Pengaruh hasil belajar administrasi perpajakan kelas xi, lingkungan teman sebaya, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar administrasi perpajakan kelas xii

Wahyu Alliyah Rahmadhany, Eko Wahjudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar administrasi perpajakan kelas XI, lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar sebagai variabel independen terhadap hasil belajar administrasi perpajakan sebagai variabel dependen pada siswa kelas XII Akuntansi SMKN 1 Surabaya secara simultan dan parsial. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitaif. Sampel yang digunakan sebanyak 85 siswa. Data diperoleh melalui  kuesioner dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar administrasi perpajakan kelas XI, lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar administrasi perpajakan siswa kelas XII Akuntansi SMKN 1 Surabaya. Hasil belajar administrasi perpajakan kelas XI berpengaruh terhadap hasil belajar administrasi perpajakan siswa kelas XII  Akuntansi SMKN 1 Surabaya. Lingkungan teman sebaya tidak berpengaruh terhadap hasil belajar administrasi perpajakan siswa kelas XII  Akuntansi SMKN 1 Surabaya. Motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar administrasi perpajakan siswa kelas XII  Akuntansi SMKN 1 Surabaya.


Keywords


Hasil belajar; teman sebaya; motivasi

References


Andriani, Rike. 2019. “Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa ( Learning Motivation as Determinant Student Learning Outcomes ).†4(1):80–86. doi: 10.17509/jpm.v4i1.14958.

Anita Purnama Putri, Nursalam, Sri Sulasteri. 2014. “Pengaruh Penguasaan Materi Prasyarat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Smpn 1 Sinjai Timur.†2:17–30.

Aristianti, L & Listiadi, A. 2019. “Pengaruh Pemahaman Perpajakan, Intensitas Pemberian Tugas Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Perpajakan Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.†Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) 7(3).

Aziz, Muhamad Abdul, Ewo Tarmedi, and Sunarto H. Untung. 2016. “Hubungan Antara Kelompok Teman Sebaya Dengan Prestasi Belajar Siswa Smkn.†Journal of Mechanical Engineering Education 2(2):233. doi: 10.17509/jmee.v2i2.1484.

Chun, Crystal, and Yun Lau. 2006. “What Effects Does Peer Group Study Have on Students ’ Learning in Commerce Mathematics ? A Case Study of Diverse Ethnic Learning.†EDU-COM International Conference (November):22–24.

ERVINA, LILIK. 2016. “Pengaruh Pemahaman Perpajakan, Intensitas Pemberian Tugas Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Perpajakan Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.†Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) 4(3).

Jazari, Haris Razzazal, Bambang GS, and Bambang BU. 2017. “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sman.†Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 6(6):1–11.

Leka, Irma. 2015. “The Impact of Peer Relations in the Academic Process among Adolescents.†6(1):127–32. doi: 10.5901/mjss.2015.v6n1s1p127.

Maheni, Ni Putu Krisna. 2019. “Pengaruh Gaya Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha.†Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 11(1):85. doi: 10.23887/jjpe.v11i1.20077.

Nova Asvioa, Arpinusb, Suharmonc. 2017. “The Influence of Learning Motivation and Learning Environment on Undergraduate Students ’ Learning Achievement of Management of Islamic Education , Study Program of Iain Batusangkar In 2016.†2(2):16–31.

Paolini, Allison. 2015. “Enhancing Teaching Effectiveness and Student Learning Outcomes.†The Journal of Effective Teaching 15(1):20–33.

Parni, and Agung Listiadi. 2020. “Peran Motivasi Belajar Dalam Memoderasi Pemahaman Perpajakan, Intensitas Pemberian Tugas, Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Perpajakan.†Jurrnal Pendidikan Ekonomi 13(2):165–75.

Pridayanti, Luh Devi, Luh Indrayani, and Kadek Rai Suwena. 2019. “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi Iis Sma Ayodhya Pura Selat Tahun Pelajaran 2018/2019.†Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 11(1):197. doi: 10.23887/jjpe.v11i1.20125.

Rif ’ ah, Ziyadatur dan Suci Rohayati. 2015. “Hasil Belajar Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Dan Keuangan Pada Siswa Kelas X Akuntansi Di Smk Negeri 4 Surabaya.†(2).

Rifa’i, Achmad &. Chatarina Tri. 2009. “Psikologi Pendidikan.†in Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Pers.

Santrock, John W. 2007. “Psikologi Pendidikan.†Jakarta: Salemba Humanika.

Sardiman. 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Rajagrafindo.

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. 2008. Psikologi Pendidikan Teori Dan Praktik. Jakarta: PT. Indeks.

Sudjana, Nana. 2011b. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyanto, Mohammad Badaruddin, Herpratiwi, Slamet Untung, and Sabarudin. 2020. “The Influence of Learning Motivation on the Learning Outcomes of Vocational Students at Lampung University.†International Journal of Advanced Science and Technology 29(5):133–40.

Taurina, Zane, Red Cross, and Medical College. 2015. “Students ’ Motivation and Learning Outcomes : Significant Factors in Internal Study Quality Assurance System.†5(4):2625–30.

Ulfa Noria Amalia, Elva Nurina, dan Nur Wahyuning S. 2020. “The 13.†DETERMINAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SMK YYY WONOASRI 95–103.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v18i4.9807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Wahyu Alliyah Rahmadhany, Eko Wahjudi


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan