Implementasi dan efektivitas manajemen kualitas pada umkm olahan laut kota Tarakan

Ahmatang Ahmatang, Nur Mutmainna Hasanuddin, Erick Karunia

Abstract


Penelitian ini Bertujuan Untuk Memetakan Implementasi Dan Efektivitas Manajemen Kualitas Pada Olahan Hasil Laut Buatan UMKM Di Tarakan Dengan Menggunakan Model Implementatiton- Effectiveness. Penelitian ini menggunakan Penelitian Deskriptif-Kuantitatif. Observasi Langsung Dan Wawancara Dilakukan dengan Menggunakan Pedoman Kuesioner Terhadap Hasil Laut Olahan Buatan UMKM Di Tarakan Untuk Mendapatkan Informasi Langsung Tentang Tahap Manajemen Mutu Di UMKM, Khususnya yang Berkaitan dengan Hasil Laut Olahan. Populasi Penelitian Adalah 10 UMKM Binaan STP (Science Techno Park). Sedangkan Sampel Penelitian adalah 5 UMKM binaan STP Dengan Daftar Sebagai Berikut : Kembang Turi, LiZy, Amplang Meli, Otaka, dan Azzahra. Penelitian Disimpulkan Sebagai Berikut. UMKM Otaka, Azzahra dan Amplang Meli Memiliki Implementasi dan Efektivitas Pada Tingkat Di Atas Rata-Rata, Tergolong Daerah Sesuai Harapan. UMKM Kembang Turi dan liZy Memiliki Implementasi dan Efektivitas Di Bawah Rata-Rata, Diklasifikasikan Menjadi Area yang Akan Dianalisa.


Keywords


Implementasi; efektivitas; manajemen mutu; UMKM

References


Bremanti, L., Hubeis, M., & Palupi, N. S. (2018). Kajian Tingkat Penerapan Manajemen Mutu pada UMKM Pengolah Ikan Pindang Tradisional dan Higienis di Kabupaten Bogor. Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(2), 159–166. https://doi.org/10.29244/mikm.13.2.159-166

Imam, M. (2016). Studi Tentang Pemberdayaan Masyarakat Petani Rumput Laut Di Kelurahan Pantai Amal Kecamatan Tarakan Timur Kota Tarakan. Ilmu Pemerintahan, 4(1), 64–77.

Ningrum, R., Lahming, & Mustarim, A. (2019). Pengaruh Konsentrasi Dan Lama Waktu Pengaraman Terhadap Mutu Ikan Terbang Asin Kering. 126(1), 1–7.

Sulastri, lilis. (2016). Manajemen Sebuah Pengantar:Sejarah,Tokoh,Teori,Dan Praktek. Bandung:LGM-LaGood’s Publishing.

Yang, C. C. (2018). The effectiveness analysis of the practices in five quality management stages for SMEs. Total Quality Management and Business Excellence, 31(9–10), 955–977. https://doi.org/10.1080/14783363.2018.1456010




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v24i4.11583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Ahmatang Ahmatang, Nur Mutmainna Hasanuddin, Erick Karunia


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi