ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI PENYUSUTAN ASET TETAP PADA CV TROPISINDO TECHNIC DI BALIKPAPAN

Mewi Elmawati, Rande Samben, Iskandar Iskandar

Abstract


Mewi Elmawati. 2018. Analisis Perlakuan Akuntansi Penyusutan Aset Tetap Pada CV Tropisindo Technic di Balikpapan. Dibawah bimbingan Bapak Rande Samben dan Bapak Iskandar.

          CV Tropisindo Technic di Balikpapan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang permesinan (bubut) perbaikan dan pabrikasi untuk industri baik mining maupun migas. Terdapat temuan bahwa ada kekeliruan dalam perhitungan penyusutan aset tetap perusahaan yang tidak sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) Bab 15 Tentang Aset Tetap. Berdasarkan temuan tersebut maka penulis melakukan penelitian ini. Metode penyusutan yang digunakan oleh perusahaan adalah metode garis lurus. Penelitian ini bersifat kualitatif dimana penulis membandingkan  penyusutan aset tetap antara CV Tropisindo Technic dengan SAK ETAP Bab 15. Secara spesifik penelitian ini berfokus pada penyusutan aset tetap yang dimiliki oleh CV Tropisindo Technic di Balikpapan.

          Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan metode penyusutan yang sama dengan yang di gunakan oleh perusahaan, yaitu metode Garis Lurus, ditemukan bahwa adanya perbedaan nilai penyusutan aset tetap antara perusahaan dengan bedasarkan SAK ETAP Bab 15. Hal tersebut disebabkan karena perusahaan membebankan beban penyusutan selama 1 tahun penuh padahal aset tetap tersebut tidak di peroleh pada awal tahun, serta ditemukan adanya kekeliruan dalam pengakuan pengeluaran selama masa manfaat aset tetap, yang mana seharusnya di catat sebagai pengeluaran modal tetapi dicatat sebagai pengeluaran pendapatan oleh perusahaan. Hal ini berpengaruh pada Laporan Posisi Keuangan (Neraca) dan nilai buku aset tetap tahun 2016 dan berpengaruh pada Laporan Laba Rugi dimana kesalahan tersebut berdampak pada laba bersih setelah pajak.

            Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa perhitungan penyusutan dan penyajian aset tetap pada CV Tropisindo technic masih belum wajar, belum sesuai dengan SAK ETAP Bab 15.

Keywords


Aset Tetap, SAK ETAP, Metode Garis Lurus

References


Diana, Anastasia dan Lilis Setiawati. 2017. Akuntansi Keuangan Menengah, Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Terbaru. ANDI. Yogyakarta.

Giri, Efraim Ferdinan. 2017. Akuntansi Keuangan Menengah 1, Perspektif PSAK dan IFRS. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Harahap, Sofyan Syafri. 2016. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik. Dewan Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta.

Indratno, Albertus. 2013. Prinsip-Prinsip Dasar Akuntansi, Untuk Pemula & Orang Awam. Dunia Cerdas. Jakarta.

Jusup, Haryono Al. 2011. Dasar-dasar Akuntansi 1, Jilid 1, Edisi 7, STIE YKPN. Yogyakarta

Kasmir. 2017. Analisis Laporan Keuangan. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Martani, Dwi, Sylvia Veronica Siregar, Ratna Wardhani, Aria Farahmita, Edward Tanujaya. 2016. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK, Edisi 2, Buku 1. Salemba Empat. Jakarta.

Pura, Rahman. 2013. Pengantar Akuntansi 1, Pendekatan Siklus Akuntansi. Erlangga. Jakarta.

Rudianto. 2012. Pengantar Akuntansi. Erlangga. Jakarta.

Sirait, Pirmatua. 2017. Analisis Laporan Keuangan. Ekuilibria. Yogyakarta.

Warren, Carl S., James M. Reeve, Jonathan E. Duchac, Ersa Tri Wahyuni, Amir Abadi Jusuf. 2017. Pengantar Akuntansi 1, Adaptasi Indonesia, Edisi 4. Salemba Empat. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i2.4621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com