Pengaruh investasi swasta dan pengeluaran pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja

Rahmayanti Iskandar Landonga, Zamruddin Hasid, Sjamsu Djohan

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk munguji kembali dan menganalisis pengaruh investasi swasta dan pengeluaran pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja di Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian dilakukan menggunakan analisis jalur terhadap data Provinsi Kalimantan Timur selama periode 2007-2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan investasi swasta tidak secara signifikan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan angka penyerapan tenaga kerja di Provinsi Kalimantan Timur. Selain itu, peningkatan investasi swasta melalui peningkatan pertumbuhan ekonomi juga tidak secara signifkan mampu meningkatkan angka penyerapan tenaga kerja di Provinsi Kalimantan Timur. Peningkatan pengeluaran pemerintah secara signifikan justru menurunkan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kalimantan Timur. Namun, peningkatan pengeluaran pemerintah secara signifikan mampu meningkatkan angka penyerapan tenaga kerja di Provinsi Kalimantan Timur. Sedangkan peningkatan pengeluaran pemerintah melalui peningkatan pertumbuhan ekonomi tidak secara signifkan mampu meningkatkan angka penyerapan tenaga kerja di Provinsi Kalimantan Timur. Pada pengujian hipotesis lain, peningkatan pertumbuhan ekonomi secara signifikan mampu meningkatkan angka penyerapan tenaga kerja di Provinsi Kalimantan Timur.


Keywords


Penyerapan tenaga kerja; pertumbuhan ekonomi; investasi swasta; pengeluaran pemerintah

References


Arsyad, Lincolin. 2010. Ekonomi Pembangunan (Edisi Kelima). Yogyakarta: STIM YKPM.

Chen, Yunxian dan Jianwei Qiu. 2016. Government Foresighted Leading: Theory and Practice of the World's Regional Economic Development. United Kingdom: Taylor & Francis.

Dudzevičiūtė, Gitana, Agnė Šimelytė dan Aušra Liučvaitienė. 2017. Government Expenditure and Economic Growth in the European Union countries. International Journal of Social Economics, https://doi.org/10.1108/IJSE-12-2016-0365.

Giovanni, Jonathan dan Mochammad Faisal Fadli. 2020. Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Kesempatan Kerja di Kota Pontianak. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Volume 8 (1), hlm 10-17.

Haryono, Siswoyo. 2016. Metode SEM Untuk Penelitian Manajemen dengan AMOS 22.00, LISREL 8.80 dan Smart PLS 3.0. Bekasi: Intermedia Personalia Utama.

Samuelson, Paul A dan William D. Nordhaus. 2010. Economics. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Sari, Mutia, Mohd. Nur Syechalad dan Sabri Abd. Majid. 2016. Pengaruh Investasi, Tenaga Kerja dan Pengeluaran Pemerintah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik Volume 3 (2), hlm 109-115.

Sukirno, Sadono. 2011. Makroekonomi: Pengantar Teori (Edisi Ketiga). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tobigo, Haeruddin. 2019. Analisis Hubungan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Investasi dan Penyerapan Tenaga Kerja di Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Tengah. Katalogis Volume 7 (1), hlm 42-49.

Badan Pusat Statistik . 2011. Statistik Indonesia 2011.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v7i4.10769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com