Pengaruh current ratio (CR) total asset turn over (TATO) dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas (ROA) perusahaan manufaktur pada sektor industri barang dan konsumsi yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2014-2018

Olija Sinaga Sinaga, Jamaluddin Jamaluddin, Sri Devi Simarmata, Pusva W. Sitinjak, Lilis Simanjuntak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Current Ratio (CR), Total Asset Turn Over (TATO), dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas perusahaan. Dalam penelitian ini rasio profitabilitas yang digunakan adalah Return On Asset (ROA). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang tergabung dalam sektor industri barang dan konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang berjumlah 56 perusahaan. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling Method, sehingga sampel yang didapat adalah 90 data dari perusahaan manufaktur sektor industri barang dan konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan pengujian asumsi klasik yang diuji menggunakan program IMB Statistical Paskagerfor Social Science (SPSS), versi 20 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Current Ratio (CR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Secara parsial Total Asset Turn Over (TATO) dan Ukuran Perusahaan berpengaruh negatif dan tidak  signifikan terhadap Profitabilitas perusahaan.


Keywords


Current ratio (CR); total asset turn over (TATO); ukuran perusahaan; profitabilitas (ROA)

References


Ahmad Rodoni. (2014). Manajemen Keuangan Modern. Jakarta Mitrawacana Media.

Fahmi, I. (2014). Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariente Dengan Program SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hantono, H., Guci, S. T., Manalu, E. M. B., Hondro, N. A., Manihuruk, C. C., Perangin- Angin, M. B., & Sinaga, D. C. (2019). Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan, Current Ratio, dan Debt to Equity Ratio, Total Assets Turn Over terhadap Profitabilitas. Owner. https://doi.org/10.33395/owner.v3i1.110

Hery. (2015). Analisis Kinerja Manajemen. In PT Gramedia Widiasarana Indonesia. https://doi.org/10.1016/j.biomaterials.2014.05.078

Hery. (2017). Kajian Riset Akuntansi. In Kajian Riset Akuntansi.

Indriyani, I., Panjaitan, F., & Yenfi. (2017). Analisis Pengaruh Current Ratio Dan Total Asset Turnover Terhadap Return On Asset (Studi Kasus Pada PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Pangkalbalam). Abstract-To Assess the Condition and Financial Performance of a Company, Requires a Certain Measure in the Evaluation of Financial Performance. Commonly Used Sizes Are Financial Ratios. With Financial Ratios, an Information Can Be Generated about the Fina.

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta Rajawali Pers.

Meidiyustiani, R. (2016). Pengaruh Modal Kerja, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan.

Mia Lasmi Wardiyah. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Nisa dan Astrid. (2018). Pengaruh Working Capital, Recevable Turn Over, Inventory Turn Over dan Total Asset Turn Over Terhadap Profitabilitas Perusahaan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Bisnis Dan Keuangan, 7(1), 37.

P.D, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiarto. (2009). Struktur Modal, Struktur Kepemilikan Perusahaan, Permasalahan Keagenan dan Informasi Asimetri. In Graha Ilmu, Yogyakarta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Supardi, H., & Suratno, H. (2016). Pengaruh Current Ratio , Debt To Asset Ratio , Total Asset Turnover Dan Inflasi TERHADAP Return On Asset. Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi.

Wela dan Ida. (2015). Pengaruh Leverage, Pertumbuhan Penjualan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas. E-Jurnal Manajemen, 4(7), 2061.




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v16i2.7952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Olija Sinaga Sinaga, Jamaluddin Jamaluddin, Sri Devi Simarmata, Pusva W. Sitinjak, Lilis Simanjuntak


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen