Analisis pergeseran struktur ekonomi dan penentuan sektor ekonomi unggulan

Achmad Naim Najib, Muhammad Awaluddin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pergeseran struktur ekonomi, sektor ekonomi unggulan dan kontribusi sektor perekonomian Kota Samarinda. Jenis penelitiannya bersifat kuantitatif yaitu mengambil data sekunder melalui Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Samarinda dan Provinsi Kalimantan Timur dengan data time-series yaitu tahun 2015-2019. Alat analisis yang digunakan adalah analisis location quontient (lq), shift sharetipology klassen, dan kontribusi. Hasil penelitian ini ditemukan sektor unggulan di Kota Samarinda yaitu, sektor pengadaan listrik dan gas; pengadaan air, pengelolaan sampah, limbah dan daur ulang; konstruksi; perdagangan besar dan eceran; reparasi mobil dan sepeda motor; transportasi dan pergudangan; penyediaan akomodasi dan makan minum; informasi dan komunikasi; jasa keuangan; real estate; jasa perusahaan; administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib; jasa pendidikan; jasa kesehatan dan kegiatan sosial; dan jasa lainnya. Seluruh sektor perekonomian Kota Samarinda pun menunjukkan peningkatan kinerja yang baik terhadap PDRB dan kontribusi PDRB paling besar berasal dari sektor konstruksi.


Keywords


Pergeseran struktur ekonomi; sektor unggulan; dan pembangunan ekonomi

References


Adisasmita Rahardjo.2005. “Dasar-dasar Ekonomi Wilayah”. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Andi Cahyono dan Wisnu Wijaya. (2014). “Identifikasi Sektor Ekonomi Unggulan dan Ketimpangan Pendapatan Antar Kabupaten di Sub DAS Bengawan Solo Hulu”. Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan, 11 (1) pp: 32-43

Aziz, Iwan Jaya. 1994. Ilmu Ekonomi Regional dan Beberapa Aplikasinya Di Indonesia, Jakarta Lembaga Penerbit FE-UI,

Baxter, R E, dan Evan Davis. 2004. “A Dictionary of Economics”. Inggris: Penguin.

Budiman, A. 2000. “Teori Pembangunan Dunia Ketiga”. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Chenery, H.B. and M. Syrquin. 1975 Pattern of Development, 1957- 1970, London, Oxford University Press

Ernita, Amar, dan Syofyan, (2013). “Analisis Pertumbuhan Ekonomi, Investasi, dan Konsumsi di Indonesia”. Jurnal Kajian Ekonomi, Vol. I, No. 02

Hajeri, Erlinda Yurisinthae, dan Eva Dolorosa.2015. “Analisis Penentuan Sektor Unggulan Perekonomian di Kabupaten Kubu Raya”. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan,: 253-269

Jhingan, M.L. 1993. “Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan”. Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Khusaini, Mohammad. 2006. Ekonomi Publik: Desentralisasi Fiskal dan Pembangunan Daerah. Malang: BPFE Universitas Brawijaya.

Mohammad setiawan. 2014. Analisis sektor ekonomi basis dalam mendorong

pertumbuhan ekonomi kota batu. Malang: jurnal ilmiah

Muta’ali, Luthfi. 2007. “Pembangunan Wilayah”. Makalah. Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada

Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 Pasal 7 tentang Pemerintah Daerah

Sabar, Wardihan. 2015 “Sektor Potensial Pengembangan Ekonomi Wilayah (Potential Sectors Of Regional Economic Development).” EcceS (Economics, Social, and Development Studies) 2.1: 48-6

Saharuddin, S. 2005. Pengaruh perkembangan Ekonomi Terhadap Penerimaan APBD Dan kesejahteraan Rakyat di Wilayah Sulawesi Selatan. Di sertai tidak di terbitkan. Makassar: Program Pasacasarjana-UNHAS.

Sambuari, Sari Sasmita, Vekie Rumate, and Hanly Siwu. 2015. ”Analisis Sektor Basis di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.” Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi.

Sjafrizal. Ekonomi Regional : Teori dan Aplikasi. Badouse Media,Padang. 2008

Tarigan, Robinson. 2005. “Ekonomi Regional: Teoro dan Aplikasi”. Medan: Bumi Aksara.

Todaro, M P, dan S C Smith. 2003. “Pembangunan Ekonomi di Dunia Ke-3”. Jakarta: Erlangga.

Todaro, Michael P. 2004. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga, Terjemahan Haris Munandar.Edisi Kedelapan. Jakarta. Erlangga.

Yurisinthae, Erlinda, and Eva Dolorosa. 2015 “Analisis Penentuan Sektor Unggulan Perekonomian di Kabupaten Kubu Raya.” Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan 4.2: 253-269.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v8i2.11212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com