Transformational leadership impact on employee creativity: the mediating effect of creative self-efficacy and moderating effect of proactive personality

Anisa Hasna Nur Ajijah, Bambang Somantri, Mia Agustina Puspasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kreativitas karyawan di industri kreatif Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia. Selain itu, penelitian ini juga cenderung mengkaji bagaimana pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kreativitas karyawan yang dimediasi oleh creative self-efficacy, dan peran kepribadian proaktif sebagai moderator dalam hubungan antara creative self-efficacy dengan kreativitas karyawan. Metodologi survei kuantitatif digunakan untuk pengumpulan data, dan 55 kuesioner telah diedarkan kepada karyawan yang bekerja di industri kreatif Sukabumi. Kebanyakan berasal dari industri fotografi, kuliner, fashion, dan musik. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi hirarki SPSS 26. Hasil menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional memiliki dampak positif pada kreativitas karyawan. Selain itu, efikasi diri kreatif memediasi hubungan antara kepemimpinan transformasional dan kreativitas karyawan, serta kepribadian proaktif berperan sebagai moderator dalam hubungan antara efikasi diri kreatif dan kreativitas karyawan. Studi ini menyajikan implikasi teoretis dan manajerial yang dapat digunakan sebagai argumen tentang konsekuensi kepemimpinan transformasional, self-efficacy kreatif, kepribadian proaktif terhadap kreativitas karyawan industri kreatif di Sukabumi. Seorang pemimpin perlu mengadopsi gaya kepemimpinan transformasional karena dapat mengembangkan dan meningkatkan kreativitas karyawan. Pemimpin transformasional juga dapat bertindak sebagai panutan yang kreatif, dengan memberi contoh dan mendorong karyawannya untuk menjadi lebih kreatif. Studi ini menambahkan secara komprehensif literatur tentang hubungan antara kepemimpinan transformasional, self-efficacy kreatif, dan kepribadian proaktif terhadap kreativitas karyawan. Penelitian ini merupakan yang pertama di Sukabumi.


Keywords


Kepemimpinan transformasional; efikasi diri kreatif; kreativitas karyawan; kepribadian proaktif; industri kreatif

Full Text:

PDF

References


Bateman, T. S., & Crant, J. M. (1993). The proactive component of organizational behavior. Journal of Organizational Behavior, 14(2), 103–118.

Çekmecelioğlu, H. G., & Özbağ, G. K. (2016). Leadership and Creativity: The Impact of Transformational Leadership on Individual Creativity. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 235(October), 243–249. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.11.020

Cheung, M. F. Y., & Wong, C. S. (2011). Transformational leadership, leader support, and employee creativity. Leadership & Organization Development Journal, 32(7), 656–672. https://doi.org/10.1108/01437731111169988

Huang, L., Krasikova, D. V., & Liu, D. (2016). I can do it, so can you: The role of leader creative self-efficacy in facilitating follower creativity. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 132, 49–62. https://doi.org/10.1016/j.obhdp.2015.12.002

Karwowski, M. (2011a). It Doesn’t Hurt to Ask... But Sometimes It Hurts to Believe: Polish Students’ Creative Self-Efficacy and Its Predictors. Psychology of Aesthetics, Creativity, and the Arts, 5(2), 154–164. https://doi.org/10.1037/a0021427

Karwowski, M. (2011b). Short Scale of Creative Self. 2011. https://osf.io/j72w5/

Koh, D., Lee, K., & Joshi, K. (2019). Transformational leadership and creativity: A meta-analytic review and identification of an integrated model. Journal of Organizational Behavior, 40(6), 625–650. https://doi.org/10.1002/job.2355

Madjar, N., Oldham, G. R., & Pratt, M. G. (2002). MAdjar et al - contributions of work and non work creative support - AMJ (2002). Academy of Management Journal, 45(4), 757–768.

Maria, A. D., Yulianto, H., Palupiningtyas, D., & Usodo, H. (2022). Relationship between transformational leadership, proactive personality, creative self-efficacy and employee creativity at food processing SMEs in Indonesia. Evidence-Based HRM, 10(3), 257–274. https://doi.org/10.1108/EBHRM-03-2021-0033

Rafferty, A. E., & Griffin, M. A. (2004). Dimensions of transformational leadership: Conceptual and empirical extensions. Leadership Quarterly, 15(3), 329–354. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2004.02.009

Shin, S. J., & Zhou, J. (2003). Transformational Leadership, Conservation, and Creativity: Evidence From Korea. Academy of Management Journal, 46(6), 703–714. https://doi.org/10.5465/30040662

Wang, P., & Zhu, W. (2011). Mediating role of creative identity in the influence of Transformational Leadership on creativity: Is there a Multilevel effect? Journal of Leadership and Organizational Studies, 18(1), 25–39. https://doi.org/10.1177/1548051810368549




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v25i1.12337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Anisa Hasna Nur Ajijah, Bambang Somantri, Mia Agustina Puspasari


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi