Peranan penjual ikan sekitar pelelangan Selili di Samarinda terhadap tingkat kesejahteraan

Nur Wafiqah, Eny Rochaida, Rahmad Budi Suharto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesejahteraan keluarga pedagang ikan di sekitar pelelangan selili Samarinda. Jenis penelitian dalam skirpsi ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan pengambilan sumber data primer dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa tingkat kesejahteraan keluarga pedagang ikan di sekitar pelelangan selili Samarinda sudah dapat dikatakan sejahtera karena telah mampu memenuhi kebutuhan dasar keluarganya yaitu kebutuhan pangan, sandang, perumahan, pendidikan dan kesehatan. Berdasarkan indikator dari BKKBN diketahui 3 orang informan sudah termasuk dalam kategori sejahtera I dan 2 orang informan termasuk dalam keluarga sejahtera II terlihat dari pemenuhan pangan, sandang, perumahan, pendidikan, kesehatan, rekreasi, transportasi, dan tabungan. Pendapatan pedagang ikan cukup terbilang baik karena dilihat dari kemampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar keluarga serta dari segi semangat kerja pedagang ikan yang mempunyai keinginan untuk menyekolahkan anak-anaknya bahkan membantu meningkatkan pendapatan ekonomi keluarganya.


Keywords


Kesejahteraan; pedagang; pendapatan; pelelangan ikan

References


Lispey, Richard G, dkk. 1992. Pengantar Makro Ekonomi. Edisi Kesembilan.

Jakarta:EGC,Hal 74.

Herdiansyah, Haris. 2013. Wawancara, Observasi, Dan Focus Groups Sebagai instrument penggalian data kualitatif, Rajawali Pers. Jakarta.

Mongoid. 1996. Gerakan Pembangunan Keluarga Sejahtera, Jakarta: BKKBN, Hal 10.

Moleong, Lexi J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Diterjemahkan Oleh: Drs. Akhmad H.P, PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Nasution S, dkk. 1994. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung:Tarsito. Partadireja, Ace. 1985. Pengantar Ekonomi BPFE-UGM, Yogyakarta, Hal 21.

Purnomo Sigit. 1983. Ekonomi II, Jakarta: Depdikbud.

Satori, Djam’an dan Komariah, Aan. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif,

Alfabeta, Bandung.

Sulistyo - Basuki. 2006. Metode Penelitian, Jakarta: Wedatama Widya Sastra Dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya.

Sugiono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif, Alfabeta. Bandung.

Dra. Siti Nur Fatoni, M.Ag. 2014. Pegantar Ilmu Ekonomi dan Ekonomi Islam, Jakarta:Pustaka Setia.

Dyckman, T.R, Davis, C.J.& Dukes R.E. 2001. Akutansi Intermediate jilid 2 (edisi 3). (Alih bahasa Wibowo, H.). Jakarta: penerbit Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v8i3.10545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com