Pengaruh earning per share (eps) dan dividen per share (dps) terhadap harga saham pada perusahaan food and beverage yang terdaftar di bursa efek indonesia

Rizza Koerniawan, Nurita Affan, Musviyanti Musviyanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Dividen Per Share (DPS) terhadap harga saham. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan sumber data yang berasal dari ICMD (Indonesia Capital Market Directory) dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2010-2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Banyaknya sampel yang sesuai dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan adalah 6 perusahaan Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu; variabel bebas meliputi Earning Per Share (EPS) dan Dividen Per Share (DPS). Sedangkan variabel terikatnya adalah harga saham pada perusahaan Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda yang didahului oleh uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji multikolinearitas, dan uji autokolerasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji F dan uji t. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan bahwa secara uji kelayakan model (uji F) Earning Per Share (EPS) dan Dividen Per Share (DPS) berpengaruh terhadap harga saham perusahaan, sedangkan secara parsial variabel yang berpengaruh signifikan terhadap harga saham adalah Earning Per Share (EPS) dan Dividen Per Share (DPS). Besarnya koefisien determinasi (Adjusted R Square) adalah sebesar 0,811. Hal ini berarti bahwa 81,1% variabel dependen yaitu harga saham dapat dijelaskan oleh dua variabel indepeden yaitu Earning Per Share  dan Dividen Per Share. Sedangkan sisanya sebesar 18,9% dijelaskan oleh variabel atau sebab-sebab lain diluar model.

 


Keywords


Earning per share; dividen per share

Full Text:

PDF

References


Akhmad, Fakhrudin. 2004. Dasar-dasar Manajemen Investasi dan Portofolio, Cetakan Kedua. Rineka

Cipta. Jakarta.

Ang, Robbet. 1997. Pasar Modal Indonesia. Jakarta: Mediasoft Indonesia.

Anoraga, Pandji dan Piji Pakarti. 2006. Pengantar Pasar Modal. Rineka Cipta. Jakarta. Arifin, Ali. 2007. Membaca Saham (Edisi 3). Andi. Jakarta.

Bagya, M. Bintang, Suhadak, dan Siti Ragil Handayani. 2016. Pengaruh Earning Per Share (EPS), Return On Equity (ROE) dan Price Earning Ratio (PER) Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Telekomunikasi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2010-2014), Jurnal Universitas Diponegoro Jurusan Akuntansi.

Baridwan, Zaki. 2004. Intermediate Accounting Edisi 8. BPFE. Yogyakarta.

Bringham, Eugene F and Huoston, Joel, 2004. Fundamental of Financial Management, Tenth Edition.

Thomson South Western.

Belkaoui, Ahmad Riahi. 2007. Teori Akuntansi. Salemba Empat. Jakarta.

Damayanti, Putu Ryan, Anantawikrama Tungga Atmadja dan I Made Pradana Adiputra. 2014. Pengaruh Deviden Per Share dan Earning Per Share Terhadap harga Saham Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012, e-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1, Vol: 2 No: 1.

Darmadji, Tjiptono dan Hendy M Fakhrudin, 2006. Pasar Modal Di Indonesia Pendekatan Tanya jawab, Jakarta: PT Salemba Empat

.

Dwi Prasetyo dann Rifka Julyanti. 2005. Analisis Laporan Keuangan (Konsep dan Aplikasi) Edisi Kedua.

Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Dwiwulandari. Amalia. 2012. Pengaruh Dividend Per Share, Solvabilitas, Likuiditas dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Siliwangi

Einde Evana. “Analisis Pengarih Pengumuman Dividen Tunai Terhadap Harga Saham Di PT Bursa Efek

Jakarta (BEJ)”. Jurnal Akuntansi Keuangan & Perpajakan. Volume 1.Nomor 2: 108-122.

Eugene F Bringham and Joel F. Houston. 2006. Dasar-dasar Manajemen Keuangan Edisi 10 Buku 1.

Salemba Empat: Jakarta.

Fahmi, Irham. 2011. Analisis Kinerja Keuangan. Edisi Keenam. Yogyakarta: UPP STIM YKPN. Fahmi, Irham. 2012. Pengantar Pasar Modal. Edisi Pertama. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Universitas

Diponegoro.

Gitman, J.L. 2009. Principles of Managerial Finance, 12th edition. USA: Pearson Education Inc. Halim, Abdul, 2007. Analisis Investasi. Edisi kedua, Jakarta: PT. Salemba Empat.

Halim, Yuliana, 2007. Pengaruh ROE, NPM, EPS, dan DER Terhadap Harga Saham Perusahaan

Manufaktur Yang terdaftar di BEI Skripsi. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Harrison Jr, Walter T, Charles T. Horngren, C. William Thomas dan Themin Suwardy. 2012. Akuntansi Keuangan International Financial Reporting Standards—IFRS Edisi Kedelapan. Erlangga. Jakarta.

Hartono, Jogiyanto. 2010. Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman, Edisi 6. BPFE UGM. Yogyakarta.

Hidayat, Taufik. 2010. Buku Pintar Investasi. Mediakita. Jakarta.

Hutami, Rescyana Putri. 2012. Pengaruh Dividend Per Share, Return On Equity dan Net Profit Margin Terhadap Harga Saham Perusahaan Industri Manufaktur Yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2010. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Ikbal, Muhammad. 2012. Metodologi Penelitian untuk Ekonomi dan Bisnis. Interpena. Yogyakarta.

Intan, Taranika. 2009. Pengaruh Dividen Per Share dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham Pada

Perushaan Go Public Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Irwadi, Maulan. 2014. Pengaruh Devidend Per Share (DPS) dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Harga Saham Industri Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Politeknik Sekayu (ACSY). Volume 1, No. 1, 39-51.

Kasmir. 2008. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Kieso, Donald E. 2007. Accounting Principles. Wasilah, Handika. (terjemahan). Pengantar Akuntansi.

Salemba Empat. Jakarta.

Kuncoro, Mudrajad, 2003. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi Jakarta: Erlangga. Mankiw, N. Gregory. 2006. Pengantar Ekonomi Makro. Salemba Empat. Jakarta.

Manurung, Henry Togar. 2015. Analisis Pengaruh ROE, EPS, NPM dan MVA Terhadap Harga Saham

(Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Go Public Sektor Food dan Beverages Di BEI Tahun

-2013). Skripsi. Universitas Diponegoro.

Maryati, Mita. 2012. Pengaruh Earning Per Share, Dividen Per Share dan Finansial Leverage Terhadap

Harga Saham Pada Industri Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-

Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nuliana, Novin P. 2003. Pengaruh Dividen Per Saham dan Rentabilitas Modal Sendiri (ROE) Terhadap

Harga Pasar Saham PT. TELKOM, Tbk. Skripsi. Unversitas Islam Bandung.

Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 1 (Revisi 2009) Penyajian Laporan Keuangan. 23

Desember 2009. Dewan Standar Akuntansi Keuangan-Ikatan Akuntan Indonesia. Jakarta.

Prasetyo, Galih. 2011. Pengaruh Financial Leverage (FL), Earning Per Share (EPS) DAN Dividen Per Share (DPS) Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Skripsi. Universitas Pasundan Bandung.

Rahayu, Riana. 2015. Pengaruh Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER) dan Debt to Equity Ratio (DER) Terhadap Harga Saham Pada Peusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Mulawarman.

Santoso, Singgih, 2002. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik, Jakarta PT. Elex Media Komputindo. Soemarso. 2005. Akuntansi Suatu Pengantar. Salemba Empat. Jakarta.

Sondakh, Jullie J dan Meily Kalalo. 2011. Analisis Pengaruh Dividend Per Share dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Yang Go Public di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Auditing Goodwill, 2 (1): 1-20.

Sugiyono, G. dan F. Winarni, 2005. Manajemen Keuangan (Pemahaman laporan Keuangan Pengelolaan aktiva, Kewajiban dan Modal serta Pengukuran Kinerja perusahaan), Yogyakarta: Media Pressindo

Sugiyono, 2004. Metode Penelitian Bisnis, Bandung: CV Alfabeta.

Suhayati, Ely dan Sri Dewi Anggadini. 2009. Akuntansi Keuangan. Graha Ilmu, Jakarta.

Sunariyah. 2007. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal Edisi Keenam. UPP STIM YKPN. Yogyakarta. Suratno. 2008. Metodologi Penelitian Untuk Ekonomi dan Bisnis. STIM YKPN. Yogyakarta.

Sutrisno. 2009. Manajemen Keuangan Teori, Konsep, dan Aplikasi. Ekonesia, Kampus Fakultas Ekonomi

UII, Jakarta.

Tambunan, Roy August, 2007. Pengaruh Kebijakan Dividen Terhadap Harga Saham pada Perusahaan

Manufaktur di Bursa Efek Indonesia, Skripsi. Universitas Katolik Santo Thomas, Medan.

Tandelilin, Eduardus. 2010. Portofolio dan Investasi: Teori dan Aplikasi. Kanisius. Yogyakarta. Widoatmojo, Sawidji. 2012. Cara Sehat Investasi di Pasar Modal. Kompas Gramedia. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v3i4.3093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com