Pengaruh umur tingkat pendidikan serta jam kerja terhadap pendapatan pedagang wanita

Yosia Desta Palimbunga, Eny Rochaida, Erwin Kurniawan

Abstract


Tujuan dasar penelitian untuk mengetahui menganalisis hubungan antara umur, tingkat pendidikan, dan kerja terhadap pendapatan wanita. Adapun objektivitas penelitian ini adalah di Pasar Kecamatan Palaran. Jenis data berbasis primer dan time-series dari pendapatan informan per hari. Selain itu, variabel penentunya adalah umur, tingkat pendidikan yang telah diselesaikan, dan jam kerja. Metode regresi linier bergenda diterapkan untuk mengolah dan memvalidasi data. Hasilnya, diperoleh bahwa umur dan tingkat pendidikan berdampak negatif-signifikan terhadap pendapatan pedagang. Menariknya, jam kerja justru berpengaruh positif-signifikan bagi pendapatan pedagang. Dibutuhkan perluasan variabel maupun motode yang lebih komprehensif dalam rangka mengoptimalkan penemuan yang lebih relevan dengan kondisi dimasa depan.


Keywords


Umur; tingkat Pendidikan; jam kerja; pendapatan; pedagang

References


Ballante Don. Jackson M. (1990) Ekonomi Ketenagakejaan. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Boediono. (2013). Pengantar Ilmu Ekonomi Edisi Ke Empat. BPFE. Yogyakarta. Badan Pusat Statistik 2017. Statistik Daerah KotaSamarinda.

BR,Arfida. (2003).EkonomiSumber Daya Manusia.GhaliaIndonesia.Jakarta. Cahyono S. Andy. (1998). Karakteristik Sosial Ekonomi yang Mempengaruhi

Pendapatan Rumah Tangga Penyadap Getah Pinus di Desa Somagede,

Kebumen. Jurnal UGM. Jawa Tengah.

Dance, Amnesti. (2010). Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Pendapatan Perempuan Pada Keluarga Miskin di Kelurahan Kapal Kecamatan Mengwi Kabupaten Bandung. Jurnal. Universitas Udayana. Bali.

Danim, Sudarwan. (2004). Ekonomi Sumber Daya Manusia. CV. Pustaka Setia.

Bandung.

Dwi, Angga Nur Ilmi. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Wanita Pekerja Pada Rumah Tangga Miskindi Kota Makassar. Skripsi. Universitas Alauddin. Makassar.

Kadariyah. (1981). Analisa Pendapatan Nasional. Bima Aksara. Jakarta. Kuncoro, Mudrajad. (2010). Dasar-Dasar Ekonomika Pembangunan Edisi

Kelima. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Lubis, Rahmat. (2014). Aanalisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Pekerja Wanita Sektor Informal di Kota Binjai. Jurnal. Universitas AtmaJaya. Yogyakarta.

Mantra, Ida Bagus. (2000). Demografi Umum Edisi kedua. Pustaka Pelajar.

Yogyakarta

Millerdan Mainers. (2000). Teori Ekonomi Mikro Intermediate. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Nurul, Anis. (2010). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Pekerja Wanita Pada Perusahaan Garmen. Jurnal. Universitas Udaya. Bali.

Parray Owais. (2017). Laporan Ketenagakerjaan Indonesia 2017. Organisasi Perburuhan Internasional. Jakarta.

Rantau, K. (2018). Pengaruh Umur, Jam Kerja dan Jumlah Tanggungan terhadap Pendapatan Ekonomi Produktif Kepala Rumah Tangga Miskin di Desa Subamia Kecamatan Tabanan. Universitas Udayana. Tabanan.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v8i4.10546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com