Pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan dengan corporate seocial responsibility sebagai variabel pemoderasi

Afif Azhari Ardhi, Siti Masyithoh, Ledy Setiawati

Abstract


Tanggung jawab sosial (CSR) merupakan faktor yang perlu diperhatikan, sebab saat ini tidak bisa hanya mementingkan faktor ekonomi, namun harus berusaha memperhatikan faktor masyarakat dan lingkungan. Sebab apabila suatu perusahaan mengabaikan dampak kegiatan operasional perusahaannya terhadap lingkungan dan masyarakat, maka akan menghambat kelangsungan bisnisnya. Jika terdapat gangguan dari masyarakat maka yang rugi adalah bisnisnya sendiri. Penelitian ini menggunakan objek perusahaan yaitu perusahaan-perusahaan manufaktur dengan sub sektor pulp dan kertas serta sub sektor kayu yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2012-2017. Sampel dipilih dengan kriteria: (1) perusahaan yang masih terdaftar di BEI selama tahun 2012-2017, (2) tersedianya laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan (3) mempublikasikan kegiatan CSR yang dilakukan, (4) perusahaan tidak mengalami kerugian anara tahun 2012-2017. Total sampel yang digunakan berjumlah 30 perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) variabel likuiditas (CR) berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan (Tobin’s Q), (2) variabel corporate social responsibility (CSR) memperkuat namun tidak signifikan dalam pengaruh likuiditas (CR) terhadap nilai perusahaan, (3) variabel solvabilitas (DER) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan (Tobin’s Q), (4) variabel corporate social responsibility (CSR) memperlemah dan tidak signifikan dalam pengaruh solvabilitas (DER) terhadap nilai perusahaan, (5) variabel profitabilitas (ROA) berpengaruh positif  terhadap nilai perusahaan (Tobin’s Q), (6) variabel corporate social responsibility (CSR) memperlemah dan tidak signifikan dalam pengaruh solvabilitas (DER) terhadap nilai perusahaan.


Keywords


Likuiditas; Solvabilitas; Profitabiltas; Nilai Perusahaan; CSR

References


Alfredo Mahendra, Sri Artini, dan Gede Suarjaya. 2012. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan Vol. 6, No.2. Universitas Udayana.

Andreas Lako. 2011. Dekonstruksi CSR & Reformasi Paradigma Bisnis & Akuntansi. Penerbit Erlangga: Semarang.

Anindya Utami. 2011. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Governance sebagai Variabel Pemoderasi. Skripsi: Universitas Jember.

Budi Rahardjo. 2007. Keuangan dan Akuntans. Edisi Pertama, Cetakan Pertama. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Irham Fahmi. 2011. Analisis Laporan Keuangan. Alfabeta: Lampung.

Imam Ghozali. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Jama’an. 2008. Pengaruh mekanisme corporate governance, dan kualitas kantor akuntan public terhadap integritas informasi laporan keuangan (studi kasus perusahaan public yang listing di BEJ). Jurnal akuntansi dan Keuangan, Universitas Diponegoro: Semarang.

Jogiyanto. 2015. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Kesepuluh. BPEF: Yogyakarta.

Joko Prastowo dan Miftachul Huda. 2011. Corporat Social Responsibility Kunci Meraih Kemuliaan Bisnis, Cetakan Pertama. Samudra Biru : Jakarta.

Kasmir. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Rajawali Pers: Jakarta.

Munawir S. 2008. Analisis Informasi KeuanganI. Cetakan Kedua. Liberty: Yogyakarta.

Ni Kadek Dewi Octaviani dan Ida Bagus Putra Astika. 2016. Profitabilitas dan Leverage sebagai Pemoderasi Pengaruh Kebijakan Dividen pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi: Universitas Udayana.

Nurlela, Rika dan Ishlahuddin. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel Moderating. Simposium Nasioanal Akuntansi XI. Pontianak.

Nor Hadi. 2011. Corporate Social Resosibilit. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Tahir I.M., and A.R. Razali. 2011. The Relationship between Enterprise Risk Management and Firm Value: Evidence from Malaysian Public Listed Companies. International Journal of Economics and Management Sciences, 1(2): 32-41

Toto Prihadi. 2008. Analisis Rasio Keuangan. PPM Manajemen: Jakarta

Rika Susanti. 2010. Analisis Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Universitas Diponerogo: Semarang

Rimba Kusumadilaga. 2010. Pengaruh Corporate Social Responsibiltiy Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating. Skripsi. Universitas Diponerogo: Semarang.

Sigit Hermawan dan Afiyah Nurul Maf’ulah. 2014. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Dinamika Akuntansi Vol.6, No.2. Unnes.

Subramanyam dan John Wild. 2010. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 10 Buku 1. Salemba Empat: Jakarta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Sutrisno. 2009. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Ekonisia, Yogyakarta.

Tendi Haruman. 2008. Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Keputusan Keuangan dan Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XI, Pontianak.

Ulupui. 2012. Analisis Rasio Likuiditas, Leverage, Aktivitas, dan Profitabilitas Terhadap Return Saham (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman dengan Kategori Industri Barang Konsumsi di BEJ). Jurnal Akuntansi: Universitas Udayana.

Uma Sekaran. 2014. Research Methods For Business. Jakarta: Salemba Empat

Wien Ika Permatasari. 2010. Pengaruh Kepemilikan Manajemen, Kepemilikan Institusional, dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Universitas Diponerogo: Semarang.

Yangs Analisa. 2011. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan (studi pada perushaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2006-2008). Skripsi. Universitas Diponegoro: Semarang.

Yusuf Wibisono. 2007. Membedah Konsep dan Aplikasi CSR. Fascho Publishing: Gresik.

Zamruddin Hasid. 2013. Pengantar Statistik Ekonomi, Edisi Kedua. Mulawarman University Press: Samarinda.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i1.4134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com