Pengaruh persepsi risiko, e-trust dan e-service quality terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee saat terjadi pandemi covid-19

Ismi Suaidi, IBN Udayana, Bernadetta Diansepti Maharani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi risiko, e-trust dan e-service quality terhadap keputusan pembelian di shopee selama masa pandemi Covid-19. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif di FE UST. Pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan rumus slovin, sehingga diperoleh total sampel penelitian 100 responden. Teknik pengujian data dalam penelitian ini terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, dan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prespsi risiko dan berpengaruh positi e-sevice quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel e-trust tidak berpengaruh secara signifikan keputusan pembelian.


Keywords


Persepsi risiko; e-trust; e-service quality; keputusan pembelian

References


Asrizal, Indrayani, T. I., & Fatiha, A. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Risiko Menggunakan E-Commerce Terhadap Pembelian Secara Online (Survei terhadap pengguna situs website www.lazada.co.id Kota Padang). VI(1), 12–18.

Balhmar, M. A. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Shopee Khuzaini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (Stiesia) Surabaya. Jurnal Riset Dan Manajemen.

Boediono, M., Christian, S., & Immanuel, D. M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sealantwax. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(April), 1–10.

Dwiyanto, M. G. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada E-Commerce Lazada (Studi Pada Mahasiswa/I Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara).

Fitriani, M., & Kusnanto, D. (2021). Pengaruh E-Service Quality Dan E-Trust Terhadap Minat Beli Konsumen Lazada Di Media Sosial. 4, 46–51. https://doi.org/10.26858/jekpend.v4i2.22431

Harto, B. R., & Munir, Z. (2021). Analisis Kepercayaan, Persepsi Resiko Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Situs Jual Beli Shopee. Jurnal Sistem Informasi Dan Manajemen, 9(1), 10.

Ikhsani, K., Widayati, C. C., & Wuryandari, N. E. R. (2021). Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pasca Covid-19. 1(1), 66–75.

Ilham, D. A. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Online Store Lazada Sebagai E-commerce Terpercaya Di Indonesia. Dino Achriza Ilham, 01(05), 1–12.

Lestari, S. I. P., & Ambarwati, R. (2021). Analisis Penentuan Keputusan Pembelian Pada Konsumen E-Commerce Shopee Di Masa Pandemi Covid-19. UNMER Malang.

Mahliza, F. (2020). Consumer Trust In Online Purchase Decision. EPRA International Journal of Multidisciplinary Research (IJMR)-Peer Reviewed Journal, 2, 198–210. https://doi.org/10.36713/epra2013

Putra, M. D. A., & Parmariza, Y. (2021). Pengaruh E-Service Quality, Kepercayaan dan Persepsi Resiko terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Gopay. Jurnal Doktor Manajemen (JDM), 4(2), 164. https://doi.org/10.22441/jdm.v4i2.12951

Ramadani, M. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian di toko handphone. IQTISHADequity, 1(2), 36–46.

Saraswati, A., & Indriani, F. (2021). Effect E-Service Quality on Customer Satisfaction and Impact on Repurchasein Lazada Indonesia’S Online Selling in the City of Semarang. Business and Accounting Research (IJEBAR) Peer Reviewed-International Journal, 5(3), 1203–1215. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR

Sari, G. I., Fermayani, R., & Harahap, R. R. (2020). Analisis Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Keamanan, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Jejaring Sosial (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Kota Padang). Menara Ekonomi, VI(2), 1–11.

Sativa, A., & Astuti, R. T. (2019). Analisis Pengaruh E-Trust dan E-Service Quality terhadap E-Loyalty dengan E-Satisfaction sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna E-Commerce C2C Tokopedia). Diponegoro Journal of Management, 5(3), 1–10. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Setyowati, D., & Suryoko, S. (2020). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Melalui E-Trust Sebagai Variabel Mediasi ( Studi Pada Pengguna Situs Bukalapak Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9, 1–10.

Shomad, A. C. (2018). Kemudahan , dan Persepsi Risiko Terhadap Perilaku Penggunaan E-Commerce. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 1(2), 1–20.

Suhir, M., Suyadi, I., & Riyadi. (2019). Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan Dan Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Survei Terhadap Pengguna Situs Website www.Kaskus.co.id). 8(1).

Utami, A. R. H. (2020). Pengaruh presepsi kemudahan, kegunaan dan kepercayaan terhadap minat menggunakan e-commerce. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(6), 79–93.

Widyanita, F. A. (2018). Analisis Pengaruh Kualiatas Pelayanan E-Commerce Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee Indonesia Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Uii Pengguna Shopee. Universitas Islam Indonesia, 2(2), 2016. https://doi.org/doi.org/10.1016

Wijaya, I. G. N. S., Pratami, N. W. C. A., Muryatini, N. N., & Yasa, I. G. D. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM), Persepsi Risiko, Kepercayaan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Tokopedia. 11(1), 190–209.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v24i4.11463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Ismi Suaidi, IBN Udayana, Bernadetta Diansepti Maharani


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi