Pengaruh investasi dan pengeluaran pemerintah serta tingkat pendidikan terhadap produk domestik regional bruto dan penyerapan tenaga kerja

Latri Jayanti, Fitriadi Fitriadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh investasi dan pengeluaran pemerintah serta tingkat pendidikan terhadap Produk Domestik Regional Bruto dan penyerapan tenaga kerja di kota samarinda. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dalam kurun waktu 10 tahun. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan menggunakan model analisis jalur (path analysis) yaitu alat analisis yang digunakan untuk mencari pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen.Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa Investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Produk Domestik Regional Bruto di Kota Samarinda, Pengeluaran Pemerintah berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Produk Domestik Regional Bruto di Kota Samarinda, dan tingkat pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Produk Domestik Regional Bruto di Kota Samarinda. Investasi, Pengeluaran Pemerintah, Tingkat Pendidikan, berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Penyerapan Tenaga Kerja dan Produk Domestik Regional Bruto berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di Kota Samarinda.


Keywords


Investasi; pengeluaran pemerintah; tingkat Pendidikan; produk domestik regional bruto; penyerapan tenaga kerja

References


Afrizal, Fitrah. 2013. Analisis Pengaruh Tingkat Investasi, Belanja Pemerintah dan Tenaga Kerja Terhadap PDRB di Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 20012011. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanudin Makasar

Ahman, Eeng & Epi Indriani. 2007. Ekonomi dan Akuntansi, PT Grafindo Media Pratama, Bandung.

Algifari. 2000. Analisis Regresi, Teori, Kasus dan Solusi. BPFE UGM, Yogyakarta.

Arshanti, Kadek Novita & Wirathi, I. G. A. P. 2015. Pengaruh Investasi terhadap Pengentasan Kemiskinan Melalui Mediasi Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Bali. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana Vol.4, No.5.

Arfida. 2003. Ekonomi Sumber Daya Manusia. Ghalia Indonesia. JakartaArsyad, Lincoln. 1999. Ekonomi Pembangunan. Edisi Keempat. STIE YKPN. Yogyakarta

Bellante, Don & Mark Jonson.2006. Ekonomi Ketenagakerjaan. LFE-UI. Jakarta

Boediono. 1985. Teori Pertumbuh an Ekonomi. BPFE Yogyakarta. Yogyakarta

Chandra, Franci. 2010. Pengaruh Tingkat Pendidikan terhadap Karyawan Kantor Pusat Perusahaan Daerah Aneka Usaha Nganjuk,

Dewi, Ni Made Sintya dan I Ketut Sutrisna. 2015. Pengaruh Investasi dan Ekspor terhadap Penyerapan Tenaga Kerja melalui Pertumbuhan Ekonomi. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana. Vol 4 No 6.

Dimas dan Nenik, W. 2009. “Penyerapan Tenaga Kerja di DKI Jakarta”. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE). Vol 16. No 1. h: 32–41.

Dumairy. (1996). Perekonomian Indonesia.Erlangga. Jakarta

Green, Francis, Steven McIntosh and Anna Vignoles. 1999. Overeducation’ and Skills Clarifying Concepts, Center for Economic Performance.

Hafni, Roswita. 2008. Analisis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia.

Handayani, Fitri. 2011. Peran Investasi Industri Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Industri di Indonesia.

Hidayat, Paidi dan Sirojuzilan. 2006. Kajian Tentang Keuangan Daerah Kota Medan Era Otonomi Daerah Periode 2001-2005. Jurnal Perencanaan dan Pengembangan Wilayah, Vol 2, No.1 Agustus 2006

Hariandja, Marihot T.E.2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Grasindo. Jakarta

Ihsan, Fuad. 2003. Dasar-dasar Kependidikan, Rineka Cipta, Jakarta.

Kadafi, Muhammad Fuad. 2013. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Konveksi Kota Malang.

Kuncoro, Haryo. 2002. Upah Sistem Bagi Hasil dan Penyerapantenaga Kerja,Jurnal Ekonomi Pembangunan,Vol 7 Nomor 1 : 45-54

Kuncoro, M. (2006). Ekonomika pembangunan. Teori, masalah, dan kebijakan. Yogyakarta : UPP STIM YKPN

Laksmi, Dewi Sakita dan Ida Bagus Putu Purbadharmaja. 2013. Pengaruh PAD. PMA, dan

Lin, Steven AY. 1994. Government Spending and Economic Growth, IDEAS.

Manejang, Heidy. 2010. Pengaruh Investasi dan Tenaga Kerja terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Jurnal Ekonomi Pembangunan, Vol 5 Nomor 2

Mangkoesoebroto, Guritno. (2001). Ekonomi Publik. Yogyakarta: BPFE.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2003. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Rafika aditama, Bandung.

Manuaba, I B Km. Adi Sutrisna, dan I Nengah Kartika. 2016. “Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Dan Investasi Terhadap Kesempatan Kerja Melalui Pendidikan”. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol 5. No 9. h: 960-992.

Mentari, Ni Wayan dan I Nyoman Mahaendra Yasa. 2016. Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Tingkat Upah Terhadap Tingkat Pengangguran Melalui Jumlah Investasi di Provinsi Bali. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana. Vol 5 No 6.

Manejang, Heidy. 2010. Pengaruh Investasi dan Tenaga Kerja terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Jurnal Ekonomi Pembangunan, Vol 5 Nomor 2

Merizal, Yos. 2008. Jurnal Pengaruh Pendidikan, UMK dan Kesempatan Kerja terhadap Pengangguran Terdidik di Kabupaten Semarang.

Nurfaidah.A.2019. Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Dan Investasi Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Melalui Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Sulawesi Selatan. Tesis. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Pananrangi, Idham. 2012. Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Tingkat Kemiskinan. Jurnal Plano Madani Vol. I Nomor 1.

Rahmawati, Ikka Dewi. 2012. Pengaruh Investasi dan Tingkat Upah Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Jawa Timur. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Resianna, Barimbing Yesika dan Ni Luh Karmini. 2015. Pengaruh PAD, Tenaga Kerja, dan Investasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Bali. EJunal Ekonomi Pembangun Universitas Udayana. Vol 4 No 5.

Rustiono, D. 2008. Analis Pengaruh Investasi, Tenaga Kerja, dan Pengeluara Pemerintah terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Jawa Tengah.Tesis.

Safuan, Sugiharso & Nazara, Suahasil. 2004. Fenomena Pekerja Overeducation di Pasar Kerja di Indonesia, ISAI, Jakarta.

Sandika, RS, Maulida, Y, dan Setiawan, D. 2014. Pengaruh Investasi Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Kabupaten Pelalawan. Jom Fekon 1. No. 2

Sanusi, Dewi Kurniawati, Kumenaung, Anderson & Rotinsulu, Debby. 2014. Analisis Pengaruh Jumlah Angkatan Kerja, Tingkat Pendidikan, Pengeluaran Pemerintah pada Pertumbuhan Ekonomi dan Dampaknya terhadap Kemiskinan di Sulawesi Utara Tahun 2001-2010. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Vol.14, No.2.

Sholeh, Maimun. 2007. Permintaan dan Penawaran Tenaga Kerja Serta Upah: Teori Serta Beberapa Potretnya di Indonesia. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 4 Nomor 1. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Simanjuntak, Payaman J. 2001. Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia, LPFE UI, Jakarta

Sodik, J. 2007. Pengeluaran Pemerintah dan Pertumbuhan Ekonomi Regional :

Studi Kasus Data Panel Di Indonesia. Vol 12 Nomor 1. Economic Journal Of Emerging Markets.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suhardjo, D. 2007. Arti Penting Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Mengurangi Resiko Bencana. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Press. Yogyakarta.

Sukirno, Sadono. 1994. Pengantar Teori Makro Ekonomi.Raja Grafindo Persada. Jakarta

Sukmayani, Ratna, Thomas K Umang, Sedono, Seno Kristianto, Y Djoko Raharjo. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 3, PT Gramedia, Jakarta.

Sulaiman, Wahid.2004. Analisis Regresi Menggunakan SPSS, Contoh Kasus dan Pemecahannya. Andi.Yogyakarta

Sunyoto, Danang. 2010. Uji KHI Kuadrat dalam Regresi Untuk Penelitian.Graha Ilmu.Yogyakarta

Todaro, Michael P. 2000. Pembangunan Ekonomi. Bumi Aksara.Jakarta

Todaro, P. M., & Stephen. C. S. (2006). Pembangunan ekonomi. Jakarta: Penerbit Erlangga

Tarigan. 2007. Ekonomi Regional Teori dan Aplikasi. PT Bumi Aksara. Jakarta

Priyatno, Dwi.2008. Mandiri Belajar SPSS Untuk Analisis data dan Uji Statistik. Cetakan Pertama. Mediakom.Yogyakarta

Purnami, Izatun. 2015. Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Provinsi Jawa Barat Tahun 2010-2013.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v7i3.10799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com