Pengaruh Perputaran Modal Kerja Dan Likuiditas Serta Solvabilitas Terhadap Profitabilitas Pada Koperasi Satuan Brimob Polda Kalimantan Timur

Saoloan Situmorang, Set Asmapane

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh perputaran modal kerja terhadap profitabilitas pada Koperasi Satuan Brimob Polda Kalimantan Timur, menguji pengaruh likuiditas terhadap profitabilitas pada Koperasi Satuan Brimob Polda Kalimantan Timur dan menguji pengaruh solvabilitas terhadap profitabilitas pada Koperasi Satuan Brimob Polda Kalimantan Timur. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif. Jenis penelitian menggunakan data sekunder. Untuk sumber data sekunder data yang dipublikasikan Satuan Brimob Polda Kalimantan Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perputaran modal kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas pada Koperasi Satuan Brimob Polda Kalimantan Timur. Likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas pada Koperasi Satuan Brimob Polda Kalimantan Timur,. Solvabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas pada Koperasi Satuan Brimob Polda Kalimantan Timur.

 


Keywords


Kata Kunci : Perputaran Modal Kerja, Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agus dan Nasir. 2016. Penerapan Rasio Keuangan Sebagai Alat Ukur Kinerja Keuangan. Jurnal. Fakultas Ekonomi. Universitas Muhammadiyah. Surakarta.

Andawina, Tefi. 2013. Pengaruh Rasio Likuiditas dan Solvabilitas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Plastik dan Kemasan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. USU. Medan.

Brigham, Eugene F dan Housten. 2011. Intermediete Financial Management. Eight Edition. Thomson. South Western.

Gitosudarmo dan Basri. 2018. Manajemen Keuangan. BPFE. Yogyakarta.

Hanafi, Mamduh M. dan Abdul Halim. 2017, Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta : UPP AMP YKPN.

Horne, Van James C dan John M. Wachoviz. 2015. Fundamentals Of Financial. Fifth Edition. Mc Grow-Hill Irwin.

Irawati. 2018. Alat-Alat Analisis Pembelanjaan. Andi Offset. Yogyakarta.

Jumingan. 2017. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kartini, Rezky Anwar. 2016. Analisis Kinerja Keuangan. Jurnal. Fakultas Ekonomi. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Kasmir. 2018. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Lestari, Maharani Ika dan Toto Sugiharto. 2017. Kinerja Bank Devisa dan Bank non Devisa dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya (Jurnal Penelitian PESAT: Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitek dan Sipil).Kampus Gunadarma Vol. 2.

Munawir, S. 2017. Analisa Laporan Keuangan Perusahaan, Edisi Keempat. Liberty, Yogyakarta.

Nitisemito, Alex. S. 2015. Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manusia). Edisi Kelima. Cetakan Keempat Belas. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Noor, Aris Setia. 2012. Analisis Pengaruh Efesiensi Modal Kerja, Likuiditas, dan Solvabilitas Terhadap Profitabilitas Pada Industri Barang Konsumsi Di BEI. Jurnal. USU. Medan.

Nugroho, Elfianto. 2020. Analisis Pengaruh Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan, Perputaran Modal Kerja, Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Skripsi. USU. Medan.

Rahma, Aulia. 2021. Analisis Pengaruh Manajemen Modal Kerja, Likuiditas dan Laverage Terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur PMA dan PMDN Yang Terdaftar Di BEI periode 2004-2008. Skripsi. UNDIP. Semarang.

Riyanto, Bambang. 2016. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan, Cetakan Keempat. BPFE Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Ronny, M. 2015. Analisis Laporan Keuangan. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Sandhieko, Hendri Harryo. 2019. Analisis Rasio Likuiditas dan Leverage Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Widyatama. Bandung.

Soemarso. 2014. Analisis Rasio Aktivitas Dan Profitabilitas. PT Sermani Stell. Makassar.

Sundjaja. 2013. Manajemen Keuangan 2. Edisi Keempat. Literata Lintas Media. Parahyangan. Yogyakarta.

Sutrisno, 2018. Manajemen Keuangan Teori, Konsep, dan Aplikasi. Edisi Pertama. Cetakan Ketujuh. Ekonisia. Yogyakarta.

Syam, Azlan. 2013. Analisis Pengaruh Likuiditas dan Solvabilitas Terhadap Profitabilitas Perusahaan Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Syamsuddin, Lukman. 2013. Manajemen Keuangan Perusahaan. Edisi Baru. Cetakan Kelima. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Telasih, Nur Harsi. 2014. Pengaruh Efisiensi Modal Kerja dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Yuliati, Ni Wayan. 2013. Pengaruh Kebijakan Modal Kerja, Likuiditas dan Solvabilitas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Hotel dan Restoran Di BEI. Tesis. USU. Medan.




DOI: https://doi.org/10.30872/jiam.v8i3.13782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com