Analisis Metode Activity Costing System dalam Penentuan Besaran Biaya Pendidikan SMP YPK 1 Tenggarong

Yayan Ardiansa, Yana Ulfah, Ferry Diyanti

Abstract


Yayan Ardiansa, Analisis Metode Activity Costing System Dalam Penentuan Besaran Biaya Pendidikan Pada SMP YPK 1 Tenggarong dibawah bimbingan Ibu Hj. Yana Ulfah selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Ferry Diyanti selaku Dosen Pembimbing II.

Yayasan Pendidikan Kutai merupakan yang bergerak dibidang pendidikan dan membawahi SMP, SMA, dan SMK YPK. Selama ini biaya pendidikan hanya ditentukan berdasarkan hasil rapat komite sekolah, sehingga permasalahan yang timbul dalam penelitian ini adalah berapakah tarif SPP dan Non SPP yang seharusnya dibebankan apabilah menggunakan metode Activity Costing System dan seberapa besar perbedaan antara perhitungan yang selama ini digunakan SMP YPK 1 Tenggarong dengan metode Activity Costing System.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan jumlah biaya pendidikan yang diterapkan di SMP YPK 1 Tenggarong dengan jumlah biaya berdasarkan Activity Costing System, dan untuk menghitung jumlah biaya pendidikan yang seharusnya dibebankan berdasarkan metode Activity Costing System.

Untuk keperluan analisis dan pembahasan, penulis menggunakan alat analisis yaitu Activity Costing System. Activity Costing System merupakan salah satu alat perhitungan biaya dalam pendekatan ekonomi, dan menurut pendekatan ekonomi tersebut biaya merupakan cerminan aktivitas yang dilakukan entitas bersangkutan, sehingga rincian biaya merupakan rincian aktivitas dan prasarana pendukung aktivitas yang dibutuhkan.

Dari hasil penelitian yang dicapai menunjukan bahwa perhitungan biaya dengan menggunakan Activity Costing System menghasilkan hasil yang berbeda (hasil lebih kecil) dengan apa yang telah sekolah gunakan. Berdasarkan hasil analisis menunjukan perhitungan biaya pendidikan (SPP) menurut SMP YPK 1 Tengarong sebesar Rp 75.000 dan menurut hasil analisis sebesar Rp 60.244,24 sehingga menimbulkan selisih sebesar Rp 14.755,76 dan perhitungan biaya Non SPP/ Partisipasi menurut SMP YPK 1 Tenggarong sebesar Rp 200.000 dan menurut hasil analisis sebesar Rp 173.166,4 sehingga menimbulkan selisih sebesar Rp 26.833,6.

Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang mencolok antara perhitungan biaya pendidikan menggunakan Activity Costing System dengan yang digunakan sekolah. perbedaan itu terjadi karena adanya pemisahan perhitungan yaitu biaya langsung dan biaya tidak langsung.


Keywords


Biaya Pendidikan, Activity Costing System

References


Abdul Halim dan Bambang Supomo, 2011. Akuntansi Manajemen, Edisi 2, Cetakan Kesebelas, BPFE, Yogyakarta.

Akuntansi biaya,akuntansi keuangan, dan akuntansi manajemen serta hubungannya.Http://ilmuakuntansiputrisuci.blogspot.co.id/2015/11/akuntansi -biayaakuntansi-keuangan-dan.html, di akses tanggal 25 Februari 2018.

Bastian, indra. 2006. Akuntansi Pendidikan, Erlangga, Jakarta

. 2015. Akuntansi Pendidikan, Edisi Kedua, Erlangga, Jakarta

Carter, Willia K. 2009. Akuntansi Biaya : Cost Accounting, Edisi 14, Buku 1. Penerbit Saleba Empat. Jakarta.

Datar, Srikant M., Foster, George., dan Horngren, Charles T. 2006. Cost Accounting : A managerial emphasis. 12th edition. Prentice Hall.

Dunia Firdaus Ahmad dan Wasilah Abdullah. 2009, Akuntansi Biaya, Edisi Kedua, Salemba Empat, Jakarta

Famela, Fieda. 2007. Penerapan Metode Activity Baseb Costing Dalam Mentukan Besarnya Tarif Jasa Rawat Inap (Studi Pada RSUD Kabupaten Batang). Skripsi Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia

Kartadinata, Abas. 2000. Akuntansi dan Analisis Biaya: Suatu Pendekatan Terhadap Tingkah Laku Biaya, Cetakan Ketiga, Rineka Cipta. Jakarta

Letricia Gayle Rayburn, 1999, Akuntansi Biaya: dengan Menggunakan Pendekatan Manajemen Biaya, Edisi Keenam, Cetakan Pertama, Erlangga, Jakarta

L. M. Samryn. 2013. Akuntansi Informasi Baya untuk mengendalikan Aktivitas Operasi & Investasi. Penerbit Kencana : PT Fajar Interpratama Mandiri. Jakarta

Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik, Andi, Yogyakarta

Mulyadi, 2015 Akuntansi Biaya, Edisi 5, Cetakan 9, UPP STIM-YKPN, Yogyakarta.

Munawir, S. 2004. Akuntansi Keuangan dan Manajemen, Edisi Pertama, Cetakan Pertama, BPFE, Yogyakarta

Pengertian Akuntansi Manajemen Definisi Menurut Para Ahli serta Hubungandengan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Biaya. Http://www.landasanteori.com/2015/10/pengertian-akuntansi-manajemen definisi.html, di akses tanggal 25 Februari 2018

Rudianto. 2013. Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta: Erlangga

Supriyono, 2001. Akuntansi Manajemen, Edisi Kedua, Cetakan Pertama, BPFE, Yogyakarta.

Warren, Carl S., Philip E. Fess dan James M. Reeve. 2006. Accounting, 21st Edition, South Western Publishing Company, Cincinnati Ohio.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i2.4213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com