Analisis penetapan harga jual sarung dengan menggunakan gross margin pricing pada kelompok usaha bersama

Santi Nirwana Mahdalita, Iskandar Iskandar, Rusliansyah Rusliansyah

Abstract


Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilainya relatif (alokasi biaya umum) persentase mark up, dan metode penetapan harga margin kotor pada tahun 2015. Setelah melakukan penelitian, analisis dan pembahasan diketahui bahwa harga jual KUBE Aneka Cahaya Aqila tahun 2015 lebih rendah dari harga jual yang ditetapkan dengan metode margin kotor. hal ini disebabkan oleh perbedaan persentase mark up yang ditentukan oleh KUBE Aneka Cahaya Aqila sebesar 11% sedangkan persentase margin kotornya adalah 15%. Perbandingan persentase mark up karena KUBE Aneka Cahaya Aqila tidak memperhitungkan biaya langsung dan secara tidak langsung memperhitungkan harga jual. Berdasarkan hasil penelitian, KUBE harus memperhatikan biaya langsung yang baik dan tidak secara langsung harga jual yang diperoleh ditambahkan ke pengeluaran. Jadi, harga jual yang diperoleh memberikan keuntungan yang diharapkan untuk KUBE. Untuk mendapatkan pengembalian, KUBE harus memperhitungkan alokasi biaya dengan (nilainya relatif), dan dengan memperhitungkan persentase kenaikan dengan harga jual yang diperoleh lebih menguntungkan bagi KUBE

 

 

 


Keywords


harga jual; gross margin princing

References


Ahmad, Kamaruddin. 2011. Akuntansi Manajemen “Dasar-dasar Konsep Biaya dan Pengambilan Keputusan”. Rajawali Gravindo Persada. Jakarta.

Bilson, Simamora. 2011. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Bustami, Bastian dan Nurlela. 2009. Akuntansi Biaya. Edisi Pertama. Jakarta. Penerbit : Mitra Wacana Media.

Carter, K. William dan Usry, F. Milton. Penerjemah Krista. 2009. Cost Accounting, 13 th Edition, Salemba Empat. Jakarta.

Damau, Beilby Ocrian Damayanty. 2016. Analisis Penentuan Harga Jual Pada Koperasi Pegawai Negeri Niaga Samarinda.

Dunia, Ahmad Firdaus.2009. Akuntansi Biaya, Edisi Kedua. Salemba Empat. Jakarta.

Fandy, Tjiptono. 2009. Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Cetakan Ketujuh. Penerbit: Andi Offset, Yogyakarta.

Halim, Abdul,Supomo, Bambang dan Kusufi, Muhammad Syam. 2011. Akuntansi Manajemen , Edisi Kedua, Cetakan Pertama, BPFE. Yogyakarta.

Horngren, Charles. T., Datar, Srikant M,. and Foster, George., alih bahasa Desi Adhariani. 2008. Akuntansi Biaya (Pendekatan Manajerial) Edisi Sebelas, PT Indeks Kelompok Gramedia.

http://othervisions.wordpress.com/2010/07/13/di-balik-sarung-samarinda/.

Diakses tanggal 09 September 2016.

http://www.kommpasiana.com/totowirjosoemarto/antara-ekonomi-kreatifdan-ovop-

bagian-i552ac95e8346d60552d03.

Diakses tanggal 10 Oktober 2016.

http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&g=&esrc=s&source=web&cd=3&cad=rja&uac

t=8&ved=0CCsQFjAC&URL=http%3A%2F%2Fejurnal.untagsmd.ac.id%2Fin

dex.php%2FPD%2Farticle%2Fview%2F730%2F930&ei=HG0dVdveDtfnuQS

TlozYDA&usg=AFQjCNGApSf7z6xk7h34vP28BiBKJYLg&bvm=bv.96952980,

d.c2E.

Diakses tanggal 13 November 2016.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2011. Standar Akuntansi Keuangan. Buku Satu. Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1, Edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Krismiaji dan Anni, Aryani.2011. Akuntansi Manajemen. Unit Penerbitan dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN. Yogyakarta.

Kurba. 2013. Analisis Penetapan Harga Jual Dengan Menggunakan Metode Gross Margin Pricing Pada Koperasi Pegawai Niaga Dinas Perindustrian dan Perdagangan di Samarinda.

Machfoedz, Mas’ud dan Mahmudi. 2008. Akuntansi Manajemen, Edisi 1, Cetakan Kelima, Universitas Terbuka, Jakarta.

Maimun. 2012. Analisis Penetapan Harga Jual Alat Tulis Kantor Dengan Menggunakan Metode Gross Margin Pricing Pada CV Berkat Alif Fath Hamzah di Samarinda.

Mulyadi, A. 2007. Akuntansi Manajemen – Analisis Biaya untuk Pengambilan Keputusan. Bandung : BP Prodi Pendidikan Akuntansi UPI.

Mulyadi. 2009. Akuntansi Biaya. Yogyakarta : UPP – STIM YKPN.

Mursyidi. 2008. Akuntansi Biaya. Bandung : Refika Aditama.

Prawironegoro, Darsono. 2008. Penganggaran Perusahaan: Teknik Mengetahui dan Memahami Penyajian Anggaran Perusahaan Sebagai Pedoman Pelaksanaan dan Pengendalian Aktivitas Bisnis Mitra Wacana Media. Jakarta.

Rudianto.2013, Akuntansi Manajemen, Edisi Ke Enam, Jakarta : Bagian Penerbitan Erlangga.

Simamora, Hendry. 2012. Akuntansi Manajemen. Edisi Ketiga. Cetakan Ketiga. Star Gate Publisher, Riau..

Stanton, William, J. 2012.Prinsip - Prinsip Pemasaran, Jakarta : Penerbit Erlangga.

Sumarni, Murtidan John Soeprihanto. 2010. Pengantar Bisnis ( Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan). Edisi Kelima . Yogyakarta: Liberty.

Wahyuni, Paseru Sri. 2016. Penggunaan Metode Gross Margin Pricing Dalam Menentukan Harga Jual Pelumas Pada CV.Tikil Motor di Samarinda.

Yusditia, Arry. 2012. Penggunaan Metode Gross Margin Pricing Dalam Menentukan Harga Jual Produk Keramik Pada CV Sumber Mitra Utama di Samarinda.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v3i1.1667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com