Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan islamic social reporting pada perusahaan yang terdaftar dalam indonesia sharia stock index (issi)
Abstract
Penelitian bertujuan Untuk menguji Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Dalam Indonesia Sharia Stock Index (ISSI). Dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 131 data dari 131 jumlah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Sharia Stock Index (ISSI) periode 2018. Penelitian ini menggunakan alat analisis dengan regresi linear berganda, uji korelasi dan determinasi serta uji hipotesis yaitu uji t dan uji kelayakan model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji F atau Secara simultan variabel ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting Pada Perusahaan Manufaktur. Berdasarkan uji t atau secara parsial ukuran perusahaan memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting Pada Perusahaan Manufaktur. Variabel profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting. Adapun variabel leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting.
Keywords
References
Fahmi, I. (2015). Analisis Laporan Keuangan. (D. Handi, Ed.) (Edisi ke 5). Alfhabeta. Bandung
Fitria, S. D. & Dwi. 2010. Islam dan Tanggung Jawab Sosial :Studi Perbandingan Pengungkapan Berdasarkan Global Reporting Iniviative Indeks dan Islamic Social Reporting Indeks. Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Penerbit UNDIP. Semarang
Hadi, N. (2011). Corporate Social Responsibility.Yogyakarta: GrahaI lmu.
Harahap, S. S. (2011). Akuntansi Islam. Edisi 1. Cet. Ke 4. Jakarta: Bumi Aksara.
Hafida, A. S. 2012. “Implementasi Shariah Enterprise Theory Melalui Value Added Statement untuk Menilai Tanggung Jawab Perbankan Syariah Kepada stakeholdersâ€. Skripsi. Universitas Hasanuddin.
Hakim, C. M. (2011). Belajar Mudah Ekonomi Islam. Tangerang Selatan: Shuhuf Media Insani.
Haniffa, R. 2002. Social Reporting Disclosure-An Islamic Perspective.Indonesian Management & Accounting Research, I, 128-146.
Haniffa, R., & Hudaib, M. (2010). Exploring the Ethical Identity of Islamic Bank Via Communication in Annual Reporting. Journal of Business Ethic ,hal. 97-116.
Hartono, Jogiyanto. (2010). Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman. Edisi Pertama. Penerbit Andi. Yogyakarta
Istiani, F. 2015. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Likuiditas terhadap pengungkapann Islamic Social Riporting pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Skripsi Fakultas Syariahdan Hukum UIN Syarif Hidayatullah.
Karina, L. A. D., & Yuyetta, E. N. A. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan CSR. Diponegoro Journal Of Accounting Volume 2, Nomor 2, Tahun 2013.
Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. (S, Rinaldy. Ed.) (Edisi ke 9). Raja Grafindo Persada. Jakarta
Maulida, et.al. 2012. Analisis Faktor–Faktor yang mempengaruhi pengungkapan Islamic Social Riprting (ISR) Pada Perusahaan yang Terdaftar dalam Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2009-2012. Simposium Nasional Akuntansi XVII Mataram, Lombok.
Othman, R., & Thani, A. M. (2010). Islamic Social Reporting of Listed Companies in Malaysia. International Business & Economic Research Journal , 3, hal. 135-144.
DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v6i3.6805
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com