Pengaruh rekrutmen dan career path terhadap coorporate performance dengan kinerja karyawan sebagai variabel intervening pada perusahaan multinasional

Netty Laura. S

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Rekrutmen (X1), Career Path (X2) terhadap Corporate Performance (Z) dengan Kinerja karyawan (Y) sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT.NetApp Indonsia yang berlokasi di Sentra Senayan II Jakarta. Sampel yang diambil adalah seluruh pekerja profesional di PT.NetApp. Alat Analisa data yang digunakan adalah menggunakan Partial Least Square (PLS). Berdasarkan uji statistik diperoleh hasil bahwa variable rekrutmen (X1) berpengaruh signifikan terhadap Corporate Performance (Y), variable Career Path (X2) tidak signifikan terhadap variable Corporate Performance (Y). Variabel rekrutmen (X1) memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Z). Untuk variable career path (X2) memiliki hasil yang tidak signifikan terhadap kinerja karyawan (Z). Variabel kinerja karyawan (Z) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Corporate Performance (Y). Sedangkan untuk variable Rekrutmen (X1) terhadap Corporate Performance (Y) yang yang di mediasi oleh variable Kinerja Karyawan (Z) memiliki hasil yang signifikan. Dan untuk variabel career path terhadap corporate performance yang dimediasi oleh kinerja karyawan tidak berpengaruh signifikan.


Keywords


Rekrutmen; career path; corporate performance; kinerja karyawan

References


Abdillah., W dan Jogiyanto. 2009. Partial Least Square (PLS) Alternatif SEM Dalam Penelitian Bisnis . Penerbit Andi: Yogyakarta. Hal 262.

Ekwoaba, Joy O., Ugochukwu U.Ikeije, dan Ndubuisi Ufoma. 2015. The Impact of Recruitment and Selection Criteria on Organizational Performance. European Centre for Research Training and Development UK, Vol. 3, No. 2: 22-33.

Eliana Sari dan Joni Sinulingga, 2011, Pengaruh Pengembangan Karir dan Kompensasi Terhadap Motivasi Karyawan PT. Yoeng Shin Indonesia – Bekasi, Jurnal Ilmiah Penelitian Manjemen Manajerial Vol.9, No.1

Edwin B. Flippo, 2009. Manajemen Personalia, Jilid I, Jakarta: Penerbit Erlangga

Fadhilah, R. (2014). Pengaruh good corporate governance terhadap tax avoidance (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI 2009- 2011). Jurnal Ekonomi Sumatera Barat. Universitas Negeri Padang, Padang.

Ghozali, Imam. 2008. Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Semarang : Universitas Diponegoro.

Handoko, T. Hani, 2009 “Manajemen Sumber Daya Manusaiaâ€, Cetakan IX Jilid I BPFE UGM, Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu. 2008. Manajemen Dasar, Pengertian, Dan Masalah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Intan, Leonardo , dan Andi . 2016 . Pengaruh Sistem Kerja Kontrak, Kompensasi , dan Career Path Terhadap Corporate Performance dengan Kinerja Karyawan Sebagai Variabel Intervening . Journal of Management Vol.2 No.2 . Universitas Pandanaran Semarang .

Mangkunegara, Prabu, Anwar. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaan Cetakan Pertama, Penerbit PT. Remaja Rsodakarya. Bandung

Mangkuprawira, S., dan A.V. Hubeis. 2007. Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia.Ghalia Indonesia, Bogor.

Mathis.L.Robert dan Jackson.H.John. 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Buku kedua

Mathis, R.L. and Jackson J.H. 2008. Human resource management, 12th ed. Mason, Ohio: Thomson South Western.

Mathis, Robert L. dan John H. Jackson. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama Salemba Empat, Jakarta

Paputungan, Faradistia. Motivasi, Jenjang Karir dan Disiplin Kerja Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT.Bank Sulut Cabang Calaca.ISSN 2303-1174. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen. Universitas Sam Ratulangi.Manado.

Sulthomi,Ali.Pengaruh Motivasi, Jenjang Karir,Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kompensasi Variabel Intervening. Jurnal Riset Manajemen Vol.5 Nomor.4 Tahun 2016. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia ( Surabaya) .

Srimindarti, Ceacilia. 2004. Balance Scorecard Sebagai Alernatif untuk mengukur Kinerja Sebagai Alternatif untuk Mengukur Kinerja. Fokus Ekonomi. Vol. 3, No. 1, April.

Simamora, Henry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/download/516/502

http://eprints.ums.ac.id/view/subjects/HB.type.html

http://ejournal.iainkendari.ac.id/zawiyah/article/download/1002/846




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v22i2.6237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Netty Laura. S


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi