Pengaruh pertumbuhan ekonomi, investasi sektor jasa, belanja pemerintah daerah dan migrasi penduduk terhadap tingkat pengangguran dan kemiskinan

Ratnawati Ratnawati, Aji Sofyan Effendi, Juliansyah Roy

Abstract


Propinsi Kalimantan Timur, adalah salah satu propinsi yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah di Indonesia. Apalagi dengan adanya rencana Pemerintah Pusat untuk memindahkan Ibukota Negara Republik Indonesia (IKN) ke Propinsi Kalimantan Timur, semakin membuat investasi sektor jasa sangat meningkat, Belanja Pembangunan untuk Infrastruktur juga meningkat, Migrasi Penduduk juga meningkat, pertumbuhan ekonomi juga meningkat yang pada akhirnya diharapkan pengangguran dan angka kemiskinan di Kalimantan Timur akan berkurang. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis jalur (Path Analysis). Menggunakan diagram jalur dengan 6 dimensi pengukuran yaitu, Pertumbuhan Ekonomi, investasi sektor jasa, Belanja pemerintah daerah, Migrasi penduduk, Tingkat Pengangguran, dan kemiskinan di Provinsi Kalimantan Timur. Semua variabel bebas dalam penelitian memiliki pengaruh yang negatif signifikan dalam mengurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan di Provinsi Kalimantan Timur.


Keywords


Pertumbuhan ekonomi; investasi sektor jasa; belanja pemerintah daerah; migrasi penduduk; tingkat pengangguran; kemiskinan

References


Abdullah Syukriy, Halim Abdul. “Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Terhadap Belanja Pemerintah Daerah.” Dalam Simposium Nasional Akuntansi VI, 1140-1159. 2006.

Adi, Priyo Hari. “Hubungan Antara Pertumbuhan Ekonomi Daerah, Belanja Pembangunan dan Pendapatan Asli Daerah.” Dalam Simposium Nasional Akuntansi IX Padang. 2006.

Adiputra, I. M. P., Yantari, N. K. D. D., Darmada, D. K. D. 2015. Pengaruh PAD, Dana Perimbangan dan SiLPa terhadap Kualitas Pembangunan Manusia dengan Alokasi Belanja Modal sebagai Variabel Intervening. Simposium Nasional Akuntansi 18. Medan 16-19 September 2015.

Anggarini, T. dan Sutaryo. 2015. Pengaruh Rasio Keuangan Pemerintah Daerah terhadap Indeks Pembangunan Manusia Pemerintah Provinsi di Indonesia. Simposium Nasional Akuntansi 18. Medan 16-19 September 2015.

Ardiansyah dan Widiyaningsih, V. A. 2014. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus terhadap Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah. Simposium Nasional Akuntansi 17 Lombok 24-27 September 2014.

Arsyad, L. 2010. Ekonomi Pembangunan. Penerbit dan Percetakan STIM YKPN, Yogyakarta.

Asdar. 2012. Analisis Pengaruh Dana Perimbangan Terhadap Kemiskinan Di Sulawesi Selatan Periode 2001-2010. Skripsi. Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Djojohadikusumo, S. 1994. Dasar Teori Ekonomi Pertumbuhan dan Ekonomi Pembangunan. LP3E S. Jakarta

Kuncoro, M. 2004. Otonomi dan Pembangunan Daerah, Erlangga. Jakarta.

. 2003. Ekonomi Pembangunan, edisi ketiga. Yogyakarta: Penerbit UPP AMPY KPN.

Mangkoesoebroto, Guritno. 1994. “Kebijakan Publik Indonesia Substansi dan Urgensi. Gramedia Pustaka. Yogyakarta

Mankiw, N. Gregory, 2006, Makro Ekonomi, Terjemahan, Edisi 6 Erlangga, Jakarta.

Mardiasmo. 2009. Kebijakan Keuangan Daerah Pada Daerah Otonomi Khusus di Indonesia. Universitas Indonesia: Jakarta.

Meilen G.P, Amran, Patrick W. Pengaruh Dana Alokasi Umum Dan Belanja Langsung Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Dan Dampaknya Terhadap Kemiskinan Di Kota Manado Tahun 2004-2012. Universitas Samratulangi.

Mirza, D. S. 2012. Pengaruh Kemiskinan, Pertumbuhan Ekonomi, dan Belanja Modal Terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Jawa Tengah 2006-2009. Jurnal Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, EDAJ. Vol 1: hal, 1-15.

Patta. 2012. Analisis Pengaruh distribusi pendapatan dengan indeks pembangunan manusia di Sulawesi Selatan. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Payaman Simanjuntak, 2001. Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. LPFE. UI, Jakarta.

Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 21 Tahun 2011 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Prasetyo, P. Eko. 2003. Fundamental Makro Ekonomi. Beta Offset, Yogyakarta.

Prasojo, Priyo. 2009. Analisa Pengaruh Investasi PMA dan PMDN, Kesempatan Kerja serta Pengeluaran Pemerintah Terhadap PDRB di Jawa Tengah Periode Tahun 1980 - 2006. Skripsi. Fakultas Ekon omi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Pratomo, A.A. 2015. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dana Bagi Hasil dan Belanja Daerah Terhadap Tingkat Kemiskinan DKI Jakarta. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang.

Sarkoro, H. 2016. Pengruh Belanja Daerah, Dana Alokasi Umum, Danan Alokasi Khusus dan Pendapatan Asli Daerah Terhadap Indeks Pembangunan Manusia (Studi Empiris Pada Pemerintah Provinsi se-Indonesia Periode 2012-2014). Naskah Publikasi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sjafrizal. 2008. Ekonomi Regional Teori dan Aplikasi. Padang: Baduose Media.

Suharto, Edi. 2009. Kemiskinan dan Perlindungan Sosial di Indonsia. Alfabeta, Bandung.

Sukirno, S. 2006. Makroekonomi. Teori Pengantar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v7i3.10353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com