Pengaruh bantuan pemerintah dan luas lahan terhadap produksi

Hevi Syahrizal Hasyim, Michael Michael, Muliadi Muliadi

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh bantuan pemerintah dan luas lahan terhadap produksi padi sawah di Kabupaten Kutai Kartanegara. Dengan program pemerintah, melalui Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kutai Kartanegara diharapkan memberikan perubahan terhadap peningkatan produksi pertanian padi sawah, sehingga berpengaruh kepada tingkat kesejahteraan petani. Penelitian menggunakan pendekatan mix method, dimana dilakukan analisis regresi linier berganda terhadap data bantuan benih, pupuk, irigasi, alsintan, luas lahan dan produksi padi sawah di Kabupaten Kutai Kartanegara pada tahun 2011-2019 serta melibatkan informasi dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kutai Kartanegara, pemerhati pertanian dan Petani di Kabupaten Kutai Kartanegara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bantuan pemerintah dalam bentuk benih, pupuk, pembangunan irigasi dan pemberian alsintan belum mampu memberikan perubahan peningkatan produksi padi sawah yang berarti di Kabupaten Kutai Kartanegara. Begitu juga dengan tindakan pengembangan perluasan areal pertanian yang belum memberikan perubahan peningkatan produksi hasil budidaya pertanian padi sawah karena kondisi lahan di Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki tingkat keasaman yang masih tinggi. Pemerintah daerah Kabupaten Kutai Kartanegara perlu melakukan peningkatan dan pemerataan bantuan kepada seluruh petani di Kabupaten Kutai Kartanegara serta melakukan perbaikan kondisi lahan melalui pengapuran terlebih dahulu guna menurunkan tingkat keasaman tanah agar dapat meningkatkan produksi padi sawah di Kabupaten Kutai Kartanegara.


Keywords


Bantuan pemerintah; luas lahan; produksi

References


Creswell, J. W. 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Terjemahan: Achmad Fawaid. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Elis. 2015. Evaluasi Pelaksanaan Program Pemberian Bantuan Subsidi Benih dalam Peningkatan Produktivitas Padi di Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong. e-Jurnal Katalogis Volume 3 (5), hlm 68-76.

Gujarati, D.N. 2004. Basic Econometrics 4th Edition. McGraw-Hill Companies.

Latumaresa, Julius R. 2015. Perekonomian Indonesia dan Dinamika Ekonomi Global. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Rohayati, Yeti dan Bambang Sucipto. 2020. Kebijakan Publik di Era Digitalisasi. Solok: Insan Cendekia Mandiri.

Soetrisno, P. H. 1981. Dasar-Dasar Ilmu Keuangan Negara. Yogyakarta: BPFE UGM.

Prayoga, Adi dan Sutoyo. 2017. Produktivitas dan Pendapatan Usahatani Padi Sawah Dampak Program Bantuan Alat Mesin Pertanian, Benih dan Pupuk di Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian Volume 24 (1), hlm 1-9.

Putong, Iskandar. 2005. Teori Ekonomi Mikro. Jakarta: Mitra Wacana Media.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v6i3.10105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com