Faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah kelahiran

Khairullah Khairullah, Jiuhardi Jiuhardi, Juliansyah Roy

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendapatan, pendidikan dan usia perkawinan pertama terhadap Jumlah Kelahiran di Desa Jelatang Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan Kalimantan Selatan. Jenis penelitian kuantitatif, metode pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner, jumlah sampel penelitian sebanyak 65 orang terdiri dari sepasang suami isteri. Alat analisis yang digunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji simultan (uji F) pendapatan, pendidikan dan usia perkawinan pertama terhadap Jumlah Kelahiran di Desa Jelatang Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan Kalimantan Selatan. Berdasarkan uji pasrial (uji t) variable pendapatan berpengaruh signifikan, variable pendidikan berpengaruh signifikan, dan variable usia kawin pertama juga berpengaruh signifikan terhadap Jumlah Kelahiran di Desa Jelatang Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan Kalimantan Selatan.


Keywords


Pendapatan; pendidikan; usia kawin pertama; jumlah kelahiran

References


Algifari, 2015. Analisis Regresi Untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta. BPFE

Ananta, A. 2011. Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta: Lembaga Penerbit FE UI

Boediono. 2010. Pengantar Ekonomi. Jakarta: Erlangga

BPS Kabupaten Hulu Sungai Selatan, 2021

Danil, Wahyu. 2011. Pengaruh Pendapatan Terhadap Tingkat Konsumsi pada Pegawai Negeri Sipil di Kantor Bupati Kabupaten Bireuen. Journal Ekonomika Universitas Almuslim Bireuen Aceh, Vol. IV No. 7: 9.

Hanum, Nurlaila. 2018. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Usia Perkawinan Pertama dan Kematian Bayi terhadap Fertilitas di Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, Vol 9, No 2 Juli 2018.

Hardiwinoto. 2011. Panduan Gerontologi, Jakarta: Gramedia Pustaka

Hatmadji, Sri Harjati. 2013. Dasar-Dasar Demografi. Jakarta. LPFE-UI

Ilfa. 2010. Definisi Umur, Available from: www.bidanilfa.co.id.2010/definisiumur.

Irham, Muhammad, et.all. 2013. Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

lski,2013 Panduan Pelayanan Kontrasepsi. Bandung. Rineka

Jhingan, M.L. 2014. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan. Ed. 1 Cet. 8. Jakarta. BPS

Kotmanda, Yulia Desmi. 2010. Analisis Faktor Sosial Ekonomi Terhadap Jumlah Anak Lahir Hidup Di Sumatera Barat. Jurnal Ekonomi.

Lestari, dkk. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Fertilitas pada Wanita Pekerja di Kota Makasar (Rumah Tangga Miskin). E-Jurnal UNHAS

Linawati. 2014. Hubungan Faktor Demografi dan Pengetahuan Keuangan Dengan Perilaku Keuangan Karyawan di Surabaya. Jurnal Finesta. Vol. 2(2).

Mantra, I.B., 2012. Demografi Umum. Edisi Kedua. Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Moses, Melmambessy. 2012. Analisis Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Kerja terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Papua. Media Riset Bisnis & Manajemen 12.1 (2012): 18-36

Nuswantari. 2013. Kamus Saku Kedokteran. Jakarta. EGC.

Nursandy, Michell Rinda. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pengusaha Tape di Desa Sumber Tengah Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso, skripsi tidak diterbitkan.

Oktavia, W.Y., Putro, T.S. dan Sati, L. 2014. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Struktur Umur dan Kematian bayi terhadap Fertilitas di Kota Pekanbaru. Jurnal Fekon. Vol. 1, No, 2, Hal. 1-15.

Utomo, Satrio Putro. 2020. Pemetaan Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pendapatan Dan Usia Kawin Terhadap Jumlah Anak Lahir Hidup Di Kelurahan Kotalama, Kecamatan Kedung Kandang. Jurnal Ikesma. Volume 16 Nomor 2 September 2020

Poerwadarminta. 2012. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka

Priyatno, Duwi. 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data Dengan SPSS 20. Ed. 1. Yogyakarta. Gava Media

Purnama, Rosy Pradipta Angga. 2014. Analisis Pengaruh Modal, Tenaga Kerja, Lama Usaha, dan Teknologi Proses Produksi terhadap Produksi Kerajinan Kendang Jimbe di Kota Blitar. Malang: Universitas Brawijaya,jurnal ilmiah

Raharja Pratama, Mandala Manurung. 2010. Teori Ekonomi Mikro. Jakarta: Lembaga Penerbit Universitas Indonesia

Rahman, Abdul dan Syakur, Ririn Mardhani.2018. Menelusur Determinan Tingkat Fertilitas. Jurnal Ecces. Vol. 5. No. 2. (57-77)




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v7i4.10523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com