Analisis profitabilitas, solvabilitas, ukuran perusahaan, ukuran kantor akuntan publik dan opini auditor terhadap audit delay

Muhammad Yahya, Dwi Risma Deviyanti, Indra Suyoto Kurniawan

Abstract


Judul penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, solvabilitas, ukuran perusahaan, ukuran Kantor Akuntan Publik dan pendapat auditor secara signifikan mempengaruhi keterlambatan audit yang listing manufaktur di campana di Bursa Efek Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh profitabilitas, solvabilitas, ukuran perusahaan, ukuran Kantor Akuntan Publik dan opini auditor terhadap audit delay. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan hasilnya 82 perusahaan sebagai sampel. Penelitian ini dilakukan untuk periode 2015. Data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan manufaktur yang dilakukan di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015. Metode statistik dalam penelitian ini adalah uji regresi linier berganda dengan asumsi uji klasik dimulai. Model penelitian lulus uji asumsi klasik. Pengujian simultan menyimpulkan bahwa semua variabel independen mempengaruhi variabel dependen sebesar 16,3 persen. Hasil pengujian parsial menunjukkan bahwa ada dua dari lima faktor yang mempengaruhi audit delay, solvabilitas dan ukuran perusahaan

Keywords


Penundaan audit; keuntungan; solvabilitas; ukuran perusahaan; ukuran Kantor Akuntan Publik dan pendapat auditor

Full Text:

PDF

References


Agoes, Sukrisno. 2012. Auditing: Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan Oleh Akuntan Publik buku 1 (Edisi 4). Jakarta: Salemba Empat.

Apriliane, Malinda Dwi. 2015. Analisi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Audit Delay (Studi Empiris Pada Perusahaab Pertambangan Yang Terdaftar di BEI tahun 2008-2013). Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Che-Ahmad, Ayoib dan Shamharir Abidin. 2008. Audit Delay of Listed Companies: a Case of Malaysia. International Business Research.1 (4). 32-39.

Dewi, Karina M. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu dan Audit Delay Penyampaian Laporan Keuangan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI tahun 2007-2011). Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Ervilah dan Fachriyah. 2015. Pengaruh Opini Auditor, Kualitas Auditor, Ukuran Perusahaan, Klasifikasi Industri, dan Solvabilitas Terhadap Audit Delay di Perusahaan Yang Tergolong LQ 45 di Bursa Efek Indonesia.

Febrianty. 2011. Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Audit Delay Perusahaan Sektor Perdagangan yang Terdaftar di BEI Periode 2007-2009. Jurnal ekonomi dan Informasi Akuntansi 11 (2): 294-320.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan IBM SPSS 21. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2011 Pedoman Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Ikatan Akuntan Indonesia . 2011. Standar Profesional Akuntan Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Kartika, Andi. 2011. Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Audit Delay Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI. Dinamika Keuangan dan Perbankan 3 (2). 157-171.

Keiso, Donald D, Jerry J. Weygandt, dan Terry D. Warfield. 2007. Akuntansi Intermediate Buku 1 (Edisi 12). Jakarta: Erlangga.

Lestari, Dewi. 2010. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Audit delay: Studi Empiris Pada Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang

Mantianty, Emmy. 2015. Determinan Audit Delay Dan Pengaruhnya Terhadap Harga Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI). Skripsi. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Rachmawati, Sistya. 2008. Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Perusahaan Terhadap Audit Delay dan Timeliness, Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 10 (1) 1-10,

Sutrisno. 2012. Manajemen Keuangan Teori Konsep dan Aplikasi, Ekonisia Fakultas Ekonomi UII. Yogyakarta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2011 Otoritas Jasa Keuangan

Wolk, H.I. and M.G. Tearney. 1997. Accounting Theory: A conceptual and Institutional Approach. Edisi keempat. International Thomson Publishing.

Yudaruddin, Rizky. 2014. Statistik Ekonomi: Aplikasi Dengan Program SPSS 20. Samarinda: Interpena.

Yulianti, Ani. 2011. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Audit Delay (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2007-2008). Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v3i1.1683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com