Pengaruh citra merek, harga, kualitas produk dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian

Septiana Nur Hidayati, Erny Rachmawati, Tri Septin Muji R, Alfato Yusnar Kharismasyah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh citra merek, harga, kualitas produk, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian Tupperware di Kota Cilacap. Sampel pada penelitian sebanyak 125 responden yang merupakan pembeli produk Tupperware, dipilih berdasarkan purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji instrumen, statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan citra merek, harga, kualitas produk dan gaya hidup berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial citra merek, kualitas produk dan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial harga berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.


Keywords


Citra merek; gaya hidup; harga; keputusan pembelian; kualitas produk

References


Ardhianti, M. P., Hermawan, M. A., & Suryawan, R. F. (2022). Pengaruh Gaya Hidup dan KualitasPelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pengiriman Jne Express Cabang Bekasi Tahun 2021. Jurnal Transportasi, Logistik, dan Aviasi, 1(2), 157-163.

Eltonia, N., & Hayuningtias, K. A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan (AMDK) Merek Le Minerale 600ml di Kota Semarang. Jurnal Mirai Management, 7(1), 250-256.

Fatimah, H. N., & Nurtantiono, A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Pengguna Aplikasi Shopee). Jurnal Sinar Manajemen, 9(1), 106-113.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang : Badan penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Keller. (2021). Intisari Manajemen Pemasaran Edisi Keenam. Yogyakarta : ANDI.

Liyono, A. (2022). Pengaruh Brand Image, Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum Galon Crystalline Pada PT. Pancaran Kasih Abadi. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 3(1), 73-91.

Maritha, R. F., Ningsih, P. R., Anindyastri, R., Apriani, D. D., & Mangifera, L. (2021). Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi Kasus Pembelian Produk Capa Oil). JEBS: Jurnal Ekonomika Dan Bisnis, 1(1), 44-53.

Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara: Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71-83.

Mutadun, S., & Tjahjaningsih, E. (2022). Pengaruh Brand Ambasador Celebrity, Gaya Hidup dan Kepercayaan terhadap Proses Keputusan Pembelian (Studi Kasus Market Place Shopee). Economics and Digital Business Review, 3(2), 123-130.

Najoan, P. R. F., Ogi, I. W. J., & Rogi, M. H. (2022). Analisis Pengaruh Produk, Harga dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung di Kalangan Mahasiswa Angkatan 2017 Jurusan Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSRAT Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1).

Pradana, R. A. C. A. C., & Purwanto, H. (2022, October). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Empiris Pada EIGER Cabang Kota Madiun). In SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (Vol. 4).

Salsabila, A., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan (Studi Pada Pelanggan Mie Gacoan di Kota Semarang). SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 156-167.

Sari, I. P., & Gunaningrat, R. (2022). Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone OPPO. Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi (BISMAK), 2(1), 12-18.

Sari, R. Y., & Elsandra, Y. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kemudahan, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Market Place. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmiah Sosial Budaya, 1(1), 106-117.

Soleha, S., Suhartati, L., Martis, A., & Sugiyanto, S. (2022). Pengaruh Harga Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Tahu Pada Konsumen Pabrik Tahu Soleha, Gunung Sindur, Bogor. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(2).

Suharto, dkk. (2022). Metode Penelitian dan Statistika Dasar. Bandung : Media

Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan : Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Tasia, A. A., Sulistyandari, S., & Kinasih, D. D. (2022). Pengaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah di Pekanbaru. ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal, 2(1), 74-85.

Thania, G. S. K., & Anggarini, Y. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Online Festival, dan Beauty Influencer terhadap Keputusan Pembelian Produk di Masa Pandemi Covid-19. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 275.

Tingga, dkk. (2022). Manajemen Merek. Bandung : Media Sains Indonesia.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Wolff, M., Tumbuan, W. J. A., & Lintong, D. C. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Merek Iphone Pada Kaum Perempuan Milenial di Kecamatan Tahuna. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1).




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v19i1.12679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Septiana Nur Hidayati, Erny Rachmawati, Tri Septin Muji R, Alfato Yusnar Kharismasyah


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen