Pengaruh e-gaya hidup, trend fashion, dan customer experience terhadap impulse buying produk fashion konsumen

Irfa Diana Sari, Finisica Dwijayati Patrikha

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis dampak e-gaya hidup, trend fashion dan customer experience terhadap impulse buying konsumen Shopee pada produk fashion di Surabaya.  Populasi penelitian ini terdiri dari konsumen yang membeli produk fashion pada Shopee di Surabaya dan sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik non-probability sampling. Pengumpulan data dengan kuesioner menggunakan Google Forms. Teknik analisis data yaitu analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS 20, menunjukkan bahwa penelitian e-gaya hidup dengan koefisien sebesar 0,046 dan customer experience dengan koefisien sebesar 0,151 tidak berpengaruh secara parsial terhadap impulse buying. Namun, hasil penelitian menunjukkan bahwa trend fashion dengan koefisien sebesar 1,083 memiliki pengaruh secara parsial pada impulse buying. Variabel e-gaya hidup, trend fashion, dan customer experience mempengaruhi impulse buying secara simultan dengan koefisien sebesar 0,662.


Keywords


E-gaya hidup; tren fashion; pengalaman berbelanja; pembelian impulsif

References


Angela, V., & Paramita, E. L. (2020). Pengaruh Lifestyle dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Impulse Buying Konsumen Shopee Generasi Z. Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen, Vol 10 Nomor 2, 248-262.

Deviana, N. P., & Giantari, I. A. (2016). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behaviour Masyarakat di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. Vol.5 No.8, 5264-5273. Online. (https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/21507). ISSN 2302-8912.

Hassan, S. H., Thurasamy, T. R., & Loi, W. Y. (2017). E-lifestyle, Customer Satisfaction, and Loyalty among Mobile Subscribers in Thailand. International Review of Management and Marketing, 7(1), 354-362. Online. (https://econjournals.com/index.php/irmm/article/view/3537/pdf). ISSN 2146-4405.

Hikmawati, Salam, A., & Rizqi, R. M. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja dan Ketertarikan Fashion terhadap Perilaku Pembelian Impulsif pada Online Shoping (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB Universitas Teknologi Sumbawa angkatan 2018 yang Melakukan Pembelian di Shopee). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol.2 No.2, 1-7. (http://jurnal.uts.ac.id.).

Kharis. (2011). Loyalitas Pelanggan: Sebuah Kajian Konseptual sebagai Panduan bagi Penalty. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 126-143.

Kurnia, M. R., Djumali, & Istiqomah. (2017). Pengaruh Merek, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Peralatan Olahraga Tenis Meja Oke Sport di Kecamatan Wonosari. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), 24(1), 33-42. Online. (https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe3/article/view/5561). ISSN 1412-312633.

Purnomo, H., & Riani, L. P. (2018). Analisis Hedonic Shopping Motives Terhadap Impulse Buying Toko Daring pada Masyarakat Kota Kediri. Ekspektra: Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol.2. No.1, 68-88. Online. (https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/manajemen/article/view/719). ISSN 2549-3604. DOI http://dx.doi.org/10.25139/ekt.v2il.719.

Saad, M., & Metawie, M. (2015). Store Environment, Personality Factors and Impulse Buying Behavior in Egypt: The Mediating Roles of Shop Enjoyment and Impulse Buying Tendencies. Journal of Business and Management Sciences. Vol.3. No.2, 69-77. Online. (http://www.sciepub.com/JBMS/abstract/4455). DOI 10.12691/jbms-3-2-3.

Sari, D. N., DH, A. F., & Devita, L. D. (2018). Pengaruh Trend Fashion Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Wanita Butik Ria Miranda Cabang Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol.60. No.1, 82-89. Online. (http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2484/2875).

Sari, D. R. (2019). Pengaruh Visual Merchandising, Store Environment, dan Customer Experience Terhadap Impulse Buying (Studi Pada Konsumen Jadi Baru Kebumen). Skripsi Tidak Diterbitkan, 1-8.

Umboh, Z., Mananeke, L., & Samadi, R. L. (2018). Pengaruh Shoping Lifestyle, Fashion Involvement, dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Behaviour Konsumen Wanita di MTC Manado. Jurnal Emba. Vol.6 No.3, 1638-1647. Online. (https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/20373). ISSN 2303-1174.

Ummah, N., & Rahayu, S. A. (2020). Fashion Involvement, Shopping Lifestyle, dan Pembelian Impulsif Produk Fashion. Jurnal Penelitian Psikologi, 33-40. Online. (http://jurnalfpk.uinsby.ac.id/index.php/JPP/article/view/350). ISSN 2549 9882. DOI http://doi.org/10.29080/jpp.v11i1.350.

Wiyata, M. T., Putri, E. P., & Gunawan, C. (2020). Pengaruh Customer Experience, Ease of Use, dan Customer Trust Terhadap Repurchase Intention Konsumen Situs Jual Beli Online Shopee di Kalangan Mahasiswa Kota Sukabumi. CAKRAWALA-Repositori IMWI. Vol.3 No.1, 11-21. Online. (https://cakrawala.imwi.ac.id/index.php/cakrawala/article/view/36). ISSN 2620-8814.

Wulan, W. N., Suharyati, & Rosali. (2019). Analisis Pembelian Tidak Terencana pada Toko Online Shopee. Ekonomi dan Bisnis, 6(1), 54. Online. (https://ejournal.upnvj.ac.id/index.php/ekobis/article/view830). ISSN 2684-7582. DOI 10.35590/jeb.v6il.830.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v18i4.9856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Irfa Diana Sari, Finisica Dwijayati Patrikha


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan