Pengaruh promotion, store atmosphere, dan service quality terhadap customer satisfaction dimediasi oleh purchase decision

Esra Yuningsih L. Purba Siboro, Raden Teja Yokanan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan seperti promosi, suasana toko, dan kualitas pelayanan melalui keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang berfokus pada pelanggan Lotte Grosir Yogyakarta, dengan jumlah sebanyak 152 responden. Teknik sampel menggunakan purposive sampling, karena alasannya dengan menggunakan teknik ini peneliti dapat menentukan kriteria-kriteria tertentu yang ditetapkan. Kriteria yang dimaksudkan adalah: (a) Pelanggan yang telah berusia diatas 17 tahun (b) Pelanggan yang telah melakukan transaksi lebih dari 1 kali. Hasil penelitian menggunakan smartpls menunjukkan bukti bahwa promosi, tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, suasana toko tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, kualitas pelayanan berpengaruh positif secara signifikan terhadap keputusan pembelian, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, suasana toko tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, keputusan pembelian tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, promosi tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan melalui keputusan pembelian, suasana toko tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan melalui keputusan pembelian, kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan  melalui keputusan pembelian.


Keywords


Promosi; suasana toko; kualitas pelayanan; keputusan pembelian; kepuasan pelanggan

References


Arfah, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk. PT Inovasi Pratama Internasional. Padang Sidimpuan.

Berman dan Evans. (2018). Retail Management: A Strategic Approach. Pearson. United Kingdom.

Fadhilah, M., Cahya, A., D., M.Jurais Ardiansyah (2022). Jurnal Ekonomi dan Bisnis. ISSN. 2615-7039, Volume 5, Nomor 2.

Garson, G.D., (2016). Partial Least Squares: Regresion & Structural Equation Model. USA.

Ghozali, H.I., (2015). Partial Least Squares: Konsep, Teknik, dan Aplikasi menggunakan Program smartPLS 3.0. Badan Penerbit Undip, Semarang.

Hair,Jr., F.F., et.al., (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R. Springer. Switzerland.

Kotler dan Keller, (2016). Marketing Management global edition, Pearson, England.

Kotler dan Keller, (2021). Intisari Manajemen Pemasaran, Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Kotler, et al., (2022). Marketing Management, Pearson, United Kingdom.

Kotler, P., dan Amstrong, G., (2016). Principles of Marketing. Pearson. United States of America.

Mursid, M., (2017). Manajemen Pemasaran. Bumi Aksara. Jakarta.

Purwanto, E.A., dan Sulistyastuti, D.R., (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Gava Media. Yogyakarta.

Sekaran & Bougie. (2016). Research Methods and Business: A Skill Building Approach, John Wiley and Sons Ltd., United Kingdom.

Sitorus, O.F., dan Utami, N., (2017). Strategi Promosi Pemasaran. FKIP UHAMKA. Jakarta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet. Bandung.

Tersiana, A., (2022). Metode Penelitian: Dengan Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Anak Hebat Indonesia. Yogyakarta.

Tjiptono. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan, ANDI, Yogyakarta. Indrasari, M., 2019, Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan, Unitomo Press, Surabaya.

Winarno, W.W., 2022, Menulis Karya Tulis Ilmiah dengan Komputer, UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Wirtz, J., dan Lovelock, C., 2018, Essentials of Services Marketing, Penerbit Pearson, England.




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v19i1.12833

Refbacks



Copyright (c) 2023 Esra Yuningsih L, Purba Siboro, Raden Teja Yokanan


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen