Pengaruh biaya promosi terhadap penjualan

Ilyas Indra, Willda Ananta Agest Pratiwi, Yudithia Dian Putra

Abstract


Pengadaan riset ini dimaksudkan guna mengetahui dan memahami apakah ada pengaruh biaya promosi terhadap penjualan pada CV. Istar Suip. Penelitian ini menggunakan metode survei dimana termasuk kedalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer sebagai sumber data yang berupa nominal angka yang didapatkan langsung dari dokumen perusahaan.Hal ini guna memperoleh data yang relevan dan akurat. Data yang diteliti adalah biaya promosi dan penjualan selama tiga tahun yakni rentang tahun 2019 sampai dengan tahun 2021 dan data yang diperoleh dari tersebut diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 22. Teknik penganalisisan dengan analisis uji regresi linier sederhana. Hasil dari uji regresi linier sederhana menjelaskan bahwa pengaruh biaya promosi (X) terhadap penjualan (Y) pada CV. Istar Suip tidak signifikan karena nilai signifikansinya 0,473 > 0,05. Pengaruh biaya promosi terhadap penjualan adalah 54,2% yang berarti ditemukannya pengaruh dari biaya promosi terhadap penjualan dan tersisa 45,8% terpengaruh oleh variabel atau faktor lain yang tidak termasuk dalam riset ini.


Keywords


Biaya promosi; penjualan

References


Mulyati, Y., Afrinata, M. 2018. Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Destinasi Wisata Pantai Carocok Painan Kabupaten Pesisir Selatan (Sudi Kasus Pada Wisatawan Domestik). Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 6(2), 191-200.

Salam, A. M. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk, Brand Image, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mesin Parut di CV. Seneng Bareng Sejahtera. Jurnal Manajerial.

Rahayu, A. S. 2018. Pengaruh Biaya Iklan Dan Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Mobil Avanza Pada PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin di Kota Makassar. Jurnal Eprints.

Fauzi. Wulandari. Aprilia, S. 2015. Sistem informasi penjualan produk berbasis web pada chanel distri pringsewu. Jurnal TAM, vol 4.

Insan, I. A. 2019. Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Nilai Penjualan Pada PT. Prima Karya Manunggal Pangkajene dan Kepulauan. Jurnal CORE.

Ikmal, N. M., Noor, M. 2021. Kebijakan Pemerintah Indonesia Dalam Penanganan Covid0-19. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, (Vol. 19, No. 2, pp. 155 – 166).

Masruroh, D., Widodo, J., Zulianto M. 2019. Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Motor Pada Sentral Yamaha Jember Tahun 2016-2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(2)




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v24i4.11704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Ilyas Indra, Willda Ananta Agest Pratiwi, Yudithia Dian Putra


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi