PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

desi oktafiani

Abstract


ABSTRAK

Desi Oktafiani. 2018. Pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dibawah bimbingan Bapak Hamid Bone  sebagai Pembimbing I dan Ibu Anisa Kusumawardhani sebagai Pembimbing II.

Tujuan utama suatu perusahaan adalah memakmurkan pemegang saham atau pemilik perusahaan. Tujuan ini dapat dicapai dengan memaksimumkan nilai perusahaan. Nilai perusaaan merupakan persepsi investor terhadap suatu perusahaan, yang dapat dilihat dari harga saham, dimana harga saham yang tinggi dapat meningkatkan nili perusahaan. Nilai perusahaan dalam penelitian di diproksikan dengan Price Book Value yaitu rasio pasar yang digunakan untuk mengukur harga saham dengan nilai buku saham.

Penelitian ini betujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh struktur modal yang diprosikan dengan Debt to Equity Ratio dan profitabilas yang di profitablitas yang diproksikan dengan Return on Equity terhadap niai perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini aala seluruh perusahaan manufaktur subsector makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Teknik pengambilan sampel menggnunakan purposive sampling dengan total sampel berjumlah 7 perusahaan dan data penelitian berjumlah 35 data observasi.

Penelitian ini menggunakan data time series dengan moel regresi linear berganda. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa kelayakan model diperoleh nilai signifian sebesar 0,005 < 0,05 yang menyatakan model layak dianalisis dengan analisis regresi linear berganda. Uji Koefisien Determinasi (R2) dengan melihat nilai adjusted R square bahwa sebesar 23,7% variasi variabel dependen dalam penelitian ini dapat dijelaskan oleh variasi dari variabel independen dan sisanya sebesar 76,3% dijelaskan variabel lain di luar penelitian. Uji hipotesis menunjukkan nilai koefisien regresi variabel struktur modal adalah sebesar -0,009 dengan signifikansi sebesar 0,433 > 0,05. Sedangkan nilai koefisien regresi variabel profitabilitas adalah sebesar 0,166 dengan signifikansi sebesar 0,009 < 0,05.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur modal (DER) mempunyai pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan artinya bahwa jika struktur modal mengalami peningkatan satu satuan, maka nilai perusahaan akan tetap atau konstan. Sedangkan profitabilitas (ROE) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV), artinya bahwa jika profitabilitas mengalami kenaikan satu satuan, maka nilai perusahaan akan mengalami kenaikan 0,166.

Kata Kunci    : Nilai Perusahaan, Struktur Modal dan Profitabilitas.

 

 

 

ABSTRACT

Desi Oktafiani. 2018. The Influence of Capital Structure and Profitability on Company Value of Companies Listed on Indonesia Stock Exchange. Under the guidance of Mr. Hamid Bone as First advisor and Ms. Anisa Kusumawardhani as Second advisor.

The main purpose of a company is to prosper the shareholders or owners of the company. This goal can be achieved by maximizing the company. Perusaaan value is the perception of investors to a company, which can be seen from the stock price, where high stock prices can increase nili companies. The value of the company in research in proxies with Price Book Value is the market ratio used to measure stock prices with book value.

This study aims to recall and see the effect of capital which is proportioned with Debt Ratio to Equity and profitability in profitablitas proxy with Return on Equity to company niai listed in Indonesia Stock Exchange. Population in this research is aala all manufacturing company of food and beverage sub sector at Stock Exchange period 2012-2016. Sampling technique with sample. Observational data.

This research uses time series data with multiple linear regression. Results of multiple linear regression analysis showed the feasibility of the model obtained significance value 0.005 <0.05 which states feasible model is analyzed by multiple linear regression analysis. Determination coefficient test (R2) by looking at adjusted value R square are as 23,7% variation of dependent variable in this research can be explained by variation of independent variable and. Hypothesis test shows regression result of variable of capital structure is equal to -0,009 with significance equal to 0,433> 0,05. While for variable regression of profitability variable is equal to 0,166 with significance equal to 0,009 <0,05.

The results of this study indicate the existence of capital structure (DER) which has a negative and insignificant effect on firm value that is if capital structure can increase one unit, hence company will remain or constant. While profitability (ROE) has a positive and significant influence on firm value (PBV), meaning that if the profit increases one unit, then the company will experience an increase of 0.166.

Keywords: Company Value, Capital Structure and Profitability.


Keywords


Company Value, Capital Structure and Profitability.

References


DAFTAR PUSTAKA

Analisa, Yangs. 2011. Pengaruh Ukuran Perusahaan Leverage, Profitabilitas Dan

Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan (studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2006-2008), Skripsi Akuntansi. Universitas Diponegoro, Semarang.

Andre, Orina. 2013. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas Dan Leverage Dalam

Memprediksi Financial Distress (Studi Empiris Pada Perusahaan Aneka Industri Yang Terdaftar Di BEI Pada Tahun 2006-2010), Skripsi Akuntansi, Universitas Negeri Padang, Padang.

Andriky, Vicky. 2015. Pengaruh Leverage Dan Earning Per Share Terhadap

Harga Saham Pada Perusahaan Automotive And Allied Products Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia, Skripsi, Universitas Lampung, Lampung.

Beso, Lista, Grace. 2016. Pengaruh Cash Holding, Profitabilitas, Nilai Perusahaan

Terhadap Income Smoothing Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2014, Skripsi Akuntansi, Universitas Mulawarman, Samarinda.

Bramantyo, Arief., H. Muharam. 2011. Analisis Pengujian Teori Pecking Order

Melalui Keterkaitan Profitabilitas, Struktur Aset, Ukuran Perusahaan, dan Kesempatan Bertumbuh Terhadap Financial Leverage Periode 2006-2009 (Studi Kasus Pada Emiten Syariah Di JII), Tesis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Brigham, E, Eugene dan Joel F Houston. 2011. Dasar-dasar Manajemen

Keuangan, Buku 2, Edisi 11. Salemba Empat. Jakarta.

Dewi, R. Inggi., Siti R Handayani dan Nila F Nuzula. 2014. Pengaruh Struktur

Modal Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di BEI Periode 2009-2012)

Fahmi, Irham. 2011. Analisis Laporan Keuangan. Alfabeta. Bandung

. 2015. Pengantar Manajemen Keuangan. Alfabeta. Bandung.

Fenandar, I, Gany. 2012. Pengaruh Keputusan Investasi , Keputusan Pendanaan,

dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan, Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS

, Edisi B. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Gustia, Shena. 2013. Pengaruh Struktur Modal Dan Kinerja Perusahaan Terhadap

Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2005-2012, Skripsi Akuntansi, Universitas Komputer Indonesia, Bandung.

Hidayati, E. Eko. 2010. Analisis Pengaruh DER, DPR, ROE, dan Size Terhadap

PBV Perusahaan Manufaktur yang listing di BEI Periode 2005-2007, Tesis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Ihsan, A. N. Muhammad,. 2016. Pengaruh Ukuran Dewan Komisaris, Ukuran

Dewan Direksi, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Industri Pulp dan Kertas yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2015, Skripsi Akuntansi, Universitas Mulawarman, Samarinda.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. PT. RajaGrafindo. Jakarta.

Khireta, A Mirza., Suhadak dan Siti S. Handayani. 2014. Analisis Nilai

Perusahaan Melalui Penetapan Struktur Modal Perusahaan (Studi Pada PT. Unilever Indonesia Tbk Dan Anak Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2010-2012), Jurnal Administrasi Bisnis, Universitas Brawijaya, Malang.

MD, H. P. Pipit. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan

(Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Periode 2007 – 2010), Tesis, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Mulyawan, Setia. 2015. Manajemen Keuangan. Pustaka Setia. Bandung

Najmudin. 2011. Manajemen Keuangan dan Aktualisasi Syar’iyyah Modern.

ANDI. Yogyakarta.

Nengrum, Novitawati Eva. 2015. Pengaruh Faktor Earning Growth, Debt To

Equity Ratio, Deviden Payout Ratio, Size Growth dan Return On Equity Terhadap Harga Saham Dengan Pegungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai variabel Moderating (Studi Pada Perusahaan Sektor Pertambangan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2013), Skripsi Akuntansi, Universitas Mulawarman, Samarinda.

Octaviani, Nur Afifah. 2015. Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Terhadap

Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2013), Skripsi Akuntansi, Universitas Widyatama, Bandung.

Pramita, Dian. 2015. Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Dan

Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia, Skripsi Akuntansi, Universitas Mulawarman, Samarinda.

Prastuti, R. Kadek Ni, dan I Gede Mertha Suriartha. 2014. Pengaruh Struktur

Modal, Kebijakan Dividen, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur, Jurnal, Universitas Udayana, Bali.

Rahiim, Defriandio. 2013. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Dan

Kualitas Kantor Akuntan Publik Terhadap Integritas Laporan Keuangan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2009-2011), Skripsi Akuntansi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Randa, Fabianus. 2015. Pengaruh Profitabilitas, Good Corporate Governance

(GCG), dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014, Skripsi Akuntansi, Universitas Mulawarman, Samarinda.

Rasyid, M. Al. 2015. Analisis Pengaruh Modal Kerja Terhadap Profitabilitas

(Studi Kasus Pada PT. Sumatera Muda Propertindo), Skripsi Akuntansi, Universitas Widyatama, Bandung.

Rudangga, G. N., I Gusti dan Gede M. Sudiarta. 2016. Pengaruh Ukuran

Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan, E-Jurnal, Universitas Udayana, Bali.

Sambora, M. Nurjin., Siti R. Handayani dan Sri M. Rahayu. 2014. Pengaruh

Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di BEI periode tahun 2009-2012), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol 8 (1), Universitas Brawijaya, Malang.

Saputra, W. Rizky. 2014. Variabel – Variabel Yang Mempengaruhi Nilai

Perusahan Makanan Dan Minuman (Studi Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2012), Skripsi, Universitas Brawijaya, Malang.

Soliha, Euis dan Taswan. 2002. Pengaruh Kebijakan Hutang Terhadap Nilai

Perusahaan Serta Beberapa Faktor Yang Mempengaruhinya, Jurnal Bisnis dan Ekonomi, STIE, Semarang.

Solikahan, Z. E, K. Ratnawati dan H. A. Djawahir. 2013. Pengaruh Leverage Dan

Investasi Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2011), Jurnal Aplikasi Manajemen, Universitas Brawijaya, Malang.

Susanti, Witri. 2014. Pengaruh Leverage Keuangan dan Struktur Modal Terhadap

Nilai Perusahaan pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Periode 2008-2012, Skripsi, Universitas Komputer Indonesia, Bandung.

Sutrisno. 2012. Manajemen Keuangan (Teori Konsep dan Aplikasi). Ekonisia.

Yogyakarta.

Ulhosy, Inafsa. 2013. Pengaruh Struktur Modal dan Keputusan Investasi Terhadap

Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Sektor Otomotif dan Komponen Tahun 2007-2011, Skripsi Akuntansi, Universitas Komputer Indonesia, Bandung.

Uniariny. 2012. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas Dan

Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan (studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2006-2008), Skripsi, Universitas Indonesia, Depok.

Wihardjo, S. Djoko. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai

Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2009-2011), Skripsi, Universitas Diponegoro, Semarang.

Yuliana, Dinnul A. Akbar dan Rini Aprilia. 2013. Pengaruh Struktur Modak Dan

Return On Equity (ROE) Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Pertanian Di Bursa Efek Indonesia (Perusahaan Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2007-2011), Jurnal Akuntansi, STIE MDP, Palembang.

www.idx.co.id. 2011. Laporan Keuangan Tahunan. 2011-2016. Diakses tanggal

Juni 2017.

http://digilib.mercubuana.ac.id/. 2017. Sejarah Perusahaan Manufaktur Di Bursa

Efek Indonesia. Diakses tanggal 20 Oktober 2017.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v3i3.3133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com