Pengaruh pembiayaan modal kerja syariah dan lama usaha terhadap pendapatan anggota bmt

Ghina Mardhiyah, Rabiatul Adawiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembiayaan Modal Kerja Syariah dan lama usaha terhadap pendapatan Anggota BMT UGT Sidogiri Samarinda. Dengan 2 hipotesis yaitu apakah Pembiayaan Modal Kerja Syariah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan Anggota BMT UGT Sidogiri Samarinda dan apakah lama usaha memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan Anggota BMT UGT Sidogiri Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan teknik pengumpulan data berupa kuisioner. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji parsial (uji-t) yang menunjukkan bahwa secara parsial variabel pembiayaan dan lama usaha memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pendapatan anggota BMT UGT Sidogiri Samarinda yang menerima Pembiayaan MUB.


Keywords


Pembiayaan modal kerja; lama usaha; pendapatan

References


Anggraini, Dewi, and Syahrir H. Nasution. (2013). Peranan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bagi Pengembangan UMKM di Kota Medan (Studi Kasus Bank Bri). Jurnal Ekonomi dan Keuangan, vol. 1, no. 3

Artini, Ni Rai. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan UMKM Di Kabupaten Tabanan. Bali: Universitas Tabanan.

Fatimah, Rizqi Eni. (2017). Pengaruh Pembiayaan Modal Kerja, Profesionalisme, Sumber Daya Manusia Dan Lama Usaha Terhadap Tingkat Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Surakarta. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Kafry, Wais. (2018). Pengaruh Pembiayaan Mudharabah Terhadap Pendapatan Nasabah PT. BPRS Al-Washliyah Kantor Pusat Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Rita, Maria Rio dan Forlin Natalia Patty. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima (Studi Empiris PKL di Sepanjang Jln. Jenderal Sudirman Salatiga). Jurnal Ekonomi Kuantitatif Tahun 2015.

Sepasthika, Labda. (2014). Analisis Pengaruh Pembiayaan, Modal Awal dan Lama UsahaTerhadap Pendapatan UMKM (Studi Pada Nasabah Pembiayaan BPRS Jabal Nur Cabang Kabupaten Sidoarjo). Malang: Universitas Brawijaya.

Wulansari, Ayuningtias. (2012). Analisis Tingkat Kesadaran Pajak Pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Jakarta: Universitas Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v7i1.11103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com