Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Pegadaian Syariah terhadap Keputusan Nasabah dalam Menggunakan Jasa Layanan Gadai pada Pegadaian Syariah Cabang Merdeka Samarinda

Istiqomah Wulandari, Fitriadi Fitriadi, Rahmawati Rahmawati

Abstract


Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakana untuk pengambilan sampel adala sampel acak (Probability Sampling). Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Kemudian teknik  analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, realibilitas, uji Multikolonearitas dan Analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan citra pegadaian syariah mempunyai pengaruh terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa layanan gadai pada Pegadaian Syariah Cabang Merdeka Samarinda.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan


References


Ahmad Ulinuha. 2010. Pengaruh Pelayanan dan Citra Pegadaian Syari’ah Terhadap Keputusan Nasabah dalam Menggunakan Jasa Layanan Gadai Pada Pegadaian Syari’ah Cabang Majapahit Semarang. Semarang.

Alma, Buchari. 2009. Manajemen Bisnis Syariah. Alfabeta, Bandung.

Anshori, Abdul Ghafur. 2006. Gadai Syariah Di Indonesia Konsep, Implementasi Dan Institusionalisasi, Edisi Pertama. Cetakan Pertama Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Antonio, Muhammad Syafi,i. 2001. Bank Syariah Dari Teori Ke Praktek, Cetakan Pertama. Gema Insani, Jakarta.

Ari Budi Sulistiono. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menginap (Studi Pada Tamu Hotel Srondol Indah Semarang). Semarang

Berdasarkan Qur’an dan Hadits, 2004. PT. Mitra Kerjaya Indonesia. Jakarta

Boediono. 1999. Pelayanan Prima. Yayasan Kawita Indonesia, Jakarta.

Christopher lovelock, Jochen wirtz, Jacky Mussry. 2010. Pemasaran Jasa Manusia, teknologi, Stategi perspektif Indonesia, jIlid kedua. Erlangga.

Dwi Nur Sholichah. 2005. Faktor-fakor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam Pegadaian Syari’ah Cabang Kusumanegara Yogyakarta. Yogyakarta

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBMSPSS19,Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hadi, Sutrisno. 2001. Metodologi Research. Jilid III. Andi Offset, Yogyakarta.

Hassan, A. 2006. Terjemah Bulughul Maram Ibnu Hajar Al- Asqalani. CV Diponegoro, Bandung.

Hermawan kartajaya dan Muhammad Syarir Sula. 2006. Syari’ah Marketing. PT. Mizan pustaka, Bandung.

Kasali, Rhenald. 2003. Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. PT. Pusaka Utama Grafiti. Jakarta.

Kotler Philip dan Amstrong. 2000. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 2, Prehalindo, Jakarta.

. 2002 . Manajemen Pemasaran. Prenhallinho, Jakarta.

. 2003. Manajemen Pemasaran. Pearson Education Asia, Jakarta.

. 2005. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. Pearson Education Asia Pte. Ltd dan PT. Prenhallindo, Jakarta.

Marisky Wahyudi. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Membayar Zakat Di Lembaga Amil Zakat Dana Peduli Ummat Kalimantan Timur (Laz Dpu Kaltim) Studi Kasus Kota Samarinda. Samarinda

M. Shalahudin. 2007. Asas-asas Ekonomi Islam. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Muhammad. 2007. Lembaga Ekonomi Syariah. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Nurul Qomariah. 2010. Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Institusi terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi pada Universitas Muhammadiyah di Jawa Timur)”. Jawa Timur.

Priyanto, Duwi. 2013. Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Penerbit Mediakom, Yogyakarta.

Riduan. 2004. Belajar Muah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta, Bandung.

Riduwan. 2003. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Cv Alfabeta, Bandung.

Ritonga, Jamiluddin. 2003. Riset Kehumasan. PT. Grasindo. Jakarta.

Rizqa Ramadhaning Tyas. 2012. Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung Di Bmt Sumber Mulia Tuntang.

Rosim. 2013. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Perusahaan, Promosi Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha (Studi Kasus Pada Produk Motor Yamaha Mio Soul Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta). Jakarta

Sarwono. 2012. Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif Menggunakan Prosedur SPSS. PT. Gramedia, Jakarta.

Schiffman Leon, Lazar Kanuk Leslie. 2004. Perilaku Konsumen, Edisi Ketujuh. PT Indeks, Jakarta.

Soemirat, Soleh. 2012. Dasar-dasar Public Relation. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia, Bogor.

Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Supranto, J. 2004. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Rineka Cipta. Jakarta.

Umar, Husein. 2000, riset pemasaran dan perilaku konsumen, penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

. 2003. Metode Riset Bisnis: PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

. 2005. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis: PT.Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Wijaya, Tony. 2011 . Manajemen Kualitas Jasa. PT Indeks, Jakarta.

Zainudin, Ali. 2008. Hukum Gadai Syariah. Sinar Grafika, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v2i1.1023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com