Penerapan metode target costing dalam perhitungan harga pokok produksi

Widi Iswanto, Yana Ulfah, Ferry Diyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penetapan target biaya terhadap biaya produksi. Sampel penelitian ini adalah perusahaan Kaltim Post yang memproduksi surat kabar pada tahun 2016. Penelitian ini menggunakan data yang diambil langsung dari perusahaan Kaltim Post berdasarkan produksi surat kabar pada tahun 2016. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengumpulkan dan mengkategorikan data dari perusahaan. , Menentukan target costing, menentukan keuntungan yang diinginkan perusahaan, membandingkan biaya target dengan biaya aktual kemudian menganalisis biaya aktual menggunakan value engineering. Hasil analisis menunjukkan bahwa lebih baik menggunakan skenario kedua dan ketiga karena lebih efisien dalam mengurangi biaya untuk mendapatkan keuntungan secara maksimal


Keywords


Target costing; cost of production; value engineering

References


Adinegara, Ryan Reviantodan W. Endang Raino, 2013. Target Costing Untuk Produksi Almari pada UD Mulya. Jurnal Akuntansi. Yogyakarta. FE UAJ.

Apriyanti. 2010. Analisis Penerapan Target Costing untuk Pencapaian Target Pricing Sewa Kamar Hotel dalam Meningkatkan Efisisensi dan Memaksimalkan Laba. Skripsi. Jakarta, STIE Perbanas

Atkinson, Anthony K., Kaplan, Robert S., Matsumuera, Ella Mae and Young, S Mark Pearson. 2009. Management Accounting, 5th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Blocher, Edward J, Chen, Kung H;Lin, Thomas w. 2007. Akuntansi Manajemen, Edisi Ketiga, Salemba Empat, Jakarta.

Carter And Usry, 2011. Akuntansi Biaya, Edisi Keempat Belas, Buku Dua, Salemba Empat, Jakarta.

Damayani. 2007. Penerapan Target Costing dalam Sistem Pengendalian Biaya Produksi PT Indomobil Suzuki Internasional. Skripsi. Jakarta: Universitas Kristen Krisda Wacana.

Hansen, Don R Marryanno M. Mowen, 2009, Akuntansi Manajemen, Edisi kedelapan, Jakarta: Salemba Empat.

Hongren, Charles T. Foster, George. Datar.2008. Akuntansi Biaya, Dengan Penekanan Manajerial, Edisi kedua belas, Erlangga, Jakarta.

Kamaruddin, Akhmad 2013. Akuntansi Manajemen: Dasar-Dasar Konsep Biaya Dan Pengambil Keputusan, Raja Grafindo Persada, Jakarta

Kottler, Philip and Amstrong, Gery. 2008. Principle of Marketing. Singapore: Pearson International Education

Krismiaji. 2011. Akuntansi Manajemen. Edisi Kedua. Yogyakarta: STIE YKPN

Luvina Herdinasari, Lucky, 2011. Penerapan Metode Target Costing dalam Perhitungan Harga Pokok Produksi Pada Pembuatan Tikar Tenun CV. Elreas di Lamongan.Skripsi S1. Surabaya. FE Airlangga.

Mulya, Elvie, 2014. Cost Reduction Strategies – Mengoptimalkan Efisiensi dan Efektivitas Biaya Jangka Panjang, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Mulyadi, 2007. Activity Based Cost System, Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Mulyadi, 2009. Akuntansi Biaya, Edisi Lima, Yogyakarta: AMP YKPN.

Rahmat, Muhammad Asyhari 2014, Penerapan Target Costing dalam Penentuan Tarif Kamar untuk Mengoptimalkan Perencanaan Laba (Studi Kasus pada UB Hotel Malang, Jurnal Akuntansi, Malang, FE Brawijaya.

Supomo, Halim, 2011. Akuntansi Manajemen, Edisi Kedua Revisi, Yogyakarta: BPFE UGM.

Supriyono, R.A. 2010. Akuntansi Biaya Pengumpulan Biaya dan Penentuan Harga Pokok. Yogyakarta : BPFE

Tunggal, Amin Widjaja. 2008. Activity Based Costing. Jakarta: Harvindo

Witjaksono. 2013. Akuntansi Biaya. Edisi Revisi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

www.wikipidia.org/Wiki/TargetCosting,




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v3i1.1830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com