Peran motivasi belajar dalam memoderasi pengaruh penguasaan akuntansi dasar, computer self-efficacy, kemandirian belajar, dan pemberian tugas terhadap hasil belajar komputer akuntansi

Lutfia Nurcahyanty, Rochmawati Rochmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh pada faktor-faktor yang diduga berpengaruh terhadap hasil belajar komputer akuntansi. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas XI AKL di SMK Negeri 1 Surabaya. Sampel penelitian dipilih menggunakan metode simple random sampling dan sampel berjumlah 119 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan dokumentasi dan kuisioner. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan pemodelan SEM moderated regression analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan dasar akuntansi, penugasan, dan pembelajaran mandiri berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi komputer. Namun, efikasi diri komputer tidak berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi komputer. Kemudian motivasi belajar dapat memoderasi pengaruh pembelajaran mandiri terhadap hasil belajar akuntansi komputer. Namun motivasi belajar tidak dapat memoderasi penguasaan akuntansi dasar, computer self-efficacy, dan pemberian tugas terhadap hasil belajar komputer akuntansi.


Keywords


Komputer akuntansi; akuntansi dasar; kemandirian belajar; pemberian tugas

References


Abdullah, Z. D., & Mustafa, K. I. (2019). The underlying factors of computer self-efficacy and the relationship with students’ academic achievement. International Journal of Research in Education and Science, 5(1), 346–354.

Alrizqi, D. G., Ibad, F. I., & Feriady, M. (2021). The Impact of Student Engagement Towards Computer Accounting Competence of Accounting Education Student in Indonesia. 163(ICoSIEBE 2020), 67–70.

Anas, M. (2014). Mengenal Metodologi Pembelajaran.

Aristianti, L., & Listiadi, A. (2019). Pengaruh Pemahaman Perpajakan, Intensitas Pemberian Tugas dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Perpajakan Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderating Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 07, 294–300.

Bakhtiarvand, F., Ahmadian, S., Delrooz, K., & Farahani, H. A. (2011). The moderating effect of achievement motivation on relationship of learning approaches and academic achievement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 28, 486–488. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.093

Bunyamin, M., & Sauda, S. (2019). Pengaruh Dimensi Computer Self Efficacy (Cse) Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Bina Komputer, 1(2), 133–139. https://doi.org/10.33557/binakomputer.v1i2.453

Chen, I. S. (2017). Computer self-efficacy, learning performance, and the mediating role of learning engagement. Computers in Human Behavior, 72, 362–370. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.02.059

Cooper, H., Robinson, J. C., & Patall, E. A. (2006). Does Homework Improve Academic Achievement? A Synthesis of Research, 1987–2003. Review of Educational Research Spring, 76(1), 1–62.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fajarwati, T., & Listiadi, A. (2018). Pengaruh Penguasaan Pengantar Akuntansi, Bahasa Inggris Dan Fasilitas Laboratorium Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Myob Siswa Kelas Xi Akuntansi Smk Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(2), 126–130.

Ghasemi, M., Shafeiepour, V., Aslani, M., & Barvayeh, E. (2011). The impact of information technology (it) on modern accounting systems. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 28, 112–116. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.023

Hanum, L. (2017). Perencanaan Pembelajaran. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Hayutika, T. L., & Subowo. (2016). Pengaruh Cara Belajar, Kemandirian Belajar, Dan Lingkungan Sosial Sekolah Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 679–679.

Helena Anggraeni, T. S. (2017). HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMAN 01 BELIMBING. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(2), 194–205.

Ikram, S. (2017). Influence Of The Average Value Of Competency Test Of Manual Accounting On The Average Value Of Myob Competency Test. International Journal of Scientific & Technology Research, 6(10), 367–371. www.ijstr.org

Irani, R., Pogo, T., Manajemen, M., Buana, U. M., Manajemen, M., & Buana, U. M. (2018). Pengaruh Intelligence Quotient ( Iq ) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Siswa Dengan Motivasi. INDIKATOR Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 2(3), 69–86. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22441/indikator.v2i3.3290

John, S. P. (2013). Influence of Computer Self-Efficacy On Information Technology Adoption. Internation Journal of Information Technology, 19(1), 1–13.

Kieso, Weygandt, & Warfield. (2017). Akuntansi Keuangan Menengah Intermediate Accounting. Jakarta: Salemba Empat.

Kopzhassarova, U., Akbayeva, G., Eskazinova, Z., Belgibayeva, G., & Tazhikeyeva, A. (2016). Enhancement of students’ independent learning through their critical thinking skills development. International Journal of Environmental and Science Education, 11(18), 11585–11592.

Matapere, N. M., & Nugrohono, P. I. (2020). PENGARUH HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI MAHASISWA PRODI AKUNTANSI UKSW DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MODERAS. Jurnal Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 4(1), 257–270.

Meirina, E. (2017). Pengaruh Pemahaman Akuntansi Dasar Dan Keahlian Pengoperasian Komputer Pada Mahasiswa Akuntansi Terhadap Penggunaan Komputer Akuntansi. Jurnal Pundi, 1(1), 45–56. https://doi.org/10.31575/jp.v1i1.8

Mohd Sam, M. F., Hoshino, Y., & Hayati Tahir, M. N. (2012). The Adoption of Computerized Accounting System in Small Medium Enterprises in Melaka, Malaysia. International Journal of Business and Management, 7(18). https://doi.org/10.5539/ijbm.v7n18p12

Mudjiman, H. (2011). Belajar Mandiri. Surakarta: LPP UNS.

Mujisuciningtyas, N. (2014). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN SARANA PRASARANA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK DI SMK NEGERI 2 TUBAN. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(1), 103–115. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jepk.v2n1.p103-115

Mulyati, H. (2012). Kemampuan Dasar-Dasar Akuntansi dan Keberlanjutan Studi di Program Studi Akuntansi di Lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) Jakarta. Jurnal Liquidity, 1(1), 1–12.

Mutiatul Khasanah, S., & Yanto, H. (2018). Model of the Increase of Accurate Computer Learning Achievement on Islamic Banking and Accounting Students Program. KnE Social Sciences, 3(10), 797. https://doi.org/10.18502/kss.v3i10.3173

Novalinda, E., Kantun, S., & Widodo, J. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Semester Ganjil Smk Pgri 5 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 115. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6456

Nur Hidayah, A. A. (2014). Landasan Sosial Budaya Dan Psikologis Pendidikan. Malang: Penerbit Gunung Agung Samudera.

Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., Suharsono, N., Ekonomi, J. P., & Ganesha, U. P. (2014). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.3046

Paolini, A. (2015). Enhancing teaching effectiveness and student learning outcomes. The Journal of Effective Teaching, 15(1), 20–33.

Parni, & Listiadi, A. (2020). Peran Motivasi Belajar Dalam Memoderasi Pemahaman Perpajakan, Intensitas Pemberian Tugas, Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Perpajakan. Jurrnal Pendidikan Ekonomi, 13(2), 165–175. https://doi.org/ttps://dx.doi.org/10.17977/UM014v13i22020p165

Patonah, R. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pemberian Tugas (Resitasi) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi. Jurnal Ilmiah EDUKASI, 4(4), 419–422.

Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. (2010).

Pramestiningrum, K., & Listiadi, A. (2018). MANUFAKTUR , BAHASA INGGRIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI ( MYOB ) SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 2 KEDIRI Kharisma Pramestiningrum Agung Listiadi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(3), 275–281.

Prayitno, P. D. (2009). Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Putrianti, C., & Rochmawati. (2019). Pengaruh Fasilitas Laboratorium Komputer, Nilai Matematika, Penguasaan Komputer, Penguasaan Akuntansi Dasar Dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Accurate Siswa Kelas Xi Akuntansi Di Smk Negeri 2 Kediri. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(4), 301–309.

Rahmatika, F., & Susilowibowo, J. (2016). Pengaruh Penguasaan Akuntansi Dasar, Kosa Kata Bahasa Inggris Akuntansi, dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi MYOB Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 4(3), 1–7.

Rani, S. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi, 8(2), 127–135. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/011042880

Ranti, M. G., Budiarti, I., & Trisna, B. N. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar (Self Regulated Learning) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 75–83. https://doi.org/10.33654/math.v3i1.57

Rifa’i, A., & Anni, C. T. (2012). Psikologi Pendidikan. Semarang: Pusat Pengembangan MKU/MKDK-LP3 Unnes.

Rodríguez, S., Núñez, J. C., Valle, A., Freire, C., Ferradás, M. del M., & Rodríguez-Llorente, C. (2019). Relationship between students’ prior academic achievement and homework behavioral engagement: The mediating/moderating role of learning motivation. Frontiers in Psychology, 10(MAY), 1–10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01047

Samsudin, E. (2019). Pengaruh Motivasi Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa (Survey Pada Sekolah Menengah Pertama (Smp) Negeri Di Kecamatan Telagasari – Karawang). Biodidaktika, Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 14(1), 29–39. https://doi.org/10.30870/biodidaktika.v14i1.4841

Santouridis, I. (2015). Incorporating Information Technology into Accounting and Finance Higher Education Curricula in Greece. Procedia Economics and Finance, 33(15), 432–438. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(15)01726-8

Sari, E. N., & Zamroni, Z. (2019). THE IMPACT OF INDEPENDENT LEARNING ON STUDENTS’ ACCOUNTING LEARNING OUTCOMES AT VOCATIONAL HIGH SCHOOL. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(2), 141–150. https://doi.org/10.21831/jpv.v9i2.24776

Saufika, F., & Mahmud, A. (2019). PERAN MINAT BELAJAR DALAM MEMEDIASI PENGARUH COMPUTER SELF-EFFICACY DAN PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 816–831.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Solimun, Fernandes, A. A. R., & Nurjannah. (2017). Metode Statistika Multivariat Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan WarpPLS. Malang: UB Press.

Songsirisak, P. (2019). IMPACT OF HOMEWORK ASSIGNMENT ON STUDENTS ’ LEARNING. Journal of Education Naresuan University, 21(2), 1–19.

Suciati, W. (2016). Kiat Sukses Melalui Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar. Bandung: CV. Rasi Terbit.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryandari, S. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar, Computer Attitude Dan Fasilitas Laboratorium terhadap Prestasi Belajar Komputer Akuntansi. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi, 4(1), 48. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/011103580

Uno, H. B. (2009). Teori Motivasi & Pengukurannya: Kajian & Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Utomo, P., Santoso, S., & Octoria, D. (2018). PENGARUH PEMBERIAN TUGAS SISWA DAN CORRECTIVE FEEDBACK TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal “Tata Arta†UNS, 4(1), 1–10. http://www.elsevier.com/locate/scp

Wardhani, C. K., & Wahjudi, E. (2017). Pengaruh Hasil Belajar Pengantar Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Unesa Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Universitas Negeri Surabaya, 1(1), 1–6. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id

Widhiantari, R. (2012). Efektivutas Metode Pemberian Tugas (Resitasi) Berbantuan Modul Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Uang dan Perbankan SMA N 1 Kota Mungkid Kabupaten Magelang. ECONOMIC EDUCATION ANALYSIS JOURNAL, 1(1), 1–6.

Younes, M. B., & Al-Zoubi, S. (2015). The Impact of Technologies on Society: A Review. IOSR Journal Of Humanities And Social Science, 20(2), 82–86. https://doi.org/10.9790/0837-20258286




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v18i4.9836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lutfia Nurcahyanty, Rochmawati Rochmawati


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan