Pengaruh penerapan sistem elektronik bagi wajib pajak terhadap kualitas pelayanan administrasi perpajakan

Fajriah Fajriah, Agus Iwan Kesuma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penerapan sistem elektronik bagi wajib pajak terhadap kualitas pelayanan administrasi perpajakan pada KPP Pratama Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.  Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder dengan metode menyebarkan kuesioner serta mendapatkan jumlah wajib pajak terdaftar. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling. Jumlah sampel ditentukan sebanyak 100 wajib pajak. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka diperoleh kesimpulan bahwa variabel penerapan sistem elektronik e-Registration, variabel penerapan sistem elektronik e-SPT, dan variabel penerapan sistem elektronik e-Filing berpengaruh signifikan terhadap variabel kualitas pelayanan administrasi perpajakan.


Keywords


e-Registration; e-SPT; e-Filing; Kualitas Pelayanan Administrasi Perpajakan

References


Ariska, I. (2017). Pengaruh Penerapan E-Registration. E-Payment, Dan E-Filing Terhadap Kepatuhan Wajin Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus Pada Kpp Pratama Bantul). Skripsi.

Nurbaiti, E., Susilo, H., & Agusti, R. R. (2016). Pengaruh Implementasi Sistem Elektronik Bagi Wajib Pajak Terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Perpajakan. Jurnal Perpajakan (JEJAK), 9.

Lingga, I. Salsalina. (2013). Pengaruh Penerapan e-SPT Terhadap Kepatuhan Pajak: Studi Empiris Terhadap Pengusaha Kena Pajak di Wilayah KPP Pratama “X†Jawa Barat I Ita Salsalina Lingga. Jurnal Akuntansi, 5(1), 50–60.

Lubis, Putri K., & Putri, Eliza (2020). Analysis of the Application of E-SPT in the Annual Tax Return Reporting of Corporate Taxpayers at the Medan City Primary Tax Office. International Journal of Trends in Accounting Research, 1(1), 37-44.

Rahayu, P. (2016). Pengaruh Penerapan Aplikasi Electronic Filling (E-Filling) Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT Tahunan) (Studi Kasus Atas Penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan Pada Dosen, Karyawan dan Mahasiswa Universitas. Jurnal Ilmiah Cendekia Akuntansi, 4 (2).

Rysaka, N., Saleh, C., & Rengu, S. P. (2014). Penerapan Sistem Elektronik Dalam Pelayanan Perpajakan (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 2(3), 420–425.

Saputra, E. N. (2016). Pengaruh Kualitas Teknologi Informasi dan Penerapan E-Filing terhadap Kualitas Pelayanan (Survei Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Di PT. Kereta Api Indonesia (Persero)). E-Jurnal Akuntansi, 15(1), 349–377.

Surendran, Priyanka. (2012). Technology Acceptance Model: A Survey of Literature. International Journal of Business and Social Research (IJBSR), 2(4), 175-178.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality dan Satisfaction Edisi 4 (4th ed.). Yogyakarta: ANDI.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v24i3.11313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Fajriah Fajriah, Agus Iwan Kesuma


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi