Pengaruh Alokasi Anggaran Bantuan Operasional Kesehatan Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas Rapak Mahang Di tenggarong

Amalianti Amalianti

Abstract


AMALIANTI, Pengaruh Alokasi Anggaran Bantuan Operasional Kesehatan Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas Rapak Mahang Di Tenggarong. Dibawah  bimbingan Ibu Dwi Risma Deviyanti dan Ibu Ferry Diyanti.

            Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan, maka rumusan yang digunakan adalah apakah alokasi anggaran bantuan operasional kesehatan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan kesehatan. Manfaat penelitian ini dilakukan adalah untuk sebagai informasi bagi Puskesmas Rapak Mahang dalam menyampaikan pengetahuan khususnya yang berkaitan dengan anggaran Bantuan Operasional kesehatan yang di terima setiapa tahun yang berpengaruh terhadap kualitas pelayanan kepada masyarakat.

            Teori atribusi  digunakan untuk mengetahui prilaku seseorang dipengaruhi beberapan penyebab baik dari dalam diri maupun dari luar. Teori ini digunakan untuk menjelakan bagimana pihak puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dimana tingkat kualitas pelayana kesehatan ini dipengaruhi oleh alokasi anggaran bantuan operasional kesehatan.

            Pengembangan hipotesis yang dibuat adalah alokasi anggaran bantuan operasional kesahatan berpengaruh positif terhadap kualitas pelayanan kesehatan. pengumpulan data melalui metode kuantitatif. Kuantitatif yaitu dengan memperoleh dari angka-angka laporan rencana kegiatan dan biaya program bantuan operaional kesehatan di Puskesmas Rapak Mahang.

            Jangkau penelitian ini dilakukan pada Puskemas Rapak Mahang di Kecamatan Tenggarong dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh alokasi anggaran bantuan operasional kesehatan terhadap kualitas pelayanan kesehatan. Jangka waktu penelitian ini dilaksanakan mulai dari bulan april sampai dengan bulan agustus 2017.

            Dari hasil analisis yang menggunakan progran SPSS V.20. Hasil penelitian untuk pengujian hipotesis menunjukan bahwa alokasi anggaran bantuan operasional kesehatan tidah berpengaruh signifkan terhadap kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Rapak Mahang di Tenggarong


Keywords


allocation of operational budget for health, and the quality of health service.



DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v3i3.3131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com