Analisis faktor yang mempengaruhi kemiskinan penduduk

Eko Suwantoso, Irwan Gani, Muliati Muliati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor yang mempengaruhi kemiskinan penduduk Desa Jongkang dan juga memberikan gambaran kemiskinan wilayah pedesaan di Kabupaten Kutai Kartanegara. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik Field Work Research dan menggunakan beberapa teknik seperti: Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan Studi Kepustakaan. Alat analisis yang digunakan dalam Penelitian ini Reduksi Data dan Penyajian Data. Hasil penelitian yang di dapat menggambarkan bahwa masyarakat miskin Penduduk Desa Jongkang terjebak dalam Lingkaran Setan Kemiskinan dan ada saling keterkaitan antara pedagang kecil, petani dan pemerintah dalam mengetaskan kemiskinan di Desa Jongkang. Upaya yang dilakukan pemerintah di nilai kurang tepat dalam mengetaskan kemiskinan dikarenakan tidak sesuai dengan hal yang dibutuhkan masyarakat miskin Desa Jongkang.


Keywords


Kemiskinan; pemerintah

References


Badan Pusat Statistik(BPS). Jumlah penduduk miskin di Kutai Kartanegara tahun 2010-2016(ribu jiwa). Di Provinsi Kalimantan Timur.

Badan Pusat Statistik (BPS). Kontribusi PDRB Kabupaten/Kota terhadap PDRB Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur.

Badan Pusat Statistik(BPS).Pengukuran Garis kemiskinan. https://kaltim.bps.go.id/subject/23/kemiskinan-dan-ketimpangan.html#subjekViewTab1, diakses tanggal 20 mei 2018.

Hendra. 2017. Studi tentang Efektifitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa di Desa Sesayap Kecamatan Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung, Skripsi, Tidak dipublikasikan. Hal: 44-46.

Islami, Indah Nur. 2019. Studi Tentang Pemanfaatan Program Dana Desa Terhadap Pembangunan di Desa Jongkang Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara, Skripsi. Tidak dipublikasikan. Hal: 62

Jailani, M syahran. 2013. Ragam penelitian Qualitative (ethografi, fenomonologi, Grounded Theory dan studi kasus). Edu-Bio; Vol.4: 41-49.

Moleong, Lexy.J. 2007. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya offset.

Nurjihadi, Muhammad. 2016. Lingkaran setan kemiskinan dalam masyarakat pedesaan, studi kasus petani tembakau di kawasan pedesaan pulau Lombok, Journal of the Economy Hal: 120-127.

Prastyo, Adit Agus. 2010. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat Kemiskinan ( studi kasus 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah tahun 2003-2007), Skripsi.

Trisnawaty, Shella. 2017. Analisis tentang kemiskinan berdasarkan persepsi orang miskin dan pemerintah Kelurahan Karang Mumus Kota Samarinda, Skripsi, Tidak dipublikasian

Wahyuni, Ika Dian. 2013. Pengaruh tingkat Pendidikan terhadap Kemiskinan di Kota Samarinda, Skripsi. Tidak dipublikasikan. Hal: 12-17.

Warsilan, Gamal abdul aziz dan Eny rochaida, 2016. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemiskinan di Kabupaten Kutai Kartanegara, Journal of the Economy Vol.12 (1): 29-48




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v7i4.10478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com