Pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan komisaris independen terhadap biaya utang

Arnold Arnold, Yunus Tete Konde, Muhammad Subhan

Abstract


Biaya hutang adalah biaya yang timbul karena penggunaan dana perusahaan yang berasal dari pinjaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan komisaris independen terhadap biaya hutang pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia. Data penelitian yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id dan www. ticmi.co.id. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011 hingga 2015. Sedangkan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling sehingga sampel yang diambil 30 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh negatif kepemilikan manajerial dengan koefisien regresi 0f -2,220 serta nilai signifikansi 0,028 signifikansinya terhadap biaya hutang. Efek negatif kepemilikan institusional dengan koefisien regresi sebesar -4,083 serta signifikansi mereka terhadap nilai signifikansi 0,000 mereka terhadap biaya hutang. Serta pengaruh positif dari komisaris independen dengan koefisien regresi sebesar 1,358 tidak signifikan dan signifikansinya terhadap nilai utang terhadap biaya 0,177. Kondisi kesulitan keuangan dapat diprediksi dengan menggunakan empat variabel independen.



Keywords


Kepemilikan manajerial; kepemilikan institusional; komisaris independen; biaya hutang

References


Abdullah, W. Djabid, 2009. “Kebijakan Deviden dan Struktur Kepemilikan terhadap Kebijakan Utang: Sebuah Perspektif Agency Theory”. Jurnal Keuangan dan Perbankan. Vol. 13, No.2, 2009, hal. 249-259.

Agnes, 2013, Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan, Universitas Negeri Padang.

Algifari, 2010, Analisis Regresi: Teori, Kasus, dan Solusi, BPFE Yogyakarta.

Aripin, Bustanul. 2015. Pengaruh Kepemilikan Keluarga, Pengaruh Institusional, dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Biaya Utang (Cost Of Debt) (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun (2009-2011). Skripsi Sarjana Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Asbaugh, Hollis, Collins, Daniel W., LaFon, Ryan. 2004. “Corporate governance and the Cost of Equity Capital”. Working paper, University of Wisconsin.

Ayub, Maydeliana, 2008, Pengaruh Family Ownership Terhadap Cost of Debt (Penelitian Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI). Tesis, Jakarta: Universitas Indonesia.

Bhojraj, S., dan Sengupta, P. 2003. “Effect of Corporate Governance on Bnd Rating and Yiels: The Role of Institusional Investors and Outside Directors”, Cornell University, 2003.

Chen, Y.M. dan Jian J.Y. 2006. The Impact of Information Disclousere and Transparency Ranking System (IDTRs) and Corporate Governance Structure on Interest Cost of Debt. Working Paper, National Yunlin University of Science and Technology, Taiwan.

Christiawan, Yulius Jogi, dan Josua Tarigan, 2007, Kepemilikan Manajeral: Kebijakan Hutang, Kinerja dan Nilai Perusahaan, Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 9, No. 1, Mei, 1-8.

Dewi, Sisca Christiany, 2008, Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Kepemilikan Institusional, Kebijakan Hutang, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Kebijakan Deviden, Jurnal Bisnis dan Akuntansi, Vol. 10, No. 1, Jakarta, 47-58.

Dian, Fachrur, dan Rika Lidyah, 2014, Pengaruh Corporate Social Responsibility, Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusi terhadap Nilai Perusahaan Tambang Batu Bara yang Terdaftar Di BEI, Jurnal STIE MDP, Vol. 6 No. 2.

Ghozali, Imam, 2013, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Ketujuh, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Imanta, Dea, dan Rutji Satwiko, 2011, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepemilikan Manajerial, Jurnal Bisnis dan Akuntansi, Vol. 13, No. 1, 2011, 67-80.

Jensen, M, and W. Meckling, 1976, Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Cost and Ownership Structure, Journal of Financial Economics.

Juniarti, dan Agnes A. Sentosa, 2009, Pengaruh Good Corporate Governance, Voluntary Disclosure terhadap Biaya Hutang (Costs of Debt), Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 11, No. 2, 88-100.

Kaihatu, Thomas S., 2006, Good Corporate Governance dan Penerapannya di Indonesia, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.8, No. 1.

Komite Nasional Kebijakan Governance. 2006. “Pedoman Pembentukan Komite Audit yang Efektif. Jakarta: Komite Nasional Kebijakan Governance”.

Kusumawati, Ivana Teddy, dan Juniarti, 2014, Pengaruh Family Control Terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan Pada Industri Dasar dan Kimia, Business Accounting Review, Vol. 2, No. 1.

Lisa, Oyong, 2012, Asimetri Informasi dan Manajemen Laba: Suatu Tinjauan Dalam Hubungan Keagenan, Jurnal WIGA, Vol. 2, No. 1.

Marfuah, Kurniawati Zulfa. 2014. Pengaruh Penerapan Corporate Governance Terhadap Biaya Ekuitas Dan Biaya Utang Pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia. Juranl Bisnis dan Ekonomi, Vol. 5, No 2, Desember 2014, 195-206.

Nuraina, Elva, 2012, Kebijakan Hutang dan Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI), Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), Vol. 19, No. 2, 110 – 125.

Nugroho, Dwi Ricky, Wahyu Meiranto. 2014. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Biaya Ekuitas Dan Biaya Utang. Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dipenogoro, Vol. 3, Tahun 2014, Halaman 1-12.

Piot, C., dan F.M. Piera. 2007. Corporate Governance, Audit Quality, and The Cost of Debt Financing of French Listed Companies. Working Paper http;//ssrn.com.

Primastuti, Nurfita. 20133. Pengaruh Kepemilikan Keluarga, Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, Kualitas Audit dan Corporate Governance Index Terhadap Biaya Ekuitas dan Biaya Utang. Skripsi Sarjana Akuntansi Pada Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Rebecca, Yulisa, dan S. Veronica Siregar, 2013, Pengaruh Corporate Governance Index, Kepemilikan Keluarga, dan Kepemilikan Institusional terhadap Biaya Ekuitas dan Biaya Utang: Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI, Jurnal Universitas Indonesia.

Retno M, Reny Dyah, dan Denies Priantinah, 2012, Pengaruh Good Corporate Governance dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2010), Jurnal Nominal.

Reza, Ibnu Ashkhbi. 2015. Pengaruh Corporate Governance Index, Struktur Kepemilikan Perusahaan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Biaya Utang. Skripsi Sarjana Akuntansi Pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Rustiarini, Ni Wayan, 2010. “Pengaruh Corporate Governance pada Hubungan Corporate Social Responsibility dan Nilai Perusahaan”, Simposium Nasional Akuntansi XIII, Purwokerto.

Septian, Muhamad, dan Rosita R Panggabean, 2014, Pengaruh Good Corporate Governance dan Kepemilikan Keluarga terhadap Biaya Utang: Studi Empiris terhadap Perusahaan yang Masuk dalam Daftar Kompas 100 Periode Agustus 2013-Januari 2014, Universitas Bina Nusantara, 2014.

Setiani, Isna Ningsih, dan Ani Kusbandiyah 2009. Pengaruh Good Corporate Governance, Voluntary Disclosure Terhadap Biaya Utang (Cost Of Debt Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal keuangan. Universitas Muhammadiyah Puwokerto.

Sihombing, Katarina, 2012, Analisis pengaruh good corporate governance dan kualitas audit terhadap tingkat cost of debt. Jurnal Akuntansi Keuangan Universitas Indonesia.

Sukirni, Dwi, 2012 Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Deviden dan Kebijakan Hutang Analisis terhadap Nilai Perusahaan, Jurnal Universitas Negeri Semarang.

Surya, Indra, dan Yustiavandana, Ivan 2008 Penerapan Good Corporate Governance, Edisi Pertama, Prenada Media Group, Jakarta.

Wicaksono, Adhi Anjar, 2002, Pengaruh Struktur Kepemilikan Manajerial dan Publik, Ukuran Perusahaan, Ebit/Sales dan Total Hutang/Total Aset terhadap Nilai Perusahaan yang Telah Go Public dan Tercatat di Bursa Efek Indonesia, Tesis, Universitas Diponegoro.

Widarjo, Wahyu, Bandi, dan Sri Hartoko, 2010, Pengaruh Ownership Retention, Investasi Dari Proceeds, dan Reputasi Auditor Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kepemilikan Manajerial dan Institusional Sebagai Variabel Pemoderasi, Simposium Nasional Akuntansi XIII, Purwokerto.

Wiranata, Yulius A, dan Yeterina W. Nurgrahanti, 2013, Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur di Indonesia, Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 15, No. 1, 15-26.

Yunanda, Anggun Cahyani. 2014. Pengaruh Kepemilikan Institusional Dan Pengungkapan Sukarela Terhadap Biaya Utang (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Pengelola Logam Yang Tedaftar Di BEI). Skripsi Sarjana Akuntansi Pada Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Yunita, Nancy, 2012, Pengaruh Corporate Governance Terhadap Voluntary Disclosure dan Biaya Hutang, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, Vol 1, No. 1.

Zarkasyi, Wahyudin, 2008 Good Corporate Governance pada Badan Usaha Manufaktur, Perbankan, dan Jasa Keuangan Lainnya.

www.idx.co.id, diakses tanggal 4 Juni 2017

www.ticmi.co.id, diakses tanggal 4 Juni 2017




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v3i2.2654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com