Pengaruh kompensasi bonus dan hutang terhadap manajemen laba

Nidia Amanta Sari, Dwi Risma Deviyanti, Zaki Fakhroni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompensasi bonus dan hutang terhadap Manajemen Laba. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 789 populasi dan diperoleh sampel akhir sebanyak 99 data tahun perusahaan dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Analisis data dilakukan dengan menguji hipotesis menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompensasi bonus berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba yang berarti hipotesis pertama ditolak. Hutang berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba yang berarti hipotesis kedua diterima.


Keywords


Manajemen laba; kompensasi bonus dan hutang.

Full Text:

PDF

References


Antariksa, Yodhia. (2017). Gaji Manajer dan HRD Manager di Indonesia. http://ilmumanajemensdm.com. Diakses tnggal 02 Mei 2017.

Assignmentexpert, N. (2015). Kasus PT Indofarma, Tbk. https://www.studypool.com/services/93867/kasus-pt-indofarma. Diakses tanggal 25 Oktober 2016.

Baridwan, Zaki. 2008. Intermediate Accounting. Cetakan Kedua. BPFE. Yogyakarta.

David. (2009). Skandal manipulasi laporan keuangan PT Kimia Farma, Tbk. https://davidparsaoran.wordpress.com/2009/11/04/skandal-manipulasi-laporan-keuangan-pt-kimia-farma-tbk/. Diakses tanggal 25 Oktober 2016.

Elfira, Anisa. (2014). Pengaruh Kompensasi Bonus dan Leverage Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi Vol 2 No 2.

Ferdiansyah, Vicky. (2014). Pengaruh Kualitas Audit, Kompensasi Bonus, Struktur Kepemilikan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Tekun Vol. V, No. 02, September 2014.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan program IBM SPSS 23. Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam dan Hengky Latan. 2017. Partial Least Squares Konsep, Metode dan Aplikasi menggunakan Program WarpPLS 5.0. Third Edition. Badan Penerbit universitas Diponegoro. Semarang.

Indrawati, Novita. 2011. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Asimetri Informasi dan Leverage Terhadap Manajemen Laba dan Kualitas Laba. Jurnal Riset dan akuntansi Bisnis, Vol. 11, No. 2.

Ketut, I Gunawan, Nyoman Ari Surya Darmawan dan I Gusti Ayu Purnamawati. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi Program S1 Vol 3 No 1

Madli. (2014). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Return on Assets, Debt to Equity Ratio Terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan property and Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2012. Jurnal Akuntansi

Meta, Annisa. (2011). Analisis Manajemen Laba dan Kinerja Keuangan Perusahaan Pengakuisisi sebelum dan sesudah Merger dan akuisisi yang terdaftardi Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen.

Nugroho, Satria. (2015). Pengaruh Kompensasi Kepemilikan Manajerial, Diversifikasi Perusahaan dan Ukuran KAP Terhadap Manajemen Laba. Skripsi. Semarang: UNDIP.

Prasetyo, Wika Septian. (2011). Pengaruh Corporate Governance, bonus Plans, Debt Covenant dan Firm Size Terhadap Manajemen Laba. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Pujiati, Evi Juliani dan Muhammad Arfan. (2013). Struktur Kepemilikan dan Kompensasi Bonus serta Pengaruhnya Terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2010. Jurnal Telaah dan Riset Akuntansi122-139.

Purwandari, Indri Wahyu. (2011). Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance, Profitabiitas dan Leverage Terhadap Manajemen Laba. Skripsi. Semarang: UNDIP.

Priantinah, D. (2009). Manajemen Laba ditinjau Dari Sudut Pandang Oportunistik dan Efisien Dalam Positive Accounting Theory. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. VII No 1.

Rahmawati, Yacob Suparno dan Nurul Qomariyah. (2006). Pengaruh Asimetri Informasi Terhadap Praktik Manajemen Laba pada Perusahaan Perbankan Publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. SNA IX. Padang.

Rehobot, Tanomi. (2012). Pengaruh Kompensasi Bonus, Perjanjian Hutang dan Pajak Terhadap Manajmen Laba pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi Vol 1, No 3, Mei 2012.

Supono, Mirahandayani. (2010). Pengaruh Motivasi dan Strategi Terhadap Praktik Manajemen Laba di Industri Perbankan Indonesia. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sutrisno. 2012. Manajemen Keuangan : Teori Konsep & Aplikasi. Cetakan Kedelapan.FE UII. Yogyakarta.

Syahid, Abdul. 2009. Tranformasi Data. Artikel.

Vakilifard, Hamidreza and Mahboobe Sadat Mortazavi. 2016. The Impact of Financial Leverage on Accrual-Based and Real Earnings Management. International Journal of Academic Reaserch in Accounting, Finance and Management Sciences, Vol. 6, No. 2: 53-60.

Wijaya, Veronica Abdi dan Yulius Jogi Christiawan. (2014). Pengaruh Kompensasi Bonus, Leverage dan Pajak Terhadap Earning Management pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2013. Jurnal tax & Accounting Review Vol 4, No. 1.

Wisnu, Arwindo. (2013). Analisis Pengaruh Kepemiikan Institusional, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Wardani, Inggrid Indra. (2012). Pengaruh Kompensasi Eksekutif Terhadap Manajemen Laba (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010). Jurnal Akuntansi

www.idx.co.id




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v2i4.1518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com