Pengaruh digital marketing dan personal selling terhadap keputusan pembelian konsumen

Muafidah Muafidah, Raya Sulistyowati

Abstract


Sambel Ijo SARI TAMA merupakan UKM yang bergerak dibidang food and beverage yang menjual produk sambal dalam bentuk kemasan botol. Dalam memasarkan produknya Sambel Ijo SARI TAMA menggunakan teknik digital marketing dan personal selling untuk menimbulkan keputusan pembelian konsumen, maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan personal selling terhadap keputusan pembelian konsumen pada UKM Sambel Ijo SARI TAMA. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi pada konsumen Sambal Ijo SARI TAMA. Untuk teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampel dengan pengambilan sampel melaui kuesioner yang disebarkan secara online. Sampel akan disebarkan kepada 100 orang responden yang sesuai dengan kriteria penelitian. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menjelaskan bahwa variabel digital marketing dan personal selling berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen dengan menunjukkan bahwa konstanta bernilai positif yaitu 1,547 dan memiliki nilai signifikan yang sama yaitu, 0,000<0,05.


Keywords


Digital marketing; personal selling; ukm

References


Arikunto, P. D. S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Artanti, Y., Hari Prasetyo, F., & Sulistyowati, R. (2019). How Social Media Marketing Influences Online Purchasing Decision: Study of the Viral Marketing and Perceived Ease of Use. KnE Social Sciences, 3(11), 988. https://doi.org/10.18502/kss.v3i11.4066

Dipayanti, K. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt . Giant Extra Pamulang. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(1), 30–49.

Galuh Putri Riyanto. (2021). Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-juta.

Kotler & Amstrong. (2018). Principles of Marketing (Global Edition) 17th Edition.

Kotler & Keller. (2016). Marketing Management (Global Edition) 15th Edition.

Mewoh, F. M., Tampi, J. R. E., & Mukuan, D. D. S. (2019). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Department Store Manado Town Square. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 35. https://doi.org/10.35797/jab.9.1.2019.23529.35-42

Mulyansyah, G. T., & Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner Di Kawasan G-Walk Surabaya. Pendidikan Tata Niaga, 9(1), 1097–1103. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36056

Nuraini Faiq. (2020). Saat Ini UMKM di Surabaya Bisa Mendapatkan Bantuan Sosial Tunai Rp 2,4 Juta, Ini Syaratnya. Surya.Co.Id. https://surabaya.tribunnews.com/2020/08/27/saat-ini-umkm-di-surabaya-bisa-mendapatkan-bantuan-sosial-tunai-rp-24-juta-ini-syaratnya

Om.uwie. (2020). Perkembangan UMKM di Indonesia. Kaskus.Co.Id. https://www.kaskus.co.id/thread/5eb2d37a09b5ca60ab2aa8f3/perkembangan-umkm-di-indonesia-di-tahun-2020/

Purnomo, K., E, F. D. P. S., Manajemen, F., & Ciputra, U. (2019). Terhadap Keputusan Pembelian Di Snowy Station Surabaya. 3.

Sasmita, C. I., & Kurniawan, I. B. (2020). Pengaruh Promosi Sosial Media ( Digital Marketing ) Terhadap Minat Beli Chatime Wilayah Badung - Bali. November, 317–318.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Wibasuri, A., Tamara, T., & Sukma, Y. A. (2020). Measurement Social Media Marketing dan Sertifikasi Halal Terhadap Minat Beli Produk Makanan Pada Aplikasi Belanja Online Shopee. 68–78. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/view/2564




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v18i4.9834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muafidah Muafidah, Raya Sulistyowati


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan