Dampak aktivitas kampus universitas mulawarman terhadap kondisi ekonomi penduduk

Nina Agistia, Jiuhardi Jiuhardi, Muhammad Awaluddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak aktivitas kampus Universitas Mulawarman terhadap kondisi ekonomi penduduk di Jalan Pramuka Kota samarinda. Penelitian ini menggunakan jenis data primer yang didapatkan dengan metode angket dan diuji analisis dengan tabel distribusi frekuensi dan diagram kemudian dideskripsikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas kampus Universitas Mulawarman memberikan dampak terhadap kondisi ekonomi penduduk di Jalan Pramuka, antara lain menjadi sumber pendapatan bagi penduduk untuk memenuhi kebutuhan, dapat meningkatkan pendapatan dan mencukupi pemenuhan kebutuhan keluarga, tersedianya kesempatan berusaha bagi penduduk dan munculnya berbagai jenis usaha dalam pemenuhan kebutuhan mahasiswa.


Keywords


Kondisi ekonomi; aktivitas

References


Badan Pusat Statistik. 2015. Indikator Kesejahteraan Rakyat Kota Samarinda 2015. Samarinda: BPS.

Laili, Latifah Nur. 2015. Analisis Dampak Sosial Ekonomi Pembangunan Kampus Terpadu Universitas Sebelas Maret Surakarta Terhadap Kondisi Masyarakat Dusun Ngoresan dan Panggungrejo. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret.

Ria, Ike Ulan. 2017. Pengaruh Keberadaan Industri Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Di Desa Talaga Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang (Studi Kasus PT.Rinnai). Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Riduwan, E, Achmad Kuncoro. 2013. Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis. Bandung: Alfabeta. (scribd.com/doc/309655506/Penentuan-Jumlah-Sampel-Dengan-Populasi-Tidak-Diketahui)

Tae, Desideriana Taroci. 2019. Pengaruh Keberadaan Perguruan Tinggi Negeri di Kota Malang Terhadap Ekonomi di Kawasan Sekitar (Studi Kasus: Universitas Negeri, Universitas Brawijaya, Universitas Islam Negeri dan Politeknik Negeri). Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Nasional Malang.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v8i4.10498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com