Pengaruh belanja langsung dan belanja tidak langsung terhadap pertumbuhan ekonomi

Marisa Marisa, Aji Sofyan Effendi, Juliansyah Roy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh belanja langsung dan belanja tidak langsung terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kalimantan timur. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik Library Reseach (Riset Keperpustakaan) dan alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Belanja Langsung mempunyai pengaruh signifikan yang bersifat negatif terhadap pertumbuhan ekonomi. Sedangkan Belanja tidak langsung mempunyai pengaruh signifikan yang bersifat positif terhadap Pertumbuhan Ekonomi.


Keywords


Belanja langsung; belanja tidak langsung; pertumbuhan ekonomi

References


Badan Pusat Statistik (BPS). Jumlah pengeluaran pemerintah yang berasal dari belanja langsung, belanja tidak langsung, biaya pembangunan dari tahun 2008-2017. Di Provinsi Kalimantan Timur.

Boediono. 1999, Teori Pertumbuhan Ekonomi, BPFE: Yogyakarta

Dianti, Triana Nur. Pengaruh Belanja modal dan Investasi dan Investasi Swasta Terhadap pertumbuhan Ekonomi dan Penyerapan Tenaga Kerja di Provinsi Kalimantan Timur.

Durnairy. 1996. Perekonomian Indonesia, Erlangga: Jarkata.

Djamarah, Syaiful Bahri, 2008. Psikologi Pendidikan, PT. Rineka Cipta: Jakarta,

Darise, Nurlan. 2009. Pengelolaan Keuangan Daerah. PT Macanan Jaya

Insani, Risna. 2015. Pengaruh Investasi dan Pengeluaran Pemerintah terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Ketimpangan Pendapatan kota Samarinda.

Larasati, Endang, Herniati dan Suhardi, 1999. Materi Pokok-Pokok Keuangan Negara. Edisi Keempat, Cetakan Kenam. Lembaga Penerbit FE-UI: Jakarta.

Mangkoesubroto. 1998. Ekonomi Publik, Edisi ketiga. BPFE: Yogyakarta

Permana, Rizky. 2016 Analisis Keterkaitan Pertumbuhan Ekonomi dan Distribusi Pendapatan di Kabupaten Berau.

Rohmah, Luthfiatur, 2017 Pengaruh Investasi Swasta dan Pengeluaran Pemerintah terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Penyerapan Tenaga Kerja Kota Samarinda.

Rudiningtyas, Dyah Arini, 2009. Pendapatan dan Belanja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Kemiskinan dan Pengangguran (Studi Pada APBN 2004-2008). Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman: Samarinda.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v7i2.10431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)

 
Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License