Meningkatkan keputusan pembelian melalui kemudahan penggunaan, kepercayaan dan reputasi pada e-commerce

Muinah Fadhilah, Putri Dwi Cahyani, Rohmah Pujiyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kemudahan penggunaan, kepercayaan dan reputasi terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi shopee di Indonesia, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Uji instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabelitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji asusmsi klasik, uji normalitas, uji multikolineritas, uji heteroskedasitas. Uji analisis yang digunakan yaitu regresi linear, uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t dan uji F. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kemudahan penggunaan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee, 2) kepercayaan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee. 3) reputasi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee, 4) Kemudahan Penggunaan, kepercayaan dan reputasi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee.


Keywords


Kemudahan penggunan; kepercayaan; reputasi; keputusan peembelian

References


Aisyah, D. dan Engriani, Y. (2019) “Pengaruh Reputasi, Kualitas Informasi, dan e-WOM terhadap Minat Beli pada Situs Jual Beli Online Tokopedia yang Dimediasi oleh Kepercayaan Pelanggan,” Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha, 1(4), hal. 48–59. doi: 10.24036/jkmw0278990.

Ayuningtiyas, K. dan Gunawan, Hendra, SE., M. S. (2018) “PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DARING DI APLIKASI BUKALAPAK PADA MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI BATAM,” 2(1), hal. 152–165.

Bilondatu, M. R. (2013) “MOTIVASI, PERSEPSI, DAN KEPERCAYAAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA SEPEDA MOTOR YAMAHA DI MINAHASA,” 1(3), hal. 710–720.

Herwin, H. dan Abadi, F. (2020) “Ppengaruh Reputasi Perusahaan dan Reputasi Vendor terhadap keputusan pembelian secara Online,” 2020. doi: 10.36226/jrmb.v3i3.161.

Jauhari, I. (2020) “PENGARUH GAYA HIDUP, PERSEPSI RESIKO, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA SHOPEE INTERNATIONAL INDONESIA,” 14, hal. 11–21.

Kamila, H. N. dan Usman, O. (2021) Effect of Promotion, Ease of Use & Consumer Confidence on Online Purchasing Decisions at Shopee. papers.ssrn.com. Tersedia pada: https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3768103.

Kotler, P. dan Keller, K. L. (2016) Marketing Management. 15th Editi. New Jersey: Pearson Education Limited.

Leksono, P. dan Djamil, M. (2020) “" Analysis of Effect Perceived of Risk and Perceived of Reputation on Purchase Decision on Cosmetics Online Shoping,” Indikator Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 4(1), hal. 1–9. Tersedia pada: https://publikasi.mercubuana.ac.id/files/journals/35/articles/6368/supp/6368-12476-1-SP.pdf.

Maarif, N. (2020) Shopee Jadi E-Commerce Terpopuler di Indonesia, Detik.com. Tersedia pada: https://inet.detil.com/cyberlife/d-4943363/shopee-jadi-e-commerce-terpopuler-di-indonesia (Diakses: 16 Juni 2021).

Romla, S. dan Ratnawati, A. (2018) “KEPUTUSAN PEMBELIAN E-COMMERCE MELALUI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KUALITAS INFORMASI DAN KUALITAS INTERAKSI LAYANAN WEB,” hal. 59–70.

Ropal Tores, U. O. (2020) “Pengaruh Kepercayaan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Media Sosial Instragram Pada Mahasiswa Stie Rahmaniyah,” Jurnal Manajemen Kompeten, 2(2), hal. 52–65. doi: 10.51877/mnjm.v2i2.119.

Salsabila, H. Z., Susanto dan Hutami, L. T. H. (2021) “Pengaruh Persepsi Risiko, Manfaat, Dan Kemudahan Penggunaan,” Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(1), hal. 75–84. doi: 10.37641/jimkes.v9i1.442.

Selviana, Y. dan Istiyanto, B. (2021) “PENGARUH VARIABEL REPUTASI, KEAMANAN, DAN KEMUDAHAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MASYARAKAT SOLO DI SHOPEE,” 2(November), hal. 63–73.

Sivertzen, Nilsen dan Olafsen (2013) “Employer branding: employer attractiveness and the use of social media,” Business Process Management Journal. Tersedia pada: https://www-semanticscholar-org.translate.goog/paper/Employer-branding:-employer-attractiveness-and-the-Sivertzen-Nilsen/5a9c4470bf501e0fb486129ad4e759090c338e52?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=op,sc.

Solihin, D. (2020) “Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening,” 4(1), hal. 26–37.

Sugiharto, N. A. dan Nurhayati, N. (2021) “Pengaruh Reputasi Dan Online Customer Review Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen ( Survey Pengunjung Tokopedia ),” Jurnal Bisnis dan Pemasaran, 11(2), hal. 1–13.

Suleman, D., Zuniarti, I. dan Sabil (2019) “Consumer Decisions toward Fashion Product Shopping in Indonesia: The effects of Attitude, Perception of Ease of Use, Usefulness, and Trust,” Management Dynamics in the Knowledge Economy. Tersedia pada: https://www.ceeol.com/search/article-detail?id=943868.

Tri, A. et al. (2018) “PENGARUH REPUTASI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA PRODUK KOSMETIK DI INSTAGRAM,” 7(1).

Yuniarty, Y. dan Abbas, B. S. (2018) “Faktor-Faktor Penentu Keputusan Pembelian Melalui E-Commerce Pad Pt. Gre,” Jurnal Manajemen Indonesia, 18(2), hal. 144. doi: 10.25124/jmi.v18i2.1150.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v25i1.12332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Muinah Fadhilah, Putri Dwi Cahyani, Rohmah Pujiyani


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi