Analisis faktor pendorong dan faktor penarik yang mempengaruhi keputusan migrasi

Ainun Fadhillah, Agus Junaidi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendorong migrasi dan faktor penarik migrasi dalam mengambil keputusan bermigrasi di Kelurahan Lempake Kota Samarinda. Objek penelitian ini adalah para migran yang berasal dari luar kota Samarinda pada tahun 2019. Data yang digunakan berdasarkan catatan dari kelurahan dan data yang dipublikasikan di website Badan Pusat Statistik. Metode penentuan sampel menggunakan pendekatan probability sampling dan menggunakan rumus Slovin, dari 404 migran ditemukan sebanyak 80 migran yang memenuhi kriteria sebagai sampel. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan menggunakan skala likert. Dalam mengetahui faktor pendorong dan faktor penarik keputusan migrasi, penelitian ini menggunakan Analisis regresi linear berganda, hasilnya menunjukkan bahwa Faktor Pendorong berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan migrasi. Sedangkan Faktor Penarik berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan migrasi.


Keywords


Keputusan migrasi; faktor pendorong; faktor penarik

References


Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan. Andi Offset. Yogyakarta.

Lee, Everett. S. 1976. Teori Migrasi. Pusat Penelitian Kependudukan UGM.

Yogyakarta.

Ravenstein, 1985. Teori Migrasi. Pusat Penelitian Kependudukan UGM.

Yogyakarta.

Munir, Rozy. 1981. Penduduk Dan Pembangunan Ekonomi. Jakarta: Bina Aksara

Todaro, Michel P. 1992. Pengembangan Ekonomi di Dunia 3. Kajian migrasi

internal di negara sedang berkembang. Pusat penelitian kependudukan,

UGM, Yogyakarta.

Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung.

Mantra, Ida Bagoes. 2000. Demografi Umum. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Munir, Rozy. 2010. Dasar-Dasar Demografi, Edisi 2. Salemba Empat. Jakarta

Rahdanni, M. 2012. Faktor Sosial Ekonomi yang Mempengaruhi Mobilitas Migran di Kota Samarinda, Skripsi S1. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Suharto, Rachmad Budi. 2011. Analisis Demografi. Center for Society Studies. Jember.

Badan Pusat Statistik. 2017. Kecamatan Samarinda Utara Dalam Angka. Samarinda

Ferawati. 2015. Analisis Variabel Sosial Ekonomi yang Mempengaruhi Keputusan Bermigrasi di Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Martini, Ni Putu Rahayu dan Sudibia, I Ketut. (2013). Keputusan Melakukan Mobilitas Penduduk dan Dampaknya Terhadap Pendapatan Migran di Kota Denpasar. E-jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, Vol. 2 No. 2, Halaman 76-86.

Umami, Eliza. 2010. Dampak Migrasi Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat di Desa Bragung Kecamatan Guluk-Guluk Kabupaten Sumenep. Universitas Negeri Malang. Malang.

Pangaribuan, Kaisar Hasudungan dan Handayani, Herniwati Retno. (2013). Analisis Pengaruh Pendapatan, Pendidikan, Pekerjaan Daerah Asal, Jumlah Tanggungan dan Status Perkawinan Terhadap Keputusan Migrasi Sirkuler ke Kota Semarang (Studi Kasus : Kecamatan Tembalang dan Pedurungan). Diponegoro Journal of Economics, Vol. 2 No. 3 Halaman 2.

Maulida, Yusni. (2013). Pengaruh Tingkat Upah Terhadap Migrasi Masuk di Kota Pekanbaru. Jurnal Ekonomi, vol. 2 No.3.

Alamin, Rabul., Adyatma, Sidharta., & Arisanty, Deasy. (2015). Faktor yang Mempengaruhi Mobilitas Ulang Alik Penduduk Kecamatan Tamban Menuju Kota Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Geografi, vol. 2 No.1, 1-12.

Abidin, Zainal. 2013. Analisis Keputusan Tenaga Kerja Melakukan Migrasi Komutasi di Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Universitas Jember. Jember

Listyarini, Nikmah. 2011. Faktor-Faktor Individual yang Mempengaruhi Minat Migrasi Tenaga Kerja Wanita Kabupaten Pati Jawa Tengah ke Malaysia (Studi Kasus : Kecamatan Sukolilo Kecamatan Gabus dan Kecamatan Tayu). Universitas Deponegoro. Semarang.

Puspitasari, Ayu Wulan. 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Migrasi Sirkuler ke Kabupaten Semarang. Universiatas Diponegoro. Semarang.

Indriani, Puri. 2010. Analisis Keputusan Tenaga Kerja Manjadi Commuter ( Kasus Desa Mranggen, Kecamatan Meranggen, Kabupaten Demak). Universitas Diponegoro. Semarang.

Khotijah, Siti. 2008. Analisis Faktor Pendorong Migrasi Warga Klaten ke Jakarta. Universitas Diponegoro. Semarang.

Nurjaman, Jajang. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Migran Bermigrasi ke Kecamatan Bantargebang Kota Bekasi. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Ghozali, Imam. 2009. Ekonometrika. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Santoso, Iman. 2014. Perspektif Imigrasi Dalam Migrasi Manusia. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Suigiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v7i4.10543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com