Pengaruh karakteristik dewan komisaris dan kualitas audit terhadap konservatisme akuntansi

Dudi Pratomo, Vivi Havivah

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan memperoleh data empiris mengenai pengaruh karakteristik dewan komisaris yang di dalamnya terdapat variabel proporsi komisaris independen, kepemilikan saham oleh komisaris yang terafiliasi, dan ukuran dewan komisaris serta variabel kualitas audit terhadap konservatisme akuntansi. Perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2016-2018 ialah populasi dalam penelitian yang menggunakan teknik purposive sampling ini. Maka dari itu, diperoleh 30 perusahaan dengan waktu 3 tahun dan didapat 90 sampel data untuk diobservasi. Regresi data panel menggunakan software Eviews10 merupakan model analisis data dalam penelitian ini. Hasil yang ditunjukkan dalam penelitian adalah karakteristik dewan komisaris dan kualitas audit berpengaruh secara simultan terhadap konservatisme akuntansi. Secara parsial, variabel proporsi komisaris independen dan ukuran dewan komisaris berpengaruh positif signifikan terhadap konservatisme akuntansi. Sedangkan kepemilikan saham oleh komisaris yang terafiliasi dan kualitas audit memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap konservatisme akuntansi.


Keywords


Dewan komisaris; proporsi komisaris independen; kualitas audit; konservatisme akuntansi

References


Agus Tri Basuki dan Prawoto, Nano. (2017). Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis: Dilengkapi Aplikasi SPSS & EVIEWS. PT Rajagrafindo Persada, Depok.

Adhriatik, Nenny dan Ismangil. (2019). Analisis Faktor-Faktor Good Corporate Governance terhadap Konservatisme Akuntansi. Vol. 01 No. 1. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

Ahmed, A.S. dan Duellman, S. (2007). Accounting Conservatism and Board of Director Characteristics: An Empirical Analysis. Journal of Accounting and Economics.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Irawati, Linda dan Iwan Fakhruddin. (2016). Pengaruh Dan Kualitas Audit Corporate Governance Terhadap Integritas Laporan Keuangan.Kompartemen, Vol. XIV No.1.Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Limantauw, Shirly. (2012). Pengaruh Karakteristik Dewan Komisaris Sebagai Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Tingkat Konservatisme Akuntansi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi. Vol. 1, No. 1.

Padmawati, Ika Ria., dan Fachrurrozie. (2015). Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance dan Kualitas Audit Terhadap Tingkat Konservatisme Akuntansi. Accounting Analysis Jurnal 4, (1), ISSN 2252-6765

Putra, Wayan., Widanaputra, AA. GP., & Wisadha, Gede Suprata. (2015). Tingkat Konservatisme Akuntansi: Kajian Dewan Komisaris, Modal Manajerial, Dan Komite Audit Dalam MMekanisme Good Corporate Governance. E- Jurnal Akuntansi Univeritas Udayana, XII(1), 93-110.

Savitri, Enni. (2016). Konservatisme Akuntansi Cara Pengukuran, Tinjauan Empiris dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Pustaka Sahila Yogyakarta.

Tussiana, Anisa Ayu, dan Lastanti, Hexana Sri. (2016). Pengaruh Independensi, Kualitas Audit, Spesialisasi Industri Auditor dan Corporate Governance terhadap Integritas Laporan Keuangan. Media Riset Akuntansi, Auditing dan Informasi. Vol. 10 No. 1 April 2016.

Watkins, A.L. et al. (2004). Audit Quality: A synthesis of Theory and Empirical Evidence. Journal of Accounting Literature. 23 (153-193).

Watts R.L. (2003). Conservatism in Accounting Part I: Explanations and Implications. Working Paper. University of Rochester.




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v17i2.7924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dudi Pratomo, Vivi Havivah


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen