Pengaruh pertumbuhan ekonomi, upah minimum dan kriminalitas terhadap indeks pembangunan manusia

Haryanti Haryanti, Priyagus Priyagus, Andriawan Kustiawan

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah mengetahui pengaruh pertumbuhan ekonomi, upahminimum dan kriminalitas terhadap indeks pembangunan manusia di Kota Samarinda. Jenis dari penelitian adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Library Research melalui laporan BPS Kota Samarinda. Data yang digunakan adalah tahun 2009 s.d 2019. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda, Uji T, Uji R2 dan Uji F. Hasil penelitian bahwa secara parsial Pertumbuhan Ekonomi (PDRB) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kota Samarinda dan secara parsial UMK dan Kriminalitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kota Samarinda. Secara simultan Pertumbuhan Ekonomi, Upah Minimum Kota dan Kriminalitas berpengaruh terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kota Samarinda.


Keywords


Pertumbuhan ekonomi; upah minimum; kriminalitas; indeks pembangunan manusia

References


Apriana, Dina dan Suryanto, Rudy. 2010. Analisis Hubungan Antara Belanja Modal, Pendapatan Asli Daerah, Kemandirian Daerah dan Pertumbuhan Ekonomi Daerah. Jurnal Akuntansi dan Investasi. Vol. XI, NO. 1. p: 64-74.

Audey, Ryan Pratama dan dan Ariusni. 2019. Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Tingkat Kriminalitas di Indonesia. Universitas Negeri Padang. Jurnal Kajian Ekonomi dan Pembangunan, Volume 1, Nomor 2, Mei 2019, p: 653-666.

Badan Pusat Statistik. 2019. Indeks Pembangunan Manusia 2019. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Beik, I. S., dan Arsyianti, L. D. 2016. Ekonomi Pembangunan Syariah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

BPS Kota Samarinda. 2020. Samarinda Dalam Angka Tahun 2019. Samarinda: Badan Pusat Statistik.

Dewi, Novita. 2017. Pengaruh Kemiskinan Dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Provinsi Riau. Universitas Riau. JOM, Vol. 4 No. 1. Februari 2017. p: 870.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap, Sofyan, 2006. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Edisi Pertama, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Herman. 2019. Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kota Pekanbaru. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau (STIER).

Isnawati, Noor. 2018. Pengaruh Upah Minimum Regional, Tingkat Pengangguran Dan Produk Domestik Regional Bruto Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Provinsi Jawa Tengah Tahun 2011- 2015 Dari Perspektif Ekonomi Syariah.

Kartono, Kartini. 2015. Pathologi Sosial 1. Jakarta: Rajawali.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v8i2.10517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com