PENGARUH PERPUTARAN KAS, PERPUTARAN PIUTANG, DAN PERPUTARAN PERSEDIAAN PADA PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGES YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Andi Nur Auliah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh perputaran kas, perputaran piutang, dan perputaran persediaan terhadap profitabilitas pada perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel independen pada penelitian ini adalah perputaran kas, perputaran piutang, dan perputaran persediaan. Sedangkan untuk variable dependen pada penelitian ini adalah profitabilitas.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Data sekunder digunakan dalam penulisan ini berupa laporan keuangan perusahaan Food and Beverages dari tahun 2011 sampai 2015. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda, Uji F, dan Uji t.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara signifikan, perputaran persediaan berpengaruh terhadap profitabilitas, sedangkan perputaran kas dan perputaran piutang tidak berpengaruh terhadap profitabilitas.Nilai adjusted R square sebesar 0,165 yang menunjukkan bahwa 16,5% variabel profitabilitas (ROA) dapat dijelaskan oleh variabel independen perputaran kas, perputaran piutang, dan perputaran persediaan. Sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar model regresi yang digunakan.

 

Kata Kunci :  Perputaran Kas, Perputaran Piutang,  Perputaran Persediaan, Profitabilitas




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v3i3.3004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com