Pengaruh kredit yang diberikan, surat berharga, penanaman dana dan penyertaan saham terhadap profitabilitas bank

Heri Ikhsan Munthalib, Rusdiah Iskandar, Ferry Diyanti

Abstract


Saat ini perbankan, sedang menghadapi tantangan yang cukup besar dan kompleks bagi perekonomian global maupun dalam negeri. Tantangan tersebut harus dihadapi untuk mencapai daya saing yang tinggi, yaitu hal pertama yang harus diperhatikan bank adalah meningkatkan kemampuan bank menjadi bank yang sehat. Diantaranya dengan menjaga tingkat profitabilitasnya atau kemampuan bank dalam menghasilkan laba. Return On Assets menjadi salah satu tolak ukur dalam meningkatkan profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kredit Yang Diberikan, Surat Berharga, Penanaman Dana dan Penyertaan Saham Terhadap Profitabilitas Bank Artha Graha Internasional Tbk.  Populasi dan sempel dari penelitian ini adalah laporan keuangan Bank Artha Graha Internasional Tbk periode 2007-2014. Data laporan keuangan diperoleh secara online melalui website Bank Indonesia. Teknik analis yang dipakai dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai pengaruh antara variabel independen dan variabel dependen. Hasilpenelitian ini menunjukan bahwa variabel Kredit Yang Diberikan dan penanaman Dana tidak berpengaruh Terhadap Profitabilitas Bank Artha Graha Internasional Tbk, sedangkan Surat Berharga, dan Penyertaan Saham berpengaruh negatif terhadap Profitabilitas Bank Artha Graha Internasioanl Tbk.


Keywords


Kredit yang diberikan; surat berharga; penanaman dana; penyertaan saham; profitabitabilitas

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Chindy. 2011. Pengaruh Aktiva Produktif dan Kredit BermasalahTerhadap

Profitabilitas Pada PT BNI, Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Komputer Indonesia.

Bank Artha Graha Internasional. 2016. Annual Report PT. Bank ArthaGraha Internasional (Persero) Tbk 2007-2014. Bank Indonesia, Jakarta.

Cahyani, Ni Putu Dian Prapita. 2014. Pengaruh pertumbuhan aktiva produktif, dana pihak ketiga dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas, Skripsil, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

Debby, Hayuni (2015) Pengaruh aktiva produktif, Tingkat Suku Bunga dan Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap profitabilitas pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatra Utara.

Dendawijaya, Lukman. 2009. Manajemen Perbankan, Edisi kedua Ghalia Indonesia, Bogor.

Ghozali, Imam. 2006. Staristik Nonparametrik, Semarang : Badan Penelitian UNDIP

Ghozali, Imam. 2006. Structural Equation Modelling Metode Alternatif dengan Patrial Least Square, Semarang : Badan Penelitian UNDIP.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi, Semarang : Bandan Penelitian UNDIP.

Hadi, Syamsul. 2006. Metodologi Penelitian kuantitatif Untuk Akuntansi dan Keuangan, Ekonosia, Yogjakarta.

Kasmir. 2006. Manajemen Perbankan, Edisi Revisi, PT. Raja Grafindo Persada,Jakarta. Kasmir. 2008. Bank dan Lembaga Keuangan, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta. Kasmir. 2010. Analisis Laporan Keuangan. Tersedia http://sayangsurgaku.blogspot.com. Diakses 10 April 2016.

Mahendra, I putu . 2015. Pengaruh Komponen-Komponen Aktiva Produktif dan Dana Pihak Ketiga terhadap Profitabilitas (studi bank yang memperoleh peringkat tiga besar asset listing di BEI), Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom.

Riyadi, 2006. Tersedia : www.info.blogspot.com. Diakses 18 Juni 2016.

Sutrisno. 2009. Manajemen Keuangan, Cetakan Ketujuh, Ekonisisa, Yogyakarta.

Undang-undang No. 10 Tahun 1998 tentang Perubahan Undang-undang No. 7 Tahun 1992 Perbankan.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v1i1.314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com