Analisis kebutuhan daerah untuk pembentukan bumd pariwisata

Aulia Hapsari Juwita, Dwi Prasetyani, Vita Kartika Sari

Abstract


Letak geografis Kabupaten Magetan sebagian kawasannya berada di dataran tinggi membuat daerah ini diuntungkan dengan sumber daya alam yang melimpah. Pariwisata dengan panorama alam menjadikan kawasan tidak sepi dari pengunjung. Meskipun begitu, Pemerintah Kabupaten masih merasa kurang dalam pengelolaannya. Hal demikian terbukti di dalam penerimaan hasil Perusahaan Milih Daerah dan Pengelolaan Kekayaan Daerah yang dipisahkan relatif lebih rendah dibandingkan pos pendapatan lainnya. Selain itu permintaan publik terhadap pengelolaan yang lebih baik juga meningkat, sehingga Pemerintahan menginginkan pembentukan BUMD Pariwisata untuk meningkatkan pengelolaanya.   Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan daerah untuk menilai kelayakan pembentukan BUMD Pariwisata di Kabupaten Magetan. Penelitian ini merupakan penelitian denga metode kualitatif diskriptif. Tahapan yang dilakukan adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari analisis kebutuhan daerah untuk mendirikan BUMD Pariwisata adalah perlu meningkatkan pelayanan umum dan pengelolaan daerah. Kelayakan Bidang usaha seperti aspek ekonomi, pasar dan pemasaran, yuridis, dan kekayaan daerah juga perlu ditinjau lebih dalam. Dengan begitu pembentukan BUMD layak di jalankan.


Keywords


Kebutuhan daerah; pembentukan bumd; pariwisata

References


Sumiasih, K. (2018). Peran Bumdes Dalam Pengelolaan Sektor Pariwisata (Studi Di Desa Pakse Bali, Kabupaten Klungkung). Jurnal Magister Hukum Udayana (Udayana Master Law Journal), 7(4), 565-585.

Middleton Victor, T.C..,&Jackie,C.(2001). Marketing in travel and tourism

Munthe, K. (2019). Studi Kelayakan Pembentukan Bumd Aneka Usaha Di Kabupaten Samosir. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 19(1), 1-13.

Setiawan, D., Jostenz, T. G., & Novalino, R. D. A. (2018). Implementasi Kebijakan Badan Usaha Milik Desa Dalam Meningkatkan Potensi Wisata Guna Mewujudkan Ketahanan Ekonomi Daerah (Studi Pada Kecamatan Dendang Kabupaten Belitung Timur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung). Ekonomi Pertahanan, 4(3).

Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 143.

Agunggunanto, E. Y., Arianti, F., Kushartono, E. W., & Darwanto, D. (2016). Pengembangan Desa Mandiri Melalui Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 13(1).

Peraturan Pemerintah No.54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah

UU No 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Magetan https://magetankab.bps.go.id/

Anggraini, R. (2017). Analisis Kontribusi Laba Bumd Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Surabaya Periode 2011-2015 (Doctoral Dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Aulia Hapsari Juwita, Dwi Prasetyani, Vita Kartika Sari


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi