FISCAL DECENTRALIZATION ON POVERTY REDUCTION IN KENYA. 6(01). Retrieved from http://ijier.net/ijier/article/view/937

Sudewi, N. N. A., & Wirathi, I. G. A. P. (2013). Pengaruh Desentralisasi Fiskal dan Pertumbuhan Ekonomi terhadap Kemiskinan Provinsi Bali. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 2(3).

Aulia, N. (2014). Hubungan Desentralisasi Fiskal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Tingkat Kemiskinan, Dan Kesenjangan Pendapatan Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012. Economics Development Analysis Journal, 3(2).

Anggriawan, S. Y., Soelistyo, A., & Susilowati, D. (2014). Pengaruh Upah Minimum Dan Distribusi Pendapatan Terhadap Jumlah Penduduk Miskin Jawa Timur. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 14(2), 218-231.

Siregar, H., & Wahyuniarti, D. (2008). Dampak pertumbuhan ekonomi terhadap penurunan jumlah penduduk miskin. Jurnal Ilmiah.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v8i4.11268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com