Pengaruh iklan media sosial, electronic word of mouth, dan persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan media sosial, electronic word of mouth dan persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian body lotion Scarlett Whitening . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi konsumen body lotion Scarlett Whitening pada followers instagram Scarlett Whitening . Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive samplingdengan pengambilan sampel melalui kuesioner yang disebarkan secara online. Sampel disebarkan pada 100 orang responden sesuai Kriteria penelitian. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menjelaskan bahwa variabel iklan media berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian body lotion Scarlett Whitening dengan nilai signifikan 0,004<0,05. Variabel electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian body lotion Scarlett Whitening dengan nilai signifikan 0,000<0,05. Variabel persepsi kualitas juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian body lotion Scarlett Whiteningdengan nilai signifikan 0,002<0,05. Pada hasil koefisien determinasi (R²) variabel independen (iklan media sosial, electronic word of mouth dan persepsi kualitas) berpengaruh secara simultan dengan memperoleh nilai R Square sebesar 79,9%.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alma, B. (2016). Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Amin, A. M., & Yanti, F. (2021). INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi Motivation On The Decision To Purchase Korean Skincare Products Nature Republic Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Korea Nature Republic. 2(1), 1–14. http://journal.al-matani.com/index.php/invest/article/view/111
Aprianti, I., & Krismawati, J. P. (2020). Pengaruh Citra Merk dan Persepsi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mayoutfit Bandung melalui Instagram. JEMPER (Jurnal Ekonomi Manajemen Perbankan), 2(1), 50. https://doi.org/10.32897/jemper.v2i1.265
Artanti, Y., Hari Prasetyo, F., & Sulistyowati, R. (2019). How Social Media Marketing Influences Online Purchasing Decision: Study of the Viral Marketing and Perceived Ease of Use. KnE Social Sciences, 3(11), 988. https://doi.org/10.18502/kss.v3i11.4066
Basu Swastha Dharmmesta dan Handoko, T. H. (2012). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. BPFE – Yogyakarta.
Dinata, J. (2015). COUNTRY OF ORIGIN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERSEPSI KUALITAS DAN MINAT BELI (Survei pada Calon Konsumen yang Berminat Membeli iPad di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 25(1), 86116.
Goya. (2013). Advertising on social media. Journal of Advertising Research, 44(4), 410–418.
I. Goyette, Richard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2012). E-WOM scale : Word-of-mouth measurement scale for eservice context. Canadian Journal Of Administrative Sciences, 27(1), 5–23.
Ivan Sindunata, B. A. W. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian di agoda.com. Hospitality Dan Manajemen Jasa, 6(1), 128–138.
Jufidar, J., Abbas, F., & Safwadi, I. (2019). Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Merek dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Skuter Metik Merek Honda di Kota Banda Aceh. Jurnal Humaniora : Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi Dan Hukum, 3(1), 14–25. https://doi.org/10.30601/humaniora.v3i1.237
Keller, P. K. and K. L. (2016). Marketing Managemen (I. Pearson Education (ed.); 15th Editi).
Kementrian Perindustrian. (2020). Perubahan Gaya Hidup Dorong Industri Kosmetik.
Lie, T. D., Purnomo, D., & Sari, D. K. (2017). Pengaruh Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Keripik Pedas Maicih. Jurnal Cakrawala, 6(1), 137–158.
Liu, F., Xiao, B., Lim, E. T. K., & Tan, C. W. (2017). The art of appeal in electronic commerce: Understanding the impact of product and website quality on online purchases. Internet Research, 27(4), 752–771. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/IntR-09-2016-0280
Mehyar, H., Saeed, M., Baroom, H., Afreh, A. L. I. A., & Al-adaileh, R. (2020). THE IMPACT OF ELECTRONIC WORD OF MOUTH ON CONSUMERS PURCHASING INTENTION. 98(02).
Nam, K., Baker, J., Ahmad, N., & Goo, J. (2020). Determinants of writing positive and negative electronic word-of-mouth: Empirical evidence for two types of expectation confirmation. Decision Support Systems, 129(April). https://doi.org/10.1016/j.dss.2019.113168
Nurdiana, D., & Adyas, D. (2019). Pengaruh Iklan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ban Accelera Pada Pt Elang Perdana Tyre. Pengaruh Iklan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ban Accelera Pada Pt Elang Perdana Tyre Industry Citeureup Bogor., 1(1), 63.
Priansa, D. J. (2016). Pengaruh E-Wom Dan Persepsi Nilai Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Berbelanja Online Di Lazada. Ecodemica, IV (1)(2355–0295), 117–124.
Rionaldy, M., & Trenggana, A. F. M. (2019). Pengaruh Iklan Media Televisi Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian (studi Pada Bukalapak). EProceedings …, 6(1), 1140–1148. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/9038
Riskyady, Y. F., & Sulistyowati, R. (2021). PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET PERTANDINGAN SEPAK BOLA PERSEBAYA PADA LOKET . COM Raya Sulistyowati. 9(2), 1181–1187.
Samiei, J. dan. (2012). No Title.
Sari, N., Saputra, M., & Husein, J. (2017). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Bukalapak.Com. Jurnal Manajemen Magister, 03(01), 96–106.
Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38–51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99
Statistik, B. (2021). BPS: 270,20 juta Penduduk Indonesia Hasil SP2020. https://www.bps.go.id/news/2021/01/21/405/bps--270-20-juta-penduduk-indonesia-hasil-sp2020.html
Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & satisfaction. Andi.
DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v18i4.9789
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Hanifah Fathia Salsabila, Harti Harti
Editorial Address
Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com
StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan