Peran pekerja wanita kepala rumah tangga dalam melaksanakan fungsi ekonomi keluarga

Raudatun Nisa, Eny Rochaida, Irwan Gani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik sosial ekonomi informan penelitian, mengetahui latar belakang ekonomi keluarga informan dan mengetahui faktor pendorong informan untuk bekerja. Informan dalam penelitian ini adalah wanita kepala rumah tangga yang bekerja sebagai guru honorer dan pekerja swasta. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan data primer dan sekunder dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi dengan cara pendekatan naratif. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu pekerja wanita kepala rumah tangga yang bekerja sebagai guru honorer dan pekerja swasta, yaitu berdasarkan umur 38 tahun sampai dengan 39 tahun, berdasarkan berdasarkan tingkat pendidikan yaitu tingkat SLTP keatas, berdasarkan jumah anggota keluarga yaitu mulai dari 1 orang, berdasarkan lama menjadi kepala rumah tangga yaitu 8 tahun keatas, berdasarkan lama bekerja diatas 8 jam per hari dan berdasarkan pendapatan yaitu mulai dari Rp. 2.000.000 per bulan serta pengeluaran yang dikeluarkan per bulan berjumlah lebih dari Rp. 1.500.000. Terlihat bahwa semakin besar tingkat pendidikan maka semakin besar peluang untuk bisa meningakatkan perekonomian.


Keywords


Peran; wanita kepala rumah tangga; ekonomi keluarga

References


Arfida. 2003. Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta. Ghalia Indonesia. Creswell. John W. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, kuantitatif, Dan

Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewi, Putu Martini. 2012. Partisipasi Tenaga Kerja Perempuan dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga.Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Dumairy, 1998. Perekonomian Indonesia. Cetakan Ketiga. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Friedman, 1998. Keperawatan Keluarga. Jakarta : EGC.

Kuncoro, Mudrajat. Ekonomi Pembangunan, Edisi 4 . Yogyakarta: UPP STIM YKPN. 2006

Mulyadi, S. Ekonomi Sumber Daya Manusia dalam Perspektif Pembangunan ( Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.2003 ).

Resmi Setia. 2005. Gali Tutup Lubang Itu Biasa: Strategi Buruh Menanggulangi Persoalan dari Waktu ke Waktu. Bandung: Yayasan Akatiga.

Sagir, Suharsono. 1995. SumberDayaManusia, KesempatanKerja, Dan Pembangunan Indonesia.LPFE-UI. Jakarta.

Salaa, Jeiske. 2015. Peran Ganda Ibu Rumah Tangga Dalam Melaksanakan Ekonomi Keluarga Di Desa Tarohan Kecamatan Beo Kabupaten Kepulauan Talaud.

Saputri, Erma Yuliani. 2016. Peran Wanita Sebagai Kepala Keluarga Dalam Melaksanakan Fungsi Keluarga Di Kelurahan Sungai Merdeka Kecamata Samboja. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Samarinda.

Suharno, Edi. 2003. Coping Strategies dan Keperfungsian Sosial. Artikel.

Aloysiur Gunata Brata. Internet. Pikiranrakyat.com.

Sukirno, Sadono. 2000. Makro Ekonomi Modern. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.

Susilawati, Nora. 2003. Sosiologi Pedesaan, Bahan Ajar. Padang. UNP.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v7i2.10504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)

 
Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License