Pengaruh pendidikan keuangan keluarga, status sosial ekonomi, internal locus of control, dan jenis kelamin terhadap literasi keuangan

Wahyu Setyo Nugroho, Rochmawati Rochmawati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk membuktikkan adanya dampak yang diberikan oleh “pendidikan pengelolaan keuangan yang ada di keluarga, status sosial ekonomi, internal locus of control, dan jenis kelamin pada literasi keuanganâ€. yang terdapat pada mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Negeri Surabaya. Sampel yang digunakan pada riset ini adalah mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2018 – 2020. Sample yang diambil menggunakan tehknik sampel acak. Pengumpulan data pada riset ini menggunakan kuisioner yang dibagikan pada responden. Analisis data yang dipakai menggunakan jenis metode multiple linier regression dengan menggunakan aplikasi software berbasis statistik yakni statistical product and service solutions versi 26.  Hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti secara parsial menunjukkan bahwa pendidikan pengelolaan keuangan yang ada di keluarga memberikan pengaruh yang signifikan pada literasi keuangan, untuk status sosial ekonomi tidak memberikan pengaruh terhadap literasi keuangan, mengenai internal locus of control memberikan pengaruh yang signifikan terhadap literasi keuangan, dan untuk jenis kelamin berdasar penelitian ini tidak memberikan pengaruh terhadap literasi keuangan. Dan secara simultan menunjukkan hasil bahwa pendidikan pengelolaan keuangan di keluarga, status sosial ekonomi, internal locus of control, dan jenis kelamin berpengaruh signifikan terhadap literasi keuangan.


Keywords


Pendidikan keuangan keluarga; status sosial ekonomi; internal locus of control; jenis kelamin; literasi keuangan

References


Ahmadi, H., & Sulistyowati, L. N. (2018). Pengaruh Status Sosial Ekonomi, Gender Terhadap Literasi Keuangan Studi Eksperimen Pada Pelaku Usaha Umkm Di Madiun. Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS III, September, 178–187.

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior Organizational Behavior and Human Decision Processes. In Organizational Behavior and Human Decision Processes (Vol. 50, Issue 2).

Akmal, H., & Saputra, Y. E. K. A. (2016). Analisis tingkat literasi keuangan. Jebi (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 1(2), 235–244. http://journal.febi.uinib.ac.id/index.php/jebi/article/view/37

Ansong, A., & Gyensare, M. A. (2012). Determinants of University Working-Students’ Financial Literacy at the University of Cape Coast, Ghana. International Journal of Business and Management, 7(9). https://doi.org/10.5539/ijbm.v7n9p126

Capuano, A., & Ramsay, I. (2012). What Causes Suboptimal Financial Behaviour? An Exploration of Financial Literacy, Social Influences and Behavioural Economics. SSRN Electronic Journal, 540. https://doi.org/10.2139/ssrn.1793502

Fadrul, M. I. (2018). ANALISIS PENGARUH JENIS KELAMIN, IPK, DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP TINGKAT FINANCIAL LITERACY. 06(1), 68–72.

Kholilah, N. Al, & Iramani, R. (2013). Studi Financial Management Behavior Pada Masyarakat Surabaya. Journal of Business and Banking, 3(1), 69. https://doi.org/10.14414/jbb.v3i1.255

Laily, N. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Mahasiswa Dalam Mengelola Keuangan. Journal of Accounting and Business Education, 1(4). https://doi.org/10.26675/jabe.v1i4.6042

Margaretha, F., & Pambudhi, R. A. (2015). Tingkat Literasi Keuangan Pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship), 17(1), 76–85. https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.76-85

Megasari, I. R. (2017). Pembelajaran Pengelolaan Keuangan Orang Tua, Uang Saku, Dan Hasil Belajar Terhadap Literasi Keuangan Di Smk Pgri 3 Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(1), 116. https://doi.org/10.26740/jepk.v2n1.p116-129

Rio Rita, M., & Adiputra Pesudo, B. C. (2014). Apakah Mahasiswa Sudah Melek Keuangan? Dinamika Akuntansi, Keuangan Dan Perbankan, 3(1), 58–65.

Romadoni, R. (2017). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Dan Pendidikan Pengelolaan Keuangan Di Keluarga Terhadap Literasi Keuangan Siswa Smk Negeri 1 Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(1), 22. https://doi.org/10.26740/jepk.v3n1.p22-34

ROTTER, J. B. (2016). GENERALIZE D EXPECTANCIE S FOR INTERNA L VERSUS EXTERNA L CONTRO L OF REINFORCEMEN T. Malaysian Journal of Nutrition, 21(3), 365–374.

Rumini, R., Sugiharto, B., & Kurniawan, A. (2019). the Moderating Effect of Competitive Strategies on Intelectual Capital and Company Value in Banking Companies. Accruals, 3(1), 92–105. https://doi.org/10.35310/accruals.v3i1.43

Shalahuddinta, A., & Susanti. (2014). Pengaruh Pendidikan Keuangan di Keluarga, Pengalaman Bekerja, dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2(2), 1–10.

Sommer, L. (2011). The Theory Of Planned Behaviour And The Impact Of Past Behaviour. International Business & Economics Research Journal (IBER), 10(1), 91–110. https://doi.org/10.19030/iber.v10i1.930

Soyomukti, N. (2013). Pengantar Sosiologi: Dasar Analisis, Teori, & Pendekatan Menuju Analisis Masalah - Masalah Sosial, Perubahan Sosial, & Kajian Strategis. Ar - Ruzz Media.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&B. Aflabeta.

Susanti. (2016). PENGARUH LOCUS OF CONTROL INTERNAL DAN PENDAPATAN TERHADAP LITERASI KEUANGAN MAHASISWA Susanti, .pdf. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan Vol. 4. No. 1, Tahun 2016.

Susanti, N., Rahmayanti, R., Padmakusumah, R. R., & Susanto, R. (2019). Factors affecting students’ financial literation: A study on widyatama university, indonesia. Universal Journal of Educational Research, 7(5), 7–14. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071502

Syarbaini, S. & R. (2013). Dasar - dasar Sosiologi (Edisi Pert). Graha Ilmu.

Wagland, S. P., & Taylor, S. (2009). When it comes to financial literacy , is gender really an issue ? Australasian Accounting, Business and Finance Journal, 3(1), 13–25. http://ro.uow.edu.au/aabfj/vol3/iss1/3

Widayati, I. (2014). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Pendidikan Pengelolaan Keuangan Keluarga, dan Pembelajaran di Perguruan Tinggi terhadap Literasi Finansial Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2, No. 2(2), 176-183j.

Wijayanti, Grisvia Agustin, F. R. (2016). PENGARUH JENIS KELAMIN, IPK, DAN SEMESTER TERHADAP LITERASI KEUANGAN MAHASISWA PRODI S1 EKONOMI PEMBANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG. 09(1), 87–96.

Yohana, I. (2010). Pengaruh Locus Of Control, Financial Knowledge, Income Terhadap Financial Management Behavior. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 12(3), 131–144.

Yunita, N. (2020). Pengaruh Gender Dan Kemampuan Akademis Terhadap Literasi Keuangan dalam Perilaku Pengelolaan Keuangan Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi. Platform Riset Mahasiswa Akuntansi, 01(02), 1–12.

Yuwan Lestari, S. (2020). Pengaruh Pendidikan Pengelolaan Keuangan Di Keluarga, Status Sosial Ekonomi, Locus of Control Terhadap Literasi Keuangan (Pelajar Sma Subang). Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01(02), 69–78.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v18i4.9814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Wahyu Setyo Nugroho, Rochmawati Rochmawati


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan